BELAJAR MENJADI MOMTRAVELER DARI SOSOK MUNA SUNGKAR

 Judul

BELAJAR MENJADI MOMTRAVELER DARI SOSOK MUNA SUNGKAR. Arisan link Blogger Perempuan minggu ini, Alhamdullilah didapat oleh emak Muna Sungkar alias Momtraveler. Yup, emak Muna menyebut dirinya sebagai Momtraveler secara karena Beliau sangat menyukai bahkan doyan banget dengan yang namanya ngebolang alias traveling. Nah, sebenarnya aku mah juga suka traveling, tapi kog gagal mulu ya? Tahunya Cuma situ-situ aja dan alasannya pasti waktu dan anak (eits, malah curhat).

Kembali ke topik. Emak Muna Sungkar ini sudah berjelajah banyak kota di Indonesia loh. Bahkan, sudah menerbitkan buku-buku traveling seperti 3 Emak Gaul Keliling 3 Kota dan Jelajah Ujung Barat Indonesia Banda Aceh-Sabang. Selain itu, emak Muna ini juga sering bagi-bagi tips traveling ala emak-emak. Yang ini nih yang harus dikepoin dan perlu dipelajari kalau mau traveling. Heheheh.

Kalau bermain ke blognya emak Muna, kita bakalan banyak banget menemui cerita emak Muna saat traveling. Wuih, yang ini mah bikin baper, iri banget gitu. Hehehe.

Tapi yaaa, kalau aku mah yang paling suka itu baca tips-tips traveling membawa anak. Kenapa? Karena aku mah pengen juga suatu saat nanti traveling ke sana kemarin membawa anak dan suami. Aamiin. Dan Mak Muna ini, menurutku sangat menginspirasi. Why? Karena meskipun Mak Muna ini hobi traveling, Beliau selalu membawa anaknya—Nadia. Yang ini, keren banget. Ketika banyak blogger lebih suka menjadi backpaper atau solo traveling, Mak Muna ini enggak. Beliau memilih #TravelingWithChildren dan itu adalah cita-cita aku di masa depan. Seenggaknya, aku punya deadline, ketika usia Arjuna (anakku) sudah 2 tahun lebih, aku pengen ngajakin dia jalan-jalan keliling Indonesia (cie, mimpinya ketinggian. Aamiinin sayja), dan semoga tabungan juga sudah menumpuk.

Oh ya, kalau aku main ke blognya Mak Muna kan paling demen ikutan giveawaynya atau kalau enggak intipin tips travelingnya. Nah, beberapa tips, aku rangkum di sini.

  1. Tips Bikin Itinerary sendiri

Sebagai seorang pelaku traveling ala backpaper, kata Mak Muna itu harus bisa menyiapkan semuanya sendiri. Nah, ini bukan aku banget. Aku mah apa-apa masih minta bantuan suami, apalagi kalau ngajak anak. Makanya, ini aku belajar dari tipsnya Mak Muna.

Sebelum kita mengatyr itinerary, lebih baik kita mengatur waktu liburan dulu (Hmm, apalagi mom working kayak aku, harus bisa ngatur deh).

Setelah dapat waktunya, tentuin minat, tujuan dan budget. Minat dan tujuan liburan itu apa? Seneng-seneng doang, apa buat isi blog juga? Terus budget itu juga sangat penting, apalagi kalau bawa anak. Menurut saya mah doubel. Selain dana transportasi doubel, traveling bawa anak itu juga harus bawa uang serep (doubel), secara anak kecil itu banyak maunya, liat ini itu gampang kepengen. Hehehe.

Dan yang enggak boleh ketinggalan juga, buku panduan traveling itu perlu. Jangan sampai terlewatkan.

  1. Tips berburu tiket murah

Udah ngatur waktu, udah ada minat dan tujuan, budget juga siap, sekarang yuk mari berburu tiket murah. Dan ini tips berburu tiket murah ala Mak Muna.

Persenjataan sebelum berburu tiket murah alias promo :

  • Punya laptop dan jaringan internet yang cihuyyyy
  • Yang harus diketahui, tiket promo atau tiket murah itu adalah jualannya maskapaiLCC (Low Cost Airlines) seperti AirAsia, Citilink, Tiger Airways, dan sebagainya. Kalau cari tiket murah dengan maskapi Garuda Indonesia, jarang pake banget. Hehehe.
  • Punya credit card atau paling enggak ATM

Tips berburu tiket murah alias promo :

  • Rajin-rajin cek harga tiket secara berkala
  • Harus disiapkan jauh-jauh hari, jangan mendadak
  • Fleksibel, maksudnya tiket murah atau promo itu biasanya ada di hari weeksday (senin-kamis), enggak mungkin ada tiket murah atau promo pas liburan atau weekend
  • Kalau sudah dapat tiket, segera issued tiketnya
  1. Tips liburan di musim hujan

Nah, sekarang ini kan cuaca sedang enggak menentu. Bisa dibilang juga musim hujan, soalnya habis panas terus tiba-tiba hujan. Mak Muna juga punya tips nih, traveling saat musim hujan, gimana?

  • Kenali daerah tujuan traveling dan pantau perkiraan cuacanya. Serta, lebih disarankan mencari tujuan travelingnya itu kota yang mempunyai banyak wisata indoor yang asyik dan menarik
  • Sediakan obat-obatan dan perlengkapan ekstra
  • Memaksimalkan fasilitas yang ada, seperti memaksimalkan fasilitas tempat menginap seperti hotel gitu
  • Menyiapkan ekstra budget, karena kalau musim hujan dan cuaca tidak menentu, transportasi biasanya juga ikut terkendala

Nah, itu adalah beberapa tips dari blognya Mak Muna yang saat ini ingin saya persiapkan. Sebenarnya masih banyak tips lain, seperti tips buat paspor gitu. Tapi nantilah, pengennya bisa traveling keliling Indonesia dulu, baru nanti ke Luar Negeri. Aamiin.

Buat teman-teman lain yang juga mau kepoin seputar graveling ala Mak Muna, bisa banget mengunjungi blognya yaitu http://www.momtraveler.com/. Sementara social medianya :

Facebook        : https://www.facebook.com/muna.sungkar?fref=ts

Twitter            : https://twitter.com/Mom_traveler

Instagram       : https://www.instagram.com/momtraveler/

Sekain review dari saya tentang Mak Muna.

#HappyBlogging

#HappyTraveling

Witri Prasetyo AjiReview BlogBELAJAR MENJADI MOMTRAVELER DARI SOSOK MUNA SUNGKAR   BELAJAR MENJADI MOMTRAVELER DARI SOSOK MUNA SUNGKAR. Arisan link Blogger Perempuan minggu ini, Alhamdullilah didapat oleh emak Muna Sungkar alias Momtraveler. Yup, emak Muna menyebut dirinya sebagai Momtraveler secara karena Beliau sangat menyukai bahkan doyan banget dengan yang namanya ngebolang alias traveling. Nah,...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments