Daily Activity : Begini Rasanya Jadi TU dan Operator Sekolah

 Judul Daily Activity Kerja Kantoran

Daily Activity : Begini Rasanya Jadi TU dan Operator Sekolah. Menjadi tata usaha mulai dari kepala sampai staf, masih ditambah lagi jabatan sebagai operator sekolah yang pekerjaannya itu menentukan tunjangan guru? Sibuk? Capek? Jangan ditanya, apalagi kalau sudah memasuki semester genap seperti ini dan mulai sibuk pada agenda ujian serta penerimaan peserta didik baru. Belum lagi, selalu ditunjuk sebagai sekertaris utama yang kerjaannya harus menyiapkan proposal atau program kerja, setelahnya tidak lupa membuat laporan pertanggungjawaban. Argh, kalau saya pikirin, saya bisa gila. So, mending mari dikerjakan satu persatu sembari santai kayak di pantai, hehehe.

Di tempat saya bekerja, SMP Islam Sudirman Ampel, tata usahanya Cuma saya. Jadi, saya ini merangkap dari kepala tata usaha sampai dengan staff tata usaha. Bisa dibayangkan kesibukan sebagai tata usaha? Mulai dari mempersiapkan surat sampai urusan arsip mengarsip, belum lagi menyiapkan administrasi ini itu sampai dengan selalu langganan ditunjuk sebagai sekertaris setiap kali sekolah ada event. Tapi untung, setidaknya ada Bu Umi Fathonah, rekan sekaligus waka kurikulum yang selalu membantu setiap kerjaan saya.

“Bu, ada yang bisa dibantu? Saya bikin apa?” Tanyanya setiap kali saya riewuh mengerjakan ini itu. Dan maklum, kadang saya bekerja tidak sesuai job description. Semua diserahkan ke TU… Wuaaaa

Tapi terkadang, pernah mengeluh juga loh, apalagi disaat capek melanda.

“Ini itu tugas siapa? Ko diserahin ke saya?” Tanya saya sedikit emosi ketika saya harus merekap beberapa administrasi yang sebenarnya bukan job description saya.

“Ngerjain kerjaan orang, kalau salah dikritik habis-habisan. Mending enggak kerja,” pernah juga saya ngomel kayak gitu disaat sudah lelah namun harus mengerjakan banyak hal. Hingga saya ingat suatu pepatah, kerja itu bukan sekedar nyari materi, tapi kerja itu juga ibadah. Okelah, saya kembali fokus dan selalu berusaha ikhlas dengan apa yang saya kerjakan. Meskipun kadang saya sempat nyinyir, “Kerja enggak kerja gajinya sama…” Hati saya ternyata mulai iri… hehehe

Tapi, di balik itu semua, saya bersyukur karena ilmu yang saya miliki bermanfaat. Yups, bisa membantu pekerjaan orang lain dan meringankan beban orang lain itu terkadang bikin hati menjadi adem. Dan saya selalu percaya, jika kita mempermudah pekerjaan orang lain, Inshaa Allah Tuhan juga akan mempermudah pekerjaan kita. Pepatah itulah yang selalu saya pegang tatkala saya membantu pekerjaan orang lain yang bukan menjadi job description saya. Meskipun ya, ada juga guru yang memandang saya sebelah mata, jabatan tata usaha seolah saya harus melayani seperti bawahan melayani atasan, ada juga yang memandang sebelah mata lantaran almamater saya bukan universitas favorit. Yes, saya kuliah di Universitas Boyolali yang notabenenya universitas baru. But, saya tetap bangga dengan almamater saya. Toh setidaknya saya sedikit mengerti tentang dunia tekhnologi, dan betul jika saya kuliah di jurusan Teknik Informatika.

Kembali ke topik di mana saya bekerja sebagai tata usaha dan operator sekolah. Seperti minggu-minggu ini saya sedang disibukkan dengan pembuatan administrasi tryout sampai dengan ujian. Mulai dari pembuatan SK, pembagian tugas panitia sampai kartu test siswa. Semua enggak butuh waktu yang sebentar, meskipun sudah menjadi langganan tugas setiap tahunnya, tetap saja selalu ada kesalahan kecil yang menghadang.

Sementara soal menjadi operator, ribet dan harus bergelut dengan dunia internet. Apalagi saat ini surat untuk sekolah itu  disampaikan melalui blog, ada yang kurang jelas cuup ditanyakan melalui grup di facebook. Dan apa jadinya jika saya pasif dan enggak pernah online. Toh pernah liburan kemaren saya ketetaran, sengaja mematikan notif facebook untuk menikmati liburan, eh sampai saya lupa kalau ternyata ada pembaharuan versi dapodik dan endingnya saya harus ribet sendiri karena belum saya update.

Jadi tata usaha, jadi operator, jadi panitia itu memang capek. Tapi Alhamdullilah karena ilmu kita bermanfaat. Soal kita mengerjakan pekerjaan orang lain, cukup jadikan sarana untuk kita menambah ilmu saja, itu kata teman saya.

Nah kawan, itu adalah sekelumit kisah keseharian saya. Ribet dan tidak bisa jauh dari internet.

Witri Prasetyo AjiDiaryDaily Activity : Begini Rasanya Jadi TU dan Operator Sekolah   Daily Activity : Begini Rasanya Jadi TU dan Operator Sekolah. Menjadi tata usaha mulai dari kepala sampai staf, masih ditambah lagi jabatan sebagai operator sekolah yang pekerjaannya itu menentukan tunjangan guru? Sibuk? Capek? Jangan ditanya, apalagi kalau sudah memasuki semester...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments