SEBERAPA PENTING INVESTASI MASA DEPAN ITU?

 

Bicara soal investasi masa depan sepertinya tidak akan ada habisnya. Etapi kalau ditanya seberapa pentingnya? Ya jelas sangat penting. Apalagi kita tidak akan pernah tahu ke depannya kehidupan ini akan seperti apa, ditambah lagi kebutuhan yang semakin membengkak.

Slide1

Dan sebagai seorang isteri dan seorang ibu, bagi saya adalah hal yang wajib memikirkan investasi masa depan. Ke depannya kebutuhan saya bakalan semakin meningkat, dan saya enggak mau ketetaran yang bakalan berakibat ‘kurang baik’ bagi masa depan saya dan anak-anak.

Nah loh, terus solusinya? Ya kudu melek investasi masa depan.

Caranya?

Jujur saja ya, saya sedikit bingung bagaimana caranya berinvestasi. Hmm, nabung? Deposito? Asuransi? Berbagai hal itu terus menjadi tanda tanya dalam pikiran saya, antara menabung, deposito sampai asuransi, manakah pilihan yang lebih aman? Hingga akhirnya, saya googling, tapi sayangnya saya belum mendapatkan jawaban yang memuaskan. Hingga suatu ketika saat sedang ngerumpi cantik bareng teman, saya diberi saran untuk ikut Investasi Reksa Dana.

Kenapa Investasi

Kenapa Investasi di Reksa Dana?

Konon, menurut teman saya itu, Investasi Reksa Dana merupakan salah satu investasi terbaik yang ada di Indonesia. Dan Reksa Dana ini adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (UU No 8 Th 1995 Pasal 1 angka 27 tentang Pasar Modal). Bahkan, berdasarkan badan hukumnya, Reksa Dana ini dibedakan menjadi dua loh, yaitu : Reksa Dana berbentuk perorangan dan Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

Produk

Selain itu, secara umum Reksa Dana itu banyak sekali produknya. Bahkan kita bebas mau memilih yang mana.

  1. Reksa Dana Saham
    2. Reksa Dana Pendapatan Tetap
    3. Reksa Dana Pasar Uang
    4. Reksa Dana Campuran
    5. Reksa Dana Syariah
    6. Reksa Dana Terstruktur :
    a) Reksa Dana Terproteksi
    b) Reksa Dana Dengan Penjaminan
    c) Reksa Dana Indeks
    7. Reksa Dana Exchange Traded Fund (ETF)
    8. Dana Investasi Real Estate (DIRE)
    9. Kontrak Investasi Kolektif – Efek Beragun Aset (KIK-EBA)
    10. Reksa Dana Penyertaan Terbatas
    11. Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) Individual.

tabel-reksadana-terbuka_788x309

Dan, dari berbagai pilihan itu, Reksana mempunyai program Investasi Masa Depanku. Program ini yang membuat saya langsung mau tahu lebih lanjut tentang Reksa Dana.

ADA APA DGN

Memangnya, ada apa dengan Program Investasi Masa Depanku?

Program Investasi Masa Depanku ini adalah salah satu program dari Reksa Dana yang bakalan membantu kebutuhan masa depan kita. Di antaranya : dana pensiun, dana pendidikan, dana ibadah, dlln. Dan Program Investasi Masa Depanku (IMD) ini merupakan program investasi bulanan yang dimulai dari Rp.200.000/bulan di Reksa Dana saham dan campuran yang dikelola oleh Danareksa Investment Management (DIM). Bentuk investasi berkala ini berupa Transfer Berkala melalui Rekening Bank kita secara langsung ke Reksa Dana yang kita pilih.

Slide2

Investasi Masa Depanku ini benar-benar sangat saya butuhkan. Kenapa? Saya dan suami bukan PNS yang masa pensiunnya terjamin, kalau kami enggak punya instasi masa depan, bagaimana nanti kalau kami sampai kena PHK atau hal buruk terjadi. Semoga saja jangan sampai, ya?

Terus dana pendidikan. Anak itu berhak mendapatkan pendidikan tinggi dan yang terbaik. Jangan sampai ya, pendidikan anak terbengkalai hanya karena orang tuanya tidak memikirkan masa depan pendidikannya. So, meski anak saya masih kecil, investasi dana pendidikan harus sudah terpikirkan. Apalagi saat ini pendidikan di Indonesia itu semakin hari semakin mahal.

Dana ibadah? Ya, sebagai seorang muslim, tentunya saya juga bercita-cita bisa beribadah ke tanah suci. Apalagi biaya umroh atau haji saat ini tergolong enggak murah.  Makanya, dana ibadah juga masuk list investasi masa depanku.

Jangka Waktu IMD

Di Reksan Dana ini kita juga bisa memilih jangka waktu investasi kita. Adapun pilihan Reksa Dana adalah sebagai berikut :

  1. Reksa Dana Campuran (jangka waktu investasi minimal 3 tahun) :
  2. Danareksa Syariah Berimbang
  3. Danareksa Anggrek Fleksibel
  4. Reksa Dana Saham (jangka waktu investasi minimal 5 tahun) :
  5. Danareksa Mawar
  6. Danareksa Mawar Fokus 10
  7. Danareksa Mawar Konsumer 10
  8. Danareksa Mawar Komoditas 10
  9. Danareksa Indeks Syariah
  10. Danareksa Syariah Saham
  11. Danareksa Mawar Rotasi Sektor Strategis

Dan dari beberapa pilihan investasi masa depamku itu, kita bisa memilih lebih dari satu investasi loh. 

Cara Bergabung

Lantas, bagaimana caranya ikut Program Investasi Masa Depanku (IMD)?

Caranya itu gampang banget bin enggak ribet.

  1. Kita cukup membuka rekening khusus Investasi Masa Depanku (IMD)
  2. Setelah proses pembukaan rekening disetujui, kita akan menerima username dan password untuk masuk ke Reksa Dana Online. Lalu, lakukan transaksi IMD > Pembelian dan pilih Reksa Dana dan Jangka Waktu sesuai kebutuhan kita. Setelah selesai, kita akan menerima konfirmasi keikutsertaan program IMD.
  3. Lakukan proses transfer berkala dari rekening bank kita ke rekening Reksa Dana yang tercantum di konfirmasi keikutsertaan program IMD. Untuk beberapa bank program transfer berkala dapat dilakukan melalui internet banking. Pastikan hal ini dengan bank tempat kita membuka rekening.
  4. Kirimkan dokumen bukti transfer berkala (standing instructions) ke reksadanaonline@danareksa.com atau melalui fax ke (021) 3501713.

Dan setelah kita bergabung dengan Program Investasi Masa Depanku (IMD), ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Di antaranya :

  1. Kita akan dikenakan biaya pembelian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Penambahan investasi bulanan (contoh : dari 200 ribu/bulan ke 300 ribu/bulan) dapat dilakukan sekali setahun.
  3. Transfer/pendebetan dilakukan pada setiap tanggal 8, 18, 28, dan setiap tanggal 3 untuk program IMD-AutoCollection BCA.

Nah, gampang banget kan bergabung dengan Program Investasi Masa Depanku (IMD)? Online pula, semakin mudah, kan? Makanya, buat teman-teman yang ingin berinvestasi untuk masa depan, saya merekomendasikan Program Investasi Masa Depanku (IMD) dari Reksa Dana.

Terus, kalau jangka investsi waktu sudah habis, bagaimana?

Tenang, jangan panik. Kita bisa memilih untuk mencairkan reksa dana kita atau tetap meneruskan investasi kita. Tetapi, perlu kita ketahui kalau kita tidak bisa mencairkan Investasi Masa Depanku kurang dari 2 tahun loh, ya?

5 ALasan

Nah, sekarang sudah pada tahu kan, kenapa saya memilih Program Investasi Masa Depanku dari Reksa Dana?

  1. mudah bergabungnya (bisa secara online)
  2. mulai dari Rp 200.000,- perbulan
  3. banyak pilihan investasi
  4. bisa memilih lebih dari satu investasi
  5. bisa dicairkan atau tetap lanjut berinvestasi

”Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writing Competition –  Investasiku Masa Depanku bersama ReksaDana Danareksa. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”.

Referensi :

http://reksadana.danareksaonline.com/

 

Witri Prasetyo AjiCompetitionSEBERAPA PENTING INVESTASI MASA DEPAN ITU?   Bicara soal investasi masa depan sepertinya tidak akan ada habisnya. Etapi kalau ditanya seberapa pentingnya? Ya jelas sangat penting. Apalagi kita tidak akan pernah tahu ke depannya kehidupan ini akan seperti apa, ditambah lagi kebutuhan yang semakin membengkak. Dan sebagai seorang isteri dan seorang ibu,...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments