(WitTalk) : PETUALANGAN BOCI, MAINAN EDUKASI DI GADGET

 

PETUALANGAN BOCI, MAINAN EDUKASI DI GADGET. Gadget? Buat anak? Enggak! Nanti anaknya malah mainan gadget mulu, enggak mau bergaul, dan bla… bla…

Screenshot_2016-06-02-13-05-11

Pernah enggak sih, ngobrolin soal gadget buat anak sama suami? Kalau macan mah pernah dan sampai berdebat. Padahal tuh ya, awalnya itu macan mewanti-wanti banget, NO GADGET sebelum 2 tahun. Tapi faktanya? Wong macan aja setiap saat pegang gadget, aunty juga begono, terus setiap hari Mbah Ibuk juga telpon pengen denger suara Juna. Dan, ditambah lagi, usia 7 bulan udah dibeliin tablet sama Mbah Ibuk. Belum lagi emang dari kecil selalu difoto pake gadget, parahnya lagi emaknya kalau malas nyanyiin juga malah diputerin lagu di gadget. So, masih mau bilang NO GADGET?

Ya, ya, ya, zaman sekarang mah apa atuh, teknologi sudah berkembang sedemikian majunya, gaya hidup juga sudah memasuki digital lifestyle, apa-apa serba pakai gadget, bahkan belanjapun sudah pakai gadget, gimane bisa mau NO GADGET? Anak-anak kecil saja sudah punya gadget sendiri dan pada jago memainkannya.

Okelah. Meski macan dan banteng sempat berantem, soalnya macan sendiri yang netapin NO GADGET tapi malah ngasih mainan gadget, banteng kecewa dan alhasil kami bertengkar. Sebatas toleransi, dan enggak mau ngecewain yang udah beliin tablet buat Juna juga, macan memang ngasih mainan gadget. Sekarang sudah semakin mudheng dan udah bisa minta apa yang dia mau.

Dan daripada Juna suka mainan gadget tanpa arah, macanpun akhirnya googling-googling dan nanya sana-sini, ngebiarin Juna mainan gadget tapi sebisa mungkin mainannya tetap yang mengedukasi. Dan, tarrraaa… PETUALANGAN BOCI.

Apakah Petualangan Boci itu?

Petualangan Boci ini adalah aplikasi edukasi anak usia 2-6 tahun di mana anak dapat bermain sambil belajar mengenai pendidikan dasar seperti membedakan warna, menulis huruf, membaca, dan lainnya.. So, macan-macan enggak perlu khawatir kalau anaknya mainan gadget, soalnya petualangan boci ini bukan sekedar game saja, tapi juga bisa jadi media belajar.

20160601_132719

Apa saja gamenya?

Bermacam-macam. Mulai dari berhitung, mengenal warna, petak umpet sampai dengan alfabetpun juga ada. Dan dari beberapa itu, Juna sudah saya downlodin. Etapi, yang paling Juna sukai itu adalah Taman Bermain Boci: Pasar Malam (Boci Theme Park: Carnival). Secara ya, Juna sudah pernah saya ajak ke pasar malam. Dan Alhamdulillah, di aplikasi Taman Bermain Boci: Pasar Malam (Boci Theme Park: Carnival) ini, anak  dapat belajar untuk bereksplorasi pada wahana-wahana yang terdapat di pasar malam, seperti bianglala, komedi putar, rumah hantu, kolam bola, kereta kumbang dan lainnya. Ada juga beberapa jajanan pasar seperti ice cream, permen kapas dan lainnya. Jadi sembari bermain bersama anak, macan dan banteng bisa sambil bercerita tentang keceriaan pasar malam yang pernah kami dulu.

Daftar aplikasi

Petualangan Boci ini enggak sekedar aplikasi game saja, tapi juga ada aplikasi story books loh. Jadi, Boci bisa bercerita buat si kecil. Macan enggak perlu ngoceh deh buat cerita ke Juna.

minigames

story book

Aplikasi favoritnya Juna?  

Taman Bermain Boci: Pasar Malam (Boci Theme Park: Carnival). Secara dia pernah diajak macan dan banteng ke Pasar Malam, pernah juga naik komedi putar. So, macan mah mudah ngajakin Juna mainan game ini. Macan ajak Juna bermain ke wahana-wahana yang ada di aplikasi Taman Bermain Boci: Pasar Malam (Boci Theme Park: Carnival) terus macan juga berverita soal wahana-wahana itu. Duh, tapi yang bikin sedikit greget itu ketika Juna ngerti dan bilang, “umpak” yang arinya numpak (Bahasa Jawa) = naik (Bahasa Indonesia).

Pasar malam

Terkadang hal itu yang bikin macan puyeng ngasih alasan, soalnya lagi enggak ada Pasar Malam. Terus macan terpaksa mengalihkan permainan. Kalau Juna masih pengen main sama tabletnya, macan ajak Juna mainan berhitung. Iya, Boci juga punya permainan berhitung. Jadi ceritanya itu boci minta makanan dan kita kasih. Makanan yang diminta boci ada jumlahnya loh, dan ini ngajarin Juna berhitung. Hmm, kalau game ini adalah favorit Juna kalau sedang main sama banteng.

Berhitung

Terus ya, Juna itu ngegame enggak Cuma kalau sama macan atau banteng saja. Sama Akung juga. Dan sama Akung ini, Juna juga punya game favorit lain, yaitu Petak Umpet. Jadi ceritanya Boci itu ngumpet sna-sini dan Juna yang nyari. Seru deh pokoknya.

Petak Umpet

Dan lain lagi kalau mainan sama aunty, Juna mah favorit banget bermain warna. Iya, auntynya Juna mah telaten kalau ngajak Juna bereksplorasi dengan warna.

Tebak warna

Di aplikasi Taman Bermain Boci: Pasar Malam (Boci Theme Park: Carnival) ada apa saja?

Terdapat sebuah taman bermain yang memiliki banyak wahana seperti bianglala, komidi putar, roller coaster, dan sebagainya. Ada juga aneka jajanan kaki lima yang lezat. Setiap wahana dan jajanan ini bisa diajak untuk berinteraksi dengan melakukan tap.

Taman-Bermain-Boci-Pasar-Malam-Screenshot Taman-Bermain-Boci-Pasar-Malam-Screenshot-2

Macan baru seminggu menginstal aplikasi petualangan boci ini, tetapi Juna sudah hafal saja dan kalau liat tabletnya pasti minta, “Oci, oci” gitu. Maksudnya Boci.

Lantas, bagaimana cara menginstal Petualangan Boci?

Cara menginstalnya mah gampang banget, langsung capsus ke play store, nyari Boci dan pilih, mau intal aplikasi Boci yang mana. Soalnya beragram yak. Atau langsing klik di sini. Kalau pengen di aplikasi Taman Bermain Boci: Pasar Malam (Boci Theme Park: Carnival kesukaannya Juna, klik di sini.

anigif

Oh ya, aplikasi ini tersedia dalam 2 bahasa loh, English dan Indonesia. Terserah deh mau pilih bahasa yang mana.

Nah, sudah instal aplikasi Petualangan Boci? Sekarang, saatnya bermain. Yuk, biarin anak mainan gadget tapi tetap mengedukasi. Dan biarin dia bereksplorasi sesuai keinginannya yak.

 

Witri Prasetyo AjiWitTalk(WitTalk) : PETUALANGAN BOCI, MAINAN EDUKASI DI GADGET   PETUALANGAN BOCI, MAINAN EDUKASI DI GADGET. Gadget? Buat anak? Enggak! Nanti anaknya malah mainan gadget mulu, enggak mau bergaul, dan bla... bla... Pernah enggak sih, ngobrolin soal gadget buat anak sama suami? Kalau macan mah pernah dan sampai berdebat. Padahal tuh ya, awalnya...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments