MAMAH MUDA IKUT SUKSESKAN PIN 2016

 

MAMAH MUDA IKUT SUKSESKAN PIN 2016. Mungkin postingan ini sudah agak telat ya Mom, secara PIN (Pekan Imunisasi Nasional) sudah mulai dari tanggal 8 Maret lalu. Tapi tak mengapa, belum terlambat, toh PIN berakhr tanggal 15 Maret mendatang.

Bicara soal PIN, sebagai seorang mamah muda, saya sangat mendukung sekali adanya kegiatan ini. Secara, polio itu merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan olej virus yang menyebabkan sistem saraf sehingga penderita mengalami kelumpuhan. Dan polio biasanya menyerang anak usia 0-3 tahun. Polio biasanya ditandai dengan munculnya demam, lelah, sakit kepala, mual, kaku di leher, dan sakit ditungkai dan lengan.

Tentunya, sebagai seorang mama, kita enggak mau kan kalau penyakit ini sampai menyerang buah hati. Makanya, saya sangat mendukung sekali dengan adanya PIN ini.

Bicara soal PIN, para mamah tentunya juga sudah tahu kan kalau PIN dimulai tanggal 8 s/d 15 Maret 2016, sementara di Bali, PIN dimulai tanggal 15 s.d 22 Maret 2016.

Mengenal lebih jauh PIN 2016 è

Dimana dilaksanakan PIN Polio?

Tempat Pemberian Imunisasi dilaksanakan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pondok Bersalin Desa (Polindes), Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu (Pustu), klinik swasta dan rumah sakit serta pos pelayanan imunisasi lainnya di bawah koordinasi Dinas Kesehatan setempat.

 

Apakah imunisasi polio oral (OPV) aman?

Imunisasi polio oral merupakan imunisasi yang sangat aman. Imunisasi polio telah digunakan pada sekitar 2,5 miliar anak di seluruh dunia. Imunisasi polio ini juga telah menurunkan angka kejadian penyakit polio sekitar 99%.

 

Bagaimana pemberian imunisasi polio oral?

Imunisasi polio oral diberikan melalui tetesan, sebanyak 2 tetes ke dalam mulut anak. Anak akan menyukai imunisasi ini karena rasa yang manis.

 

Siapa yang perlu mendapat imunisasi polio oral?

Anak sehat berusia 0-59 bulan, perlu mendapat imunisasi polio oral, tanpa memperhatikan imunisasi polio sebelumnya. Bila anak telah mendapat imunisasi polio oral beberapa waktu sebelumnya atau imunisasi polionya sudah lengkap, tetap perlu mendapat imunisasi polio oral.

 

Bagaimana bila anak sedang sakit?

Bila anak sedang batuk pilek tanpa demam, anak tetap BOLEH mendapat imunisasi polio oral. Bila anak sedang demam atau sakit berat lainnya, maka imunisasi polio oral DITUNDA. Imunisasi polio diberikan setelah anak sembuh, mengingat PIN berlangsung sampai tanggal 15 Maret 2016.

 

Anak balita yang imunisasi polio sudah lengkap, apakah perlu PIN Polio?

Anak balita yang imunisasi polio sudah lengkapPERLU dan HARUS mendapat imunisasi polio oral saat PIN Polio. Imunisasi polio akan melindungi usus anak dan mengeluarkan virus polio liar yang mungkin ada dalam usus anak. Virus polio liar yang keluar dari usus akan mati dalam beberapa hari. Bila semua anak mendapat imunisasi polio oral secara bersama di seluruh dunia, maka virus polio akan dapat dihilangkan dari muka bumi.

 

Apa manfaat PIN polio bagi anak?

PIN Polio akan meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap polio. Selain itu, dengan ikut PIN Polio, orangtua berperan aktif dalam membasmi virus polio. Contoh penyakit infeksi yang telah berhasil dibasmi adalah penyakit cacar pada tahun 1979. Semoga virus polio ini juga dapat dibasmi, sehingga tidak ada lagi anak di seluruh dunia yang lumpuh akibat penyakit polio.

Sementara bicara soal gosip PIN 2016 apakah bebas bahan bersumber babi, berikut adalah penjelasannya :

  1. Bungkus vaksin polio yang beredar di medsos dengan tulisan pada proses
    pembuatannya bersinggungan dengan bahan bersumber babi adalah vaksin polio suntik.
    Sedangkan yang digunakan pada Pekan Imunisasi Nasional 2016 adalah Vaksin Tetes.

  1. PIN Polio 2016 menggunakan vaksin dengan bungkus bertuliskan Oral Polio Vaccine produksi Biofarma. Tidak ada tulisan apapun terkait bahan bersumber babi.

  1. Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi mendukung program imunisasi di

Indonesia, termasuk PIN Polio 2016 sebagaimana tercantum dalam fatwa MUI Nomer 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi yang ditetapkan pada 23 Januari 2016.

  1. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar membawa anak-anaknya usia 0 sd 59 bulan ke Pos PIN terdekat pada tanggal 8-15 Maret 2016. PIN Polio 2016 bertujuan mencegah anak-anak Indonesia tertular virus Polio. Dengan imunisasi polio masyarakat akan mendapatkan kekebalan yang tinggi sehingga dapat mempertahankan status Indonesia Bebas Polio. akanya,

Jadi, yakin kan Mom kalau PIN 2016 itu aman dan bebas dari bahan bersumber babi. Dan buat mama-mama yang masih ragu, yuk cari tahu lebih lengkap tentang PIN 2016. Banyak manfaatnya atau mudharotnya?

Sementara kalau saya, Insha Allah anak saya akan ikut PIN 2016 ini, soalnya anak saya dapat jatah tanggal 15 Maret besok.

Witri Prasetyo AjiInformationMAMAH MUDA IKUT SUKSESKAN PIN 2016   MAMAH MUDA IKUT SUKSESKAN PIN 2016. Mungkin postingan ini sudah agak telat ya Mom, secara PIN (Pekan Imunisasi Nasional) sudah mulai dari tanggal 8 Maret lalu. Tapi tak mengapa, belum terlambat, toh PIN berakhr tanggal 15 Maret mendatang. Bicara soal PIN, sebagai seorang mamah muda,...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments