Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

TANGGAL TUA ALA MAMAH MUDA

TANGGAL TUA ALA MAMAH MUDA. Tanggal tua maupun tanggal muda, bagi saya mah sama saja. Toh tanggal tua itu deket banget sama tanggal muda. Sekarang akhir bulan, besok sudah awal bulan. Dan tarrraaa, saatnya gajian.

Bicara soal gaji, tidak perlu ditanya berapa gaji saya. Sudah bukan rahasia lagi kan berapa gaji seorang wiyata bhakti di sekolah swasta. Enggak ada 7 digit, memang. Tapi bagi saya, berapapun gaji itu, Inshaa Allah berkah.

Dalam hidup saya, sekarang gajian, besok sudah enggak punya uang, itu sudah biasa. Uangnya kemana? Bayar hutang? Mungkin, bisa jadi. Dan sampai sekarang, ritual seperti itupun masih berlanjut. Sekarang gajian, besok sudah enggak punya uang. Etapi bukan buat bayar hutang loh ya, uang gajian itu sudah disulap jadi barang-barang yang Inshaa Allah memang sudah menjadi kebutuhan bulanan. Terutama kalau buat sufornya dan diapersnya Juna, serta kebutuhan buat makan kami seperti sembako, sabun dan karena saya seorang mahmud yang bekerja, make up dan kuota internet termasuk kebutuhan. Hehehe *pisss

Agar Tanggal Tua Tetap Merdeka

Tanggal tua tetap merdeka, siapa saja pastinya juga mau, termasuk saya. Etapi ya, kebanyakan mah tanggal muda merdeka, tanggal tua terjajah. Tanggal muda gajian, tanggal tua berhutang. *uhuks. Nah, agar tanggal tua tetap merdeka, saya punya beberapa tips loh, tips ala mahmad tentunya.

  1. Cukupi belanja bulanan

Yang namanya kebutuhan bulanan itu sudah menjadi kewajiban yang enggak bisa digantikan. Apa saja itu, sekiranya kita sudah hafal lantaran kita selalu membutuhkannya setiap bulannya.

Apa saja kebutuhan itu? Bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya, kebutuhan bulanan itu seperti,  sembako : beras, minyak, bumbu masak, kopi, teh dlln, selain sembakon ada sabun mandi, sabun cuci, odol, sampai ke make up (etapi make up terpenting saya mah Cuma lipstik). Sementara kebutuhan pokok lainnya tapi tidak boleh terlewatkan adalah kebutuhan Arjuna, terutama sufor dan diapers.

Dan kalau buat saya mom working sebagai operator sekolah sekaligus blogger, kuota internet termasuk kebutuhan pokok. Jujur saja sih, rumah enggak ada wifi , padahal smartphone internetnya harus on terus, jadi kuota internet itu harus selalu ada.

Biasanya sih, awal bulan saya beli perdana yang isinya kuota. Pernah sih mencoba isi ulang, tapi kok malah agak mahalan, ya? Dan kalau buat saya, kuota 2GB cukup 5 hari – seminggu. Etapi ya, saya ada ide buat menghemat kuota internet saya, kalau malam pas tidur, saya matiin internet mobilenya dan pas di kantor (07.00 – 13.00) juga saya matiin karena ada wifi gratis. Atau kalau lagi jalan dan nemu tempat yang ada area wifinya, internet mobilenya juga sering saya matiin sih, heheh.

Jadi, bukan hal yang aneh lagi kalau hari ini gajian besok saya sudah enggak punya uang. Secara, uang gajian saya sudah saya sulap menjadi barang-barang di atas. Lagipula, belanja untuk sebulan itu enggak ada ruginya loh, malah ada manfaatnya :

  • Ngirit ongkos jalan : yups, belanja sebulan sekali, jalannya sekali. Coba kalau belanjanya setiap minggu, bisa diperhitungkan juga ongkos jalannya seperti bensin, belum lagi kalau makannya juga jajan.
  • Hemat : sudah ngirit ongkos jalan, sekarang hemat apa lagi? Hemat lantaran belanja kalau banyak sekalian itu biasanya harganya lebih murah (kalau di pasar tradisional) dan terkadang juga ada promo-promo gitu, kan? Enggak masalah loh manfaatin promo, semisal beli bedak bayi 2 dapat 3, nah hemat kan? Atau beli ini 10 gratis ini atau dapat diskon segini segitu.
  • Tanggal tua tetap tenang : kalau kebutuhan pokok sudah ada, tanggal tua meski enggak punya uang juga tetap tenang. Enggak harus mikir besok makan apa. Hmm, paling banter sih mikirin lauk kalau beras sudah ada.
  1. Pergunakan uang sebagaimana mestinya

Nyari uang itu enggak gampang, sayang kalau dibuang-buang. Bener enggak sih? Kalau menurut saya BENAR sekali. Jadi, sebagai ibu cerdas juga harus pintar mengelola keuangan. Seperti menggunakan uang. Hmm, misalnya jajan ya, saya ini tipekal ibu yang suka jajan, etapi saya juga milih keadaan, kalau di rumah sudah masak dan ada lauk, kenapa meski jajan? Bahkan saya sama suami pernah loh, keluar berdua buat nonton tapi makannya di rumah dan enggak jajan. Kan sayang banget, di rumah sudah ada makanan tapi malah jajan, mending uangnya buat yang lain, lagian mubadzir aja kalau makanan di rumah di buang.

Selain itu ya, kalau mau shopping juga harus mikir-mikir, bisa buat lama enggak nih barang. Kayak baju misalnya, besok ada acara kondangan, harus gitu pakai baju baru padahal baju lama masih bagus? Terus, selain tuh baju baru buat ke kondangan, bisa dipake buat jalan enggak? Argh, pokoknya banya mikirnyalah. Kan kita bukan artis yang setiap tampil harus ganti baju. Begitupun berlaku untuk barang yang lainnya. Jadi, STOP belanja barang-barang yang kurang bermanfaat. Kalau yang lama masih OK, kenapa beli yang baru? Mendingan uangnya ditabung.

  1. Manfaatkan diskon

Diskon? Siapa sih yang enggak mau? Saya mah demen banget sama yang namanya diskon. Terutama kalau ada diapers sedang diskon, langsung sikat. Hehehe.

Dan belanja baju, sepatu, tas sampai make up juga gitu loh, saya manfaatin diskon. Jadi, semisal saya suka barang itu, saya sering nungguin diskonannya, emang enggak up to date sih, tapi kalau akhirnya dapat dengan harga murah ya no what-what, kan? Hehehe.

Etapi ya, berbeda loh sama Matahari Mall, di Matahari Mall tuh sering banget ada diskon. Bahkan tanggal tuapun juga tetep banyak diskon gede-gedean. Asyiknya lagi ya, diskon di Matahari Mall kalau tanggal tua itu biasanya gratis ongkir. Duh, yang ini mah mana tahan. Udah diskon, ongkir gratis pula. Jadi pengen ngeborong.

Dan contohnya tuh, kayak video si Budi ini. Yang manfaatin diskon Matahari Mall di tanggal tua. Wuih, pinter banget ya si Budi. Nyari diskon gede gratis ongkir plus koneksi internetnya nyari wifi gratis.

  1. Menabung

Menabung itu kan kalau ada sisa uang, kalau buat kebutuhan pokok saja kurang, apa ya harus menabung? Kalau menurut saya sih, menabung itu tergantung setiap individu. Banyak yang hasilnya melimpah tapi enggak nabung malah buat foya-foya, itu sih terserah kalau pendapat saya. Etapi kalau buat saya, menabung sudah menjadi kebutuhan pokok. Enggak ada salahnya kok kalau habis gajian kita menyisihkan uang terlebih dahulu buat ditabung. Ya, menabung sebelum belanja menurut saya mah lebih aman. Karena, kalau belanja saya itu suka ngegampangin, uang didompet masih, enggak apa-apa beli ini itu. Makanya, kalau saya mah lebih demen menyisihkan uang terlebih dahulu dan belanja pakai uang pas, kalaupun lebih ya enggak banyak-banyak amat lah. Takut tergoda sama barang ini itu soalnya.

  1. Bergaya sesuai isi dompet

#instaquote #quoteoftheday #selftalk #sindiran #monday #ilmungaca

A photo posted by Witri Prasetyo Aji (@witri_nduz) on

Gaji itu cukup untuk mencukup hidup tapi enggak cukup untuk mencukupi gaya hidup. Sering sekali saya mendengar pepatah itu.

Kalau menuruti gaya hidup, gaji mana cukup? MAHAL! Apalagi kalau nurutin gengsi, bisa-bisa besar pasak daripada tiang. Secara nih, kalau nurutin gengsi mah apa-apa pasti enggak mau kalah sama yang lain. Semisal temannya punya ini, kita juga harus punya. Apa-apa kudu branded dan up to date. Duh, saya mah yang beginian mana kuat. So, kalau saya mah cukup bergaya sesuai isi dompet. Mampunya beli merk X ya beli aja merk X, enggak perlu maksa beli merk A.

Soal hang out, bagaimana?

Tanggal tua tetep hang out? Bisa banget, nyari tempatnya kan enggak harus yang mahal. Semua bisa disiati kok, tanggal muda tanggal tua tetep happy.

Caranya?

  1. Ngemall vs taman

Tanggal muda mainnya ke mall, tanggal tua ke taman? Enggak apa-apa, yang penting mah enggak kurang piknik. Hehehe.

Karena saya ini mamah yang bekerja, hang out bersama keluarga saat weekend itu termasuk menjadi kebutuhan.  Sebenernya sih saya suka ngemall, adem dan enggak panas, tapi karena ngemall harus ke Solo, saya sih ngemall kalau emang bener-bener pengen saja. Buat saya sih, tanggal tua tanggal muda mau hang out ke mana saja sih no problem asal ada duit, wkwkwk.

Tapi enggak juga kok, saya mah seringnya ke taman, main sama anak. Anak udah seneng banget. Yang penting mah bisa nikmatin weekend.

Pagi pagi habis mandi, niatnya diajak berjemur tapi malah lari lari Katanya ngejar ayam Ayamnya lari ke kebun belakang rumah… 15M17D #LitllePrinceARJUNA #littleganteng #BABYjun #babyboy #anaksoleh #siusil #sipintar #MySon #JagoanKu #kebanggaanku #kesayanganku #weekend #happyday #happyfamily #happyweekend

A video posted by Witri Prasetyo Aji (@witri_nduz) on

  1. Nonton

#

A photo posted by Witri Prasetyo Aji (@witri_nduz) on

Tanggal muda nonton di bioskop, tanggal tua nonton di DVD, wkwkwk. Kalau saya sih enggak, soalnya saya kalau enggak pengen banget ya enggak pernah nonton di bioskop. Sudah biasa sih nonton di DVD.

  1. Kuliner

Tanggal muda makan sama daging, tanggal tua makan sama mie instan. Duh, kaya anak kos banget. Enggak harus segitunya keuleus. Tanggal tua tetap bisa makan sama daging, kok. Semisal, sudah punya nasi, pengen makan daging ya beli ajah friend chicken ala KFC. Kalau tempat saya mah dada atau sayap Cuma  4 ribu doang, murah kan? Tanggal tua tetep makan nasi, enggak mie instan mulu.

Terus, Apa Yang Saya Lakuin Sewaktu Tanggal Tua?

Tanggal tua merdeka bin happy, tanggal tua juga harus manfaat loh. Banyak hal manfaat yang bisa saya lakuin. Dan biasanya tuh, kalau tanggal tua sayanya mah malah tambah produktif.

Ngapain aja sih tanggal tuanya Mamah Muda?

  1. Menulis

Menulis, menulis dan menulis. Siapa bilang menulis itu tidak menghasilkan. Setidaknya menghasilkan tulisan lah.

Kalau saya yang memang hobi menulis, nulis itu sudah jadi me time. Suka banget nulis fiksi. Kan lumayan tuh, cerpen bisa dikirim ke media, novel dikirim ke penerbit. Kalau di ACC kan bisa nebelin dompet. Hehehe.

  1. Ngeblog

Ngeblog dan menulis sebenarnya hampir sama. Tapi buat saya, ngeblog itu lebih lama bin rumit. Ngeblog enggak sekedar mikirin tulisan saja loh, tapi juga harus mikirin tampilan, infografis, gambar sampai video.

Nah, dari ngeblog ini saya semakin banyak belajar, gimana sih caranya agar template blognya cantik, gimana sich bikin infografis yang gampang dipahami pembaca, sampai gimana sih gambar yang unik dan bikin video. Pokoknya banyak banget ilmu yang bisa dipelajari dari ngeblog ini.

Selain itu ya, ngeblog juga bisa jadi ladang mengais rejeki loh. Semeisal ada job review, content placement sampai ngikutin lomba blog yang kian bertaburan.

  1. Manfaatin weekend di rumah bareng keluarga

Siapa bilang weekend di rumah itu enggak manfaat, buat saya mah manfaat banget. Seenggaknya saya bisa menggali ide, aktivitas apa sih yang bisa saya lakukan bersama anak? Dan dari aktivitas-aktivitas itu, bisa saya jadikan cerita di blog.

Nah, itu adalah cerita tanggal tuanya Mamah Muda. Mulai dari tips gimana tanggal tua tetap meredka bin  happy sampai dengan apa yang bisa dilakuin di tanggal tua. Sekarang, bagimana cerita teman-teman tentang tanggal tua kalian. Bagi cerita, yuk?

 

Witri Prasetyo AjiCompetitionIni adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall. TANGGAL TUA ALA MAMAH MUDA TANGGAL TUA ALA MAMAH MUDA. Tanggal tua maupun tanggal muda, bagi saya mah sama saja. Toh tanggal tua itu deket banget sama tanggal muda. Sekarang akhir bulan, besok...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments