MOBIL UNTUK KELUARGA STYLISH, YA GRAND NEW VELOZ

Bicara tentang mobil, sudah pasti terbayang angka puluhan juta. Tapi, untuk saat ini, mobil bukan lagi barang mewah, tapi sudah menjadi suatu kebutuhan. Apalagi kalau punya anak kecil, mobil itu adalah sesuatu yang sangat penting.

Bicara soal mobil, tentu nggak mau sembaranga mobil. Mobil yang dimau, tetuya yang stylish dan mempunyai performa baik, tapi harganya nggak mahal-mahal banget.

Nah, menjawab kebutuhan itu, Toyota menjawab kebutuhan keluarga Indonesia yang butuh mobil untuk keluarga stylish, Grand New Veloz jawabannya. Mobil keluarga yang sporty dan stylish cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga.

Grand New Veloz adalah mobil untuk keluarga stylish dengan eksterior dan interior stylish dan trendy lifestyle. Cocok banget buat temen-temen yang suka stylish.

Lantas, temen-temen pasti tanya, apa bedanya Grand New Veloz dengan Avanza Veloz?

  • Perubahan Avanza Veloz menjadi Toyota Grand New Veloz sangat terlihat dari sisi eksterior. Sisi interior dan mesin juga mengalami perubahan walaupun tidak banyak berbeda dengan Avanza Veloz sebelumnya.
  1. Eksterior Grand New Veloz 2015

Perubahan eksterior mobil sangat terlihat dari tampilan depan Grand New Veloz 2015, terutama pada sisi grille depan. Grill depan Grand New Veloz terlihat lebih sangar dan lebar, selain itu grille depan menyatu dengan bagian bumper bawah yang terlihat menyatu dengan lampu kabut. Desain grille bernuansa hitam dengan bagian atas grille bergelombang dan bagian grille pada bumper bawah dengan garis lurus.

Pada bagian logo Toyota, terdapat grille melintang dengan warna crome yang menyatu dengan lampu depan. Hanya grille melintang ini terdapat jarak dan dipisahkan dengan grilled dibawah untuk air flow. Berbeda dengan Toyota Grand New Avanza, antara grilled dengan warna crome tempat logo Toyota, menyatu dengan grille depan yang lain.

Lampu utama depan juga mendapatkan perubahan desain dan terkesan lebih agresif dan sedikit menonjol, sayangnya masih menggunakan lampu halogen bukan LED, daylight running time juga belum ada. Lampu kabut ada penambahan garnish warna crome yang melingkar diatas lampu kabut.

Design velg alloy juga dirubah, bagi saya desainnya sangat bagus dan terkesan sporty.

Untuk bagian belakang mobil Grand New Veloz 2015, tidak banyak ada perubahan, hanya penambahan lampu merah yang berada di dekat gagang crome tempat mengangkat pintu bagasi.

  1. Interior Grand New Veloz 2015

Interior Grand New Veloz juga mengalami perubahan walaupun tidak terlalu signifikan, menonjolkan nuansa warna hitam. Perubahan interior Grand New Veloz terdapat pada.

  1. Sistem audio dengan ukuran layar 6,1 touch screen, mendukung media CD, DVD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan iPod ready.
  2. Setir kemudi dilapisi kulit yang dilengkapi kontrol audio disebelah kiri setir.
  3. Perubahan desain knob transmisi.
  4. Desain baru combimeter dengan nuansa putih biru.
  5. Pada combimeter terdapat indikator eco drive. Lampu indikator ECO drive berwarna hijau akan menyala jika faktor ini dipenuhi oleh pengemudi: Spontanitas akselerasi mobil rendah, posisi transmisi yang tidak membuat putaran mesin tinggi, mobil tidak melaju kencang. Dengan menyalanya lampu indikator ECO drive, pengemudi akan diajarkan cara mengemudikan mobil yang irit bahan bakar.
  6. Tombol kontrol lock power window juga mengalami perubahan dan sekarang di letakkan kebelakang dari masing-masing tombol power window.

  1. Sisi Kenyamanan Grand New Veloz 2015

Untuk peningkatan sisi kenyamanan, terdapat beberapa perubahan pada Toyota Avanza Veloz, yaitu:

  • Pada saat ingin melipat salah satu kursi baris kedua, dengan satu putaran tuas, kursi sudah terlipat dan menyandar kedepan, jadi tidak perlu mengangkat kursi lagi untuk menyandarkan kedepan (one touch tumble).
  • Bahan kursi dirubah untuk kenyamanan dalam perjalanan jarak jauh.
  • Pengaturan kursi baris ketiga dapat dilipat hanya salah satu dari kursi, baik kursi sisi kiri maupun kursi sisi kanan.
  • Kesunyian kabin ditambah.
  • Suspensi mobil disesuaikan untuk peningkatan kestabilan mobil saat kecepatan tinggi.

  1. Sisi Keamanan dan Keselamatan

Peningkatan sisi keamanan dan keselamatan pada Toyota Avanza Veloz baru, terlihat dengan adanya:

  • Penggunaan kunci immobilizer pada semua tipe Grand New Veloz.
  • Dilengkapi ISOFIX fitting, untuk mempermudah pemasangan kursi bayi, dari pada dipasangkan di seatbelt. Dengan menggunakan ISOFIX fitting, akan mengurangi kesalahan pemasangan kursi bayi, kursi bayi terpasang dengan kuat, serta telah terbukti lebih aman di test keselamatan.
  • Terdapat sabuk pengaman tersilang pada penumpang ketiga di jok baris kedua.
  • Sabuk pengaman dengan pretensioner force limiter.
  • Terdapat side impact beam pada sisi samping, baik pintu depan dan pintu belakang.
  • Dilengkapi rem ABS (Anti-lock braking system).
  • Terdapat lampu peringatan pemakaian sabuk pengaman pada penumpang di depan.

  1. Spesifikasi Mesin, Dimensi dan Sasis Grand New Veloz

Yang paling menonjol dari perubahan mesin Toyota Avanza Veloz baru adalah menggunakan mesin Dual VVT-i yang sebelumnya menggunakan single VVT-i. Dengan menggunakan mesin Dual VVT-i apa saja kelebihannya? Dengan menggunakan mesin Dual VVT-i, mobil menjadi lebih irit bahan bakar, torsi lebih meningkat serta ramah lingkungan.

Selain Dual VVT-i, di mesin Grand New Veloz terdapat 8 lubang injektor dan pada Avanza Veloz sebelumnya hanya ada 4 injektor. Karena bertambah lagi 4 lubang injektor, maka masing-masing lubang injektor dikecilkan. Lubang injektor kecil membuat butiran bahan bakar lebih kecil dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dengan mengecilnya lubang injeksi, diharapkan pemilik mobil menggunakan bahan bakar minimal RON 90 (pertalite).

Selain itu pada mesin Grand New Veloz terdapat Knok sensor. Fungsi dari Knok sensor agar memudahkan pemilik kendaraan dalam variasi pengisian bahan bakar, tentunya paling minimal RON 90 (pertalite).

Untuk meningkatkan performa mesin, mobil dipasangkan busi Iridium, yang menghasilkan percikan api lebih fokus dan lebih besar, hanya tipe busi Iridium sedikit mahal dari pada busi biasa dan tidak dapat dibersihkan. Jadi disarankan pada saat pergantian busi, dilakukan di bengkel resmi Toyota, agar tidak salah dalam pemilihan busi.

Cara kerja Dual VVT-i Toyota :

Teknologi Dual VVT-i Toyota

Lebih Canggih dan Efisien

Toyota selalu menanamkan hasil pengembangan teknologi pada setiap produknya. Salah satu aplikasi terkini yang hadir adalah teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent). Ini merupakan cara kerja pintar yang mampu membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan.

Sistem ini terdapat pada kepala silinder dan merupakan mekanisme pengatur waktu bukaan katup pada mesin. Dapur pacu masa kini dengan sistem 4-stroke memiliki katup masuk (intake) dan buang (exhaust) untuk mengontrol aliran udara dan bahan bakar masuk ruang bakar plus hasil pembakaran keluar menuju knalpot.

Dengan penerapan VVT-i, waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem ini awalnya diaplikasi pada katup masuk (intake) saja. Seiring perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol. Nah, maka lahirlah sistem Dual VVT-i.

Dengan mengatur katup masuk dan buang, pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misal pada saat start, pengaturan dimaksimalkan agar dapur pacu segera mendapat suhu ideal. Keuntungannya, tenaga dan torsi mesin segera tersedia. Pun demikian, catalytic converter, suhu juga lebih cepat panas sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas buang agar hasilnya lebih ramah lingkungan.

Tak ketinggalan, saat dapur pacu sudah mencapai suhu kerja, pengaturan bukaan katup bisa disesuaikan putaran mesin. Setelannya tentu berbeda saat harus bekerja dalam kondisi macet atau digeber hingga putaran tinggi pada jalan bebas hambatan.

Tak heran, sumber tenaga Toyota masa kini memiliki performa dan efisiensi lebih baik meski kapasitas tetap sama. Sebagai contoh 2ZR-FE 1.798 cc empat silinder 16 Valve andalan Toyota All New Corolla Altis kini meletupkan daya 151 dk/6.400 rpm dan torsi 190,2 Nm/4.000 rpm. Lebih bertenaga, tetapi irit dan ramah lingkungan.

Mesin:

MESIN VELOZ 1.5 M/T VELOZ 1.3 M/T
Tipe Mesin IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i IL, 4 Cylinder, 16 V, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder (cc) 1,496 1,329
Daya Maksimum (Ps/rpm) 104 / 6,000 96.5 / 6,000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) 13,9 / 4,200 12.3 / 4,200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar EFI EFI
Bahan Bakar Unleaded Gasoline Unleaded Gasoline
Kapasitas Tangki (liter) 45 45
Steering (Power Steering) Dengan (Electric Power Steering) Dengan (Electric Power Steering)

Sasis:

SASIS VELOZ 1.3 M/T & 1.5 M/T
Transmisi / Transmition 5 Speed M/T
Suspensi Depan Macpherson Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang 4 Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Sistem Rem Tambahan ABS
Steering Gear Electronic Power Steering
Ukuran Ban 185/65 R15
Ukuran Ban 185/65 R15

Dimensi

DIMENSI UKURAN MM
Panjang 4.200
Lebar 1.660
Tinggi 1.695
Jarak Poros Roda 2.655
Jarak Pijak Depan 1.425
Jarak Pijak Belakang 1.435
Ground Clearance 200

Untuk tipe Grand New Veloz saat ini ada 4 tipe:

  1. Tipe Type 1.3 Veloz M/T (manual)

  2. Type 1.3 Veloz A/T (automatic)

  3. Type 1.5 Veloz M/T (manual)

  4. Type 1.5 Veloz A/T (automatic)

Nah, setelah temen-temen tahu tentang seluk beluk dan kelebihan-kelebihan Grand New Veloz, pasti nanya soal harganya. Yang dibayangin, pasti harganya mahal banget. Kalau boleh saya jawab, dibanding kelebihan-kelebihannya, harganya nggak mahal-mahal banget kog. Dan ini update harga Grand New Veloz per 10 September 2015 via http://www.rentalmobilbali.net/harga-avanza-baru/ :

Nah loh temen-temen, kepengen nggak tuh sama produk yang ditawarkan oleh Toyota ini? Kalau saya mah jujur saja pengen. Apalagi sekarang anak masih kecil, mobil itu berasa jadi kebutuhan.***

Referensi :

http://otomotif.antaranews.com/berita/513734/grand-new-veloz-lebih-sporty-dan-mewah

Avanza Veloz 2017 Baru, Spesifikasi, Interior Toyota Grand New Veloz

http://www.toyotaindonesiamanufacturing.co.id/news-and-update/toyotas-dual-vvti-technology?lang=id

Harga Avanza Baru OTR Jakarta & OTR Bali – Updated 23 Mei 2017

Witri Prasetyo AjiUncategorizedMOBIL UNTUK KELUARGA STYLISH, YA GRAND NEW VELOZ Bicara tentang mobil, sudah pasti terbayang angka puluhan juta. Tapi, untuk saat ini, mobil bukan lagi barang mewah, tapi sudah menjadi suatu kebutuhan. Apalagi kalau punya anak kecil, mobil itu adalah sesuatu yang sangat penting. Bicara soal mobil, tentu nggak mau sembaranga mobil....Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments