JANGAN SUKA MENILAI ORANG DARI APA KATA ORANG…

11420742_423974014448007_852166548_n
Sumber Gambar : Google

Hmm, temen-temen sudah pernah belum, menilai orang yang sebenarnya nggak temen-temen kenal, tapi temen-temen menilainya hanya karena kata si A, B atau C? Kalau saya, jujur saja kayaknya pernah. Heheheh.

Menilai orang dari apa kata orang, sementara kita sendiri nggak mengenalnya itu… Nggak baik, iya kurang baik tepatnya. Kenapa? Karena sikap orang ke orang satu ke yang lain itu berbeda. Misal, dia ke A baik banget, ke B kurang baik dan ke C malah blas nggak baik. Bisa jadi, sikap orang berbeda karena perlakuan orang lain ke dia juga berbeda.

Nah, misal kita menilai seseorang lantaran kita mendengar tentang seseorang tersebut dari kata orang yang nggak menyukainya, bisa dipastikan kita bakalan menilai seseorang itu buruk. So pasti yaaa, orang yang nggak suka terhadap seseorang itu pasti bakalan bercerita tentang kekurangannya, ngejelek-jelekin. Nggak mungkinlah, nggak suka kok muji-muji, ngejelek-jelekin iya. Padahal belum tentu yaaa, seseorang itu sejelek apa yang orang lain katakan.

Dan kebalikannya, misal kita menilai seseorang lantaran denger dari seseorang yang menyukainya, so pasti kita bakalan menilai baik lantaran orang yang yang suka itu nggak mungkin ngejelek-jelekin.

Dan dari apa kata orang itu, kita bisa jadi menghakimi seseorang. Menganggap orang baik bisa jadi jahat, menganggap yang jahat malah baik. Padahal kita nggak mengenalnya.

Dan alangkah baiknya, kalau kita menilai seseorang itu karena kita mengenalnya. Kasihan kan, kita nggak kenal, kita nilai jelek padahal aslinya baik. Gimana kalau hal kayak gitu terjadi pada kita? Kita dinilai orang lantaran orang denger tentang kita dari orang yang nggak suka sama kita? Nggak enak banget, kan?

Saya bisa ngomong kayak gini, karena saya sendiri pernah ngalamin. Waktu kuliah, saya pernah berseteru sama temen. Temen saya itu, ngomong ke temen-temen yang lain dan menjelek-jelekkan saya. Alhasil, teman lain yang tahu saya dan nggak kenal langsung sama saya, ikutan ngejelek-jelekin saya. Dan rasanya itu, dunia berasa nggak adil.

Sewaktu kerjapun saya juga pernah kok ngalamin. Hanya gegara orang nggak suka sama saya, saya yang kerja dan emang sosmed itu ol mulu, saya kerja dibilang nggak kerja. Sakit, kan?

Makanya, yuk temen-temen, mulai dari sekarang, terapin ini : BUDAYAKAN MENILAI ORANG DARI APA YANG KITA KENAL, BUKAN DARI APA KATA ORANG.

Kalau kita kenal orangnya, gimana sikapnya sama kita, sudah pastilah kita bisa menilainya. Masa iya mau menilai orang padahal kenal saja enggak?***

Witri Prasetyo AjiUncategorizedPendapat,suara hatiJANGAN SUKA MENILAI ORANG DARI APA KATA ORANG... Hmm, temen-temen sudah pernah belum, menilai orang yang sebenarnya nggak temen-temen kenal, tapi temen-temen menilainya hanya karena kata si A, B atau C? Kalau saya, jujur saja kayaknya pernah. Heheheh. Menilai orang dari apa kata orang, sementara kita sendiri nggak mengenalnya itu... Nggak...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments