BELANJA ONLINE, PILIHAN TEPAT DI BULAN RAMADAN

 

BELANJA ONLINE, PILIHAN TEPAT DI BULAN RAMADAN. Tak terasa kita sudah memasuki hari-hari terakhir bulan Ramadan, tinggal seminggu lagi hari raya Idul Fitri akan datang. Lantas, sudah sejauh manakah persiapan teman-teman untuk menyambut hari raya Idul Fitri?

Dan seolah sudah menjadi tradisi, hari raya Idul Fitri identik dengan barang-barang serba baru. Mulai dari pakaian, tas, sepatu sampai dengan alat ibadah. Dan sudah bisa ditebak, bila awal Ramadan masjid selalu penuh sesak dengan jamaah tarawih, maka di akhir Ramadan, mall lah yang penuh sesak dengan orang-orang yang berbelanja untuk mempersiapkan hari raya Idul Fitri.

Melihat fenomena mall yang selalu penuh sesak, sulit mencari tempat parkir hingga antrian yang mengular, masih berhasratkah untuk berbelanja di mall?

Kalau buat saya, seorang ibu yang bekerja dan mempunyai seorang anak batita, saya lebih memilih belanja di online shop untuk keperluan hari raya Idul Fitri nanti. Selain karena saya punya waktu terbatas dan Ramadan tetap masuk kerja, berbelanja mengajak seorang batita itu cukup rempong. Apalagi kalau harus berdesak-desakan, duh saya tak bisa membayangkannya. Apalagi kalau sedang puasa gini, duh makin enggak bisa membayangkannya. Makanya, saya lebih suka berbelanja di online shop karena lebih simpel dan fleksibel.


Keuntungan berbelanja di online shop :


  1. Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja

Saya itu paling malas berkeliling mall atau harus mendatangi ruko satu ke ruko yang lainnya hanya demi sesuatu. makanya, kalau berbelanja saya itu pasti sudah punya incaran, jadi tinggal datang langsung ke tokonya dan beli deh tuh barang. Saya jarang banget membandingkan harga dari toko satu ke toko yang lainnya, buat saya buang-buang waktu.

Etapi, beda ceritanya kalau saya berbelanja online. Saya kalau belanja online itu rajin banget kepoin online shop satu dengan yang lainnya, enggak malas bandingkan harga dari online shop satu ke online shop yang lainnya. Secara ya, belanja online kan enggak harus capek keliling sana-sini, cukup duduk manis dan pegang gadget yang tersambung dengan internet.

  1. Hemat

Buat saya belanja online itu lebih hemat, hemat waktu, hemat tenaga, hemat pula biaya. Hemat waktu itu pasti, bisa belanja tengah malam pula, coba kalau ngemall, mall mana yang tengah malam buka? Hemat tenaga karena enggak harus keliling mall. Hemat biaya, soalnya kalau ngemall itu bakalan kena biaya transportasi, biaya parkir, dan biaya makan. Kalau belanja online mah cukup kena biaya ongkir.

  1. Enggak malu sekedar kepoin barang yang ditaksir

Pernah enggak, masuk toko Cuma mau lihat-lihat saja? Atau pernah, masuk toko niat mau beli tapi barang yang dituju enggak ada? Yang seperti itu, bikin sungkan enggak sama penjaga tokonya? Kalau saya, jujur saja malu, hehehe.

Etapi kalau belanja di online shop? Hmm, mau kepoin apapun mah bebas-bebas saja dan enggak sungkan sama pemilik tokonya.

Dari 3 keuntungan di atas, makanya saya hobi banget belanja online. Apalagi sekarang itu, belanja online juga banyak promo dan diskonnya. Belum lagi kalau ada program voucher gitu, belanja online tambah menyenangkan.

Baca : Gaya Lebaran Ala Mahmud, Stylish Dengan Hijabenka

Tapi ingat, belanja online juga harus hati-hati. Perhatikan dengan seksama online shopnya, sampai adminnya. Secara nih, saya itu tipekal orang yang selektif kalau berbelanja online.

  1. Saya lebih suka belanja online di e-comerrce

Yes, saya suka belanja online di e-commerce seperti Hijabenka. Kenapa? Soalnya keamanannya terjamin. Bahkan ada program gratis pengembalian sampai dengan kita bisa melacak keberadaan barang yang kita beli (semisal sudah dikirim belum, sampai di mana).

  1. Jika barang yang mau saya beli enggak ada di e-commerce, saya bakalan memilih online shop yang tempatnya jelas (dikirim dari kota mana, malah kalau bisa yang ada offline shopnya), webnya jelas, kalau ada malah yang sudah punya aplikasi. Dan sebisa mungkin saya enggak beli di reseller. Soalnya, saya pernah punya pengalaman tidak mengenakkan saat berbelanja di reseller, barang yang saya terima tidak sesuai dengan gambar, bahkan sampainya juga lama.
  2. Admin online shop juga menjadi pertimbangan buat saya. Saya enggak suka dengan admin yang galak bin judes. Saya lebih suka sama admin yang ramah dengan respon cepat.

Dan dari pertimbangan-pertimbangan di atas, makanya saya kalau belanja online itu enggak ngasal.

Bicara belanja online, Ramadan ini saya juga belanja online loh. Tapi belanjanya sudah saya rencanakan jauh-jauh hari. So, setidaknya awal Ramadan atau pertengahan Ramadan saya sudah berbelanja. Saya memang menghindari belanja online di akhir Ramadan. Alasannya, JNE kebanyakan overload dan barang bisa sampai sehabis Idul Fitri. padahal kan, saya itu belanja buat persiapan Idul Fitri nanti.

Berbelanja online di bulan Ramadan itu enggak kalah seru kok sama belanja offline di mall-mall. Wong, banyak online shop yang ngasih diskon gede tapi brandnya ternama, malahan ada yang berani ngasih program diskon plus cashback juga. Duh, zaman sekarang mah persaingan toko online semakin ketat saja.

Baca : Shopback : Sudah Diskon, Dapat Cashback Pula

Barang yang kita beli melalui belanja online dan offline juga enggak jauh beda, kok. Ya, pinter-pinternya kita ajah mau belanja di online shop mana. Kalau saya sih pilih yang ada detail produknya.

Nah, itu adalah pengalaman saya berbelanja online di bulan Ramadan. Banyak diskonnya, banyak pilihannya, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja serta hemat. Etapi teuteup ingat, kalau belanja online buat Idul Fitri jangan di akhir Ramadan ya, bisa-bisa barang sampai setelah Idul Fitri. dan satu lagi, selektif pilih toko online, hehehe.***

“post ini diikutsertakan dalam Blog Competition HIJABENKA X IHB“

Witri Prasetyo AjiCompetitionBELANJA ONLINE, PILIHAN TEPAT DI BULAN RAMADAN   BELANJA ONLINE, PILIHAN TEPAT DI BULAN RAMADAN. Tak terasa kita sudah memasuki hari-hari terakhir bulan Ramadan, tinggal seminggu lagi hari raya Idul Fitri akan datang. Lantas, sudah sejauh manakah persiapan teman-teman untuk menyambut hari raya Idul Fitri? Dan seolah sudah menjadi tradisi, hari raya...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments