WISATA MINAT KHUSUS JALUR SSB (SOLO – SELO – BOROBUDUR)

SSB, Jalur Solo – Selo – Borobudur. Jalur yang memberikan pesona wisata alam bagi mereka penikmat pemandangan. Dan di jalur ini, banyak sekali wisata minat khusus yang wajib dikunjungi oleh kalian para pecinta travelling.

Berawal dari Solo, kota yang penuh dengan kebudayaan yang tak akan lekang termakan zaman. Solo memberikan keindahan Keraton Surakarta Hadiningkrat. Konon, Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743.

Keraton Surakarta Hadiningkrat

Lalu, ada Kampung Batik Laweyan. Kampung batik Laweyan adalah salah satu daerah wisata yang sengaja disediakan oleh pemerintah Kota Solo untuk mengundang para wisatawan asing dan domestik melihat-lihat Batik. Kampung Batik Laweyan dinilai sebagai kawasan sentra Batik di Kota Solo dan sudah ada sejak zaman kerajaan Pajang tahunn 1546 M. Kawasan ini sempat meraih kejayaannya pada tahun 1970an. Kampung Laweyan didesain dengan konsep terpadu, dengan memanfaatkan lahan seluas kurang lebih 24 ha yang terdiri dari 3 blok. Di dalam kampung Batik tersebut, terdapat ratusan pengrajin Batik yang menjual berbagai motif, seperti Tirto Tejo dan Truntum dengan beragam variasi harga. Selain batik, Kampung Batik Laweyan juga menyimpan kekayaan arsitektur Jawa kuno.

Pasar Klewer yang juga menjadi salah satu ikon Kota Solo (Surakarta). Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di Kota Solo. Pasar yang letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta ini juga merupakan pusat perbelanjaan kain batik yang menjadi rujukan para pedagang dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang dan kota-kota lain di Pulau Jawa. Pasar yang terdiri dari lantai dua ini bisa menampung 1.467 pedagang dengan jumlah kios sekitar 2.064 unit. Pasar Klewer tidak hanya sebagai pusat perekonomian, tetapi juga tujuan wisata dan simbol Kota Surakarta. Dan buat Anda yang tengah ke kota Solo, jangan lupa mampir ke Pasar Klewer karena dipasar ini banyak sekali pakaian batik dari harga murah sampai harga yang mahal.

Pasar Klewer

Selain Keraton Surakarta Hadiningkrat, Kampung Batik Laweyan dan Pasar Klewer, kota Solo juga mempunyai wisata minat khusus seperti Taman Balaekambang. Taman Balekambang adalah taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Oleh karena itu, dua patung dari putri ini juga diletakkan di dalam taman. Selain itu, taman yang terbagi dua juga diberi nama sesuai dengan nama kedua putri, yaitu Partinah Bosch yang merupakan semacam hutan kota, dan Partini Tuin, yang merupakan kolam air. Taman ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta dengan area seluas 9,8 Ha dan dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB setiap hari.

Taman Balaekambang

Setelah berkeliling kota Solo, berlanjut ke jalur Selo – Borobudur. Wisata minat khusus yang ditemuai adalah Irung Pethruk. Di Patung Irung Petruk ini merupakan tempat yang cocok untuk anda melihat sunrise karena tempatnya yang berada di ketinggian. Patung Irung Petruk ini merupakan salah satu tempat melihat sunrise di Boyolali, walaupun ada juga tempat melihat sunrise yang juga sangat menarik yaitu di New Selo. Namun keindahan sunrise dari Patung Irung Petruk ini tidak kalah indah dengan pemandangan sunrise dari New Selo.

Irung Pethruk

Setelah Irung Pethruk, ada New Selo dan Jembatan Selo yang merupakan jembatan yang baru dibuat, usai sebelumnya runtuh pasca letusan Gunung Merapi di tahun 2010 silam. Di tempat ini, Anda bisa menikmati keindahan Gunung Merbabu yang letaknya berhadapan dengan Merapi.

New Selo Jembatan Selo

Setelah itu, ada Air Terjung Kedung Kayang yang keindahannya tidak mengalahkan keindahan Air Terjun Gerojogan Sewu. Air terjun Kedung Kayang berada di Desa wonolelo ini terletak hanya 5 kilometer Selo mengarah ke Magelang. Setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki menelusuri jalan setapak menurun menuju air terjun yang berjarak tempuh 500 meter saja. Jalanan mudah dijangkau karena sudah disemen dan terdapat pegangan tangga. Jika haus dan ingin beristirahat, berapa warung tersedia di sepanjang jalan. Perjalanan menuju air terjun menurun, karena letaknya berada tepat di lereng gunung. Dari kejauhan sudah terlihat air terjun setinggi 39 meter tersebut, begitu indah. Mendekati lokasi air terjun, pengunjung akan menelusuri jalan setapak tepat dipinggir tebing, menjadi sensasi wisata tersendiri.

Air Terjun Kedung Kayang

Setelah itu, masih ada wisata minat khusus yang wajib dikunjungi. Yaitu Ketep Pass. Di tempat ini, ada gardu pandang, ada Museum Gunung Berapi yang memamerkan miniaatur merapi, dokumentasi foto pemantauan Merapi, sejarah dan foto-foto lama, dokumentasi letusan dari ebrbagai tahun. Di sini Anda bisa juga menyaksikan dokumentasi seputar Gunung Merapi di Ketep Volcano Theather, Anda bisa melihat pemutaran video selama 22 menit yang berisi kekayaan alam Gunung merapi, kehidupan masyarakat, budaya, seni. Anda pun bersiap dibawa suasana mencekam saat menyaksikan dokumentasi Letusan gunung Merapi terakhir di tahun 2010 silam. Dan bagaimana kebesaran Tuhan Semesta Alam.

Dan jalur wisata terakhir setelah Solo dan Selo, berakhirlah di Borobudur. Candi yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini dan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Perjalanan yang cukup menyenangkan, bukan? Solo – Selo – Borobudur memberikan pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Jadi, buat Anda yang belum pernah berkeliling Solo – Selo – Borobudur, yuk berkeliling dan nikmati wisata minat khusus yang memberikan keindahan alam bagi pemikmatnya.

Witri Prasetyo AjiUncategorizedWISATA MINAT KHUSUS JALUR SSB (SOLO - SELO - BOROBUDUR) SSB, Jalur Solo - Selo - Borobudur. Jalur yang memberikan pesona wisata alam bagi mereka penikmat pemandangan. Dan di jalur ini, banyak sekali wisata minat khusus yang wajib dikunjungi oleh kalian para pecinta travelling. Berawal dari Solo, kota yang penuh dengan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments