DUDUK TERLALU LAMA?

JANGAN LUPA SUPERBA KRILL OIL

DUDUK TERLALU LAMA? JANGAN LUPA SUPERBA KRILL OIL. Sebagai seorang yang setiap hari bekerja dengan komputer serta duduk manis di ruang kesayangan, pernah enggak sih memikirkan bahayanya duduk terlalu lama? Jawabannya adalah, saya ini tipekal orang yang lumayan cuek pada kesehatan, bahkan tidak pernah memikirkan dampak buruk akibat duduk terlalu lama. Padahal, duduk terlalu lama bagi seorang wanita itu banyak sekali dampak buruknya.

Slide3

Dampak buruk duduk terlalu lama :

  1. Semakin lama wanita duduk semakin tinggi risiko terkena kanker endometrium dan kanker usus besar. Hal ini dibuktikan oleh hasil studi di Swedia yang melibatkan lebih dari 29.000 perempuan Swedia berusia 25-64 tahun yang belum memiliki kanker pada awal studinya. Wanita ini dikelompokkan dalam tiga grup, yakni pekerja kantoran namun tidak aktif berolahraga, pekerja kantoran yang aktif berolahraga, dan pekerja yang aktif duduk dan berdiri (seperti guru) serta rajin berolahraga.

Selama 25 tahun peneliti mengamati kehidupan partisipannya. Ternyata, wanita yang tidak aktif pada saat bekerja maupun waktu senggang berpotensi 2,4 kali terkena kanker endometrium dan kanker payudara sebelum menopause dibandingkan mereka yang aktif fisik baik saat bekerja dan berolahraga.

Hasil studi ini memperkuat penelitian sebelumnya pada tahun 2014 yang menemukan fakta bahwa semakin lama wanita duduk semakin tinggi risiko terkena kanker endometrium dan kanker usus besar.

  1. Kolesterol tinggi

Duduk terlalu lama, secara perlahan-lahan kita bisa mengalami kolestrol tinggi, lantaran duduk dalam waktu lama memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyebabkan gangguan dalam fungsi metabolisme yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida plasma, menolak kadar high density lipoprotein kolesterol dan pada saat yang sama penurunan sensitivitas insulin.

  1. Obesitas

Duduk terlalu lama tidak t mengeluarkan energi karena otot tubuh tak dimanfaatkan sepenuhnya. Selain itu meminimalkan pembakaran kalori.

  1. Jantungan/Sakit Jantung

Otot-otot hanya bisa membakar lebih sedikit lemak dan aliran darah lebih malas karena kelamaan duduk. Ini akan membiarkan asam lemak menyumbat jantung. Orang dengan gaya hidup yang menetap berisiko mengalami penyakit kardiovaskular.

  1. Diabetes

Duduk terlalu lama akan merugikan kemampuan tubuh dalam menangani gula darah. Ini menyebabkan sensitivitas insulin berkurang. Insulin bertanggung jawab membawa glukosa dari darah ke dalam sel dan kemudian digunakan untuk energi.

  1. Otak berasap

Otot yang aktif memompa darah segar dan oksigen ke otak dan memicu segala macam  bahan kimia yang meningkatkan suasana hati. Ketika seseorang memiliki gaya hidup yang aktif, semuanya bisa lambat masuk ke otak.

  1. Sindrom metabolik

Penelitian terbaru menunjukkan, sindrom metabolik adalah efek buruk dari cara hidup menetap. Duduk dalam jangka waktu lama berkontribusi dalam risiko sindrom metabolik.

  1. Sakit punggung

Duduk terlalu lama bisa menjadi penyebab utama sakit punggung. Bahkan bisa mengubah keteguhan tulang belakang dan menambah risiko cedera punggung bawah.

  1. Fleksibilitas tulang belakang

Ketika tak ada pergerakan di tulang belakang ini bisa rentan terjadi kerusakan. Ketika melakukan beberapa aktivitas, disk lembut di tulang belakang berkembang. Tapi, ketika kita duduk saja maka disk dikompresi dengan tak merata.

  1. Kehidupan sosial membosankan

Bahaya duduk di tempat kerja bisa menjadi penyebab interaksi yang memprihatinkan dan ini tak baik untuk psikologis. Yup, dan saya seolah mengalaminya. Seharian duduk di ruangan kerja dengan pemandangan yang itu-itu saja serta pekerjaan semakin menumpuk, terkadang membuat bosan pada keadaan, bahkan tak jarang saya ini uring-uringan sendiri.

  1. Gangguan kaki

Duduk akan memperlambat sirkulasi darah. Ini bisa menjadi alasan cairan berkumpul di kaki. Dan beberapa masalah kesehatan mulai dari pergelangan kaki bengkak mengalami varises.

  1. Kerusakan saraf

Neuropati juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tak aktif dan berada pada posisi yang sama dalam waktu berjam-jam.

  1. Pinggul sejajar

Jika seseorang terparkir di kursi selama berjam-jam, seseorang cenderung menempatkan banyak tekanan di pinggul, lutut, dan tulang belakang yang menyebabkan kelemahan.

  1. Depresi

Duduk sepanjang hari bisa membuat seseorang merasa sedih. Semakin lama seseorang duduk, maka seseorang berkemungkinan mengalami gejala depresi.

Dari sekian banyak bahaya duduk terlalu lama itu, tentunya seseorang perlu tahu bagaimana caranya agar terhindar dari bahaya duduk terlalu lama, serta perlu tahu juga bagaimana posisi duduk yang benar.

Karena harus saya akui, saat saya duduk dan bekerja dengan komputer, terkadang posisi duduk saya salah dan tentunya itu juga kurang baik untuk kesehatan.

Posisi duduk yang benar saat di depan komputer :

  1. Mengatur posisi kursi. Mengatur kursi dan posisi duduk terhadap meja, seperti menyesuaikan sandaran kursi agar dapat menopang seluruh tulang belakang serta menambah kenyamanan saat bekerja. Selain itu, kita juga harus menyesuaikan tinggi kursi dan tinggi meja untuk bisa meletakkan lengan secara horizontal di atas meja. Sementara soal posisi kaki, sebisa mungkin harus menapak ke lantai.
  2. Mengatur keyboard dan mouse juga sangat penting. Sebisa mungkin, keyboar ditaruh di depan kita, jangan terlalu jauh karena hal itu tidak baik bagi pinggang dan tulang belakang. Sementara mouse, sebisa mungkin letakkan di samping keyboard, jangan letakkan terlalu jauh dari jangkauan agar lengan tidak mudah pegal.
  3. Mengatur layar komputer juga menjadi suatu hal yang sangat penting. Sebisa mungkin, layar komputer berada di depan wajah dan menyesuaikan layar dengan mata agar leher tidak perlu mendongak atau menunduk. Serta pencahayaan dalam komputer sebisa mungkin jangan terlalu terang atau terlalu gelap.
  4. Penerangan ruangan yang cukup
  5. Jangan menatap layar komputer terus. Mata juga bisa lelah. Kita bisa beristirahat selama 1-2 menit setiap 30 menit atau 5-10 menit setiap jamnya.

Setelah tahu akan bahaya dudu terlalu lama hingga tahu bagaimana caranya duduk yang benar saat menghadap komputer, tentunya kita juga ingin tahu tips agar terhindar dari bahaya duduk terlalu lama.

Tips agar terhindar dari bahaya duduk terlalu lama :

  1. Banyak minum air putih. Selain minum memang baik bagi kesehatan, semakin sering minum juga akan ‘memaksa’ kita untuk berdiri dan sedikit melakukan aktivitas.
  2. Berdiri setiap 30 menit sekali bisa merilekkan tubuh dari kekakuan.
  3. Menggunakan meja yang fleksibel. Ketinggian meja itu sangat berpengaruh karena posisinya bisa digunakan saat duduk atau berdiri.
  4. Banyak bergerak. Di kantor, sebenarnya banyak sekali alasan kita untuk bergerak. Seperti misalnya, menghampiri rekan kerja, naik turun tangga bagi kantornya yang bertingkat (jangan menggunakan lift), ke toilet dan masih banyak alasan untuk bergerak ke sana kemari.
  5. Minum suplemen. Zaman sekarang, minum suplemen sudah menjadi hal yang lumrah lagi. Dan perlu kita ketahui, ada suplemen mampu menurunkan kadar lemak jahat, memelihara keseimbangan jantung dan merawat kesehatan persendian.

Suplemen itu adalah Superba Krill Oil dari Kalbe Farma. Yup, kenapa saya merekomendasikan Superba Krill Oil, karena saya adalah pelanggan setianya Kalbe Farma dan Superba Krill Oil ini merupakan suplemen untuk kesehatan (holistic wellness) yang berasal dari segala kebaikan alam untuk kehidupan yang lebih baik serta aman dikonsumsi serta Superba Krill Oil ini juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan menyusui sampai seorang usia lanjut.

Komposisi Superba Krill Oil
Komposisi Superba Krill Oil

Mengkonsumsi Superba Krill Oil ini cukup 1 kapsul perhari, bisa diminum pagi atau sore hari, sebelum atau sesudah makan. Etapi, kita juga harus memperhatikan atas peringatannya, semisal :

  1. Hati-hati pemberiannya pada orang yang hipersensitif terhadap produk laut.
  2. Hentikan penggunaanya dua minggu sebelum dilakukannya tindakan bedah karena dapat meningkatkan risiko perdarahan.
  3. Suplemen ini tidak dapat menggantikan nutrisi dari makanan.
  4. Hati-hati pemberiannya pada pasien yang diterapi dengan warfarin.

Kenapa kita harus memperhatikan peringatannya? Karena Superba Krill Oil ini juga bisa menyebabkan efek samping, yaitu bisa membuat perut kembung.

Apa itu Krill Oil?

Krill Oil merupakan ekstrak dari badan krill (zooplankton) yang hanya hidup di Antartika. Hal ini menjadikankrill oil bebas dari merkuri karena disana minim polusi air.

Krill Oil berbeda dengan salmon oil yang sudah ada di pasaran. Hal yang membedakannya adalah sebagai berikut:

– Kandungan Astaxanthin – antioksidan poten yang secara natural terkandung dalam krill itu sendiri

– Ikatan fosfolipid (dimana salmon oil ikatan trigliserida) lebih cocok dengan seluruh membran sel manusia –>penyerapan lebih baik dan dosis yang diperlukan lebih kecil

Krill Oil merupakan sumber Omega 3 Phospolipid yang kaya akan kandungan DHA, EPA, serta astaxanthin yang tinggi antioksidan alami sehingga mampu membantu :

Slide2

Manfaat Krill Oil bagi tubuh :

  1. dapat digunakan untuk mengobati osteoartritis
  2. dapat menurunkan skor WOMAC dan kadar CRP pada pasien dengan penyakit inflamasi kronis

Jadi, meski duduk terlalu lama itu berbahaya, kita sebenarnya bisa menghindari bahaya-bahaya itu. Makanya, yuk mulai sekarang biasaka hidup sehat. Imbangi pekerjaan kegiatan dengan olahraga juga tentunya.

Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog H2 Kalbe Farma

Referensi :

http://h2healthandhappiness.com/

http://h2healthandhappiness.com/health-series/articles/ini-posisi-duduk-yang-benar-saat-di-depan-komputer/

http://h2healthandhappiness.com/health-series/articles/duduk-terlalu-lama-bisa-sebabkan-jantungan/

http://www.kalbemed.com/Products/Drugs/Branded/tabid/245/ID/20566/Krill-Oil.aspx#sebelumsesudahmakan

http://doktersehat.com/bahaya-duduk-terlalu-lama-dan-tips-untuk-menghindarinya/

http://health.liputan6.com/read/2222131/bahaya-terlalu-lama-duduk-bagi-wanita

http://health.liputan6.com/read/2173461/14-efek-samping-duduk-terlalu-lama-di-tempat-kerja?p=4

 

Witri Prasetyo AjiCompetitionDUDUK TERLALU LAMA? JANGAN LUPA SUPERBA KRILL OIL DUDUK TERLALU LAMA? JANGAN LUPA SUPERBA KRILL OIL. Sebagai seorang yang setiap hari bekerja dengan komputer serta duduk manis di ruang kesayangan, pernah enggak sih memikirkan bahayanya duduk terlalu lama? Jawabannya adalah, saya ini tipekal orang yang lumayan cuek pada kesehatan, bahkan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments