CERITA MAHMUD : DARI MUDIK SAMPAI ARUS BALIK

 

CERITA MAHMUD : DARI MUDIK SAMPAI ARUS BALIK. Hay, apa kabar semuanya, mohon maaf lahir dan batin yak (memangnya masih lebaran?) Kan masih syawal, enggak apa-apa kan ya?

IMG-20160712-WA0007

Bicara soal lebaran yang sudah lewat, so pasti banyak banget kan cerita lebaran yang pastinya teman-teman alami. Saya sendiri juga punya nih cerita lebaran. Dari libur yang mefet dari hari H padahal harus mudik, nungguin THR-an meskipun THR sya enggak seberapa, sampai dengan cerita mudik yang meskipun dekat tapi sudah kayak pindahan rumah.

Terus ada lagi tuh cerita pas lebaran ketemu sama keluarga besar, ketemu juga sama teman      SMA. Pokoknya sih, banyak cerita menarik yang rasanya sayang banget kalau enggak diceritain.

Libur Lebaran Yang Hampir Mefet

Libur lebaran tahun ini itu mefet banget, bahkan bisa dibilang selama puasa enggak ada liburnya. Secara nih, ramadan tahun ini itu bersamaan sama PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru). Sebagai tenaga pendidik di sekolah swasta yang kebetulan juga tahun ini siswa barunya menurun 50%, ramadan saya dan rekan-rekan masih siuk ngantor.

Narsis sewaktu PPDB
Narsis sewaktu PPDB

H-3 sayanya baru libur. Hari terakhir masih mengerjakan laporan keuangan yang harus disetorkan ke pengurus Yayasan Cabang.

Libur lebaran yang mefet itu bikin jengkel ataupun galau sih iya. Secara, rumah belum beres, barang-barang persiapan lebaran belum kompilt, mana belum packing mau mudik ke tempat suami, pokoknya saya sedikit stress akibat libur lebaran yang mefet ini.

IMG_20160702_083049

Dan saya yakin, itupun enggak Cuma melanda saya. Rekan-rekan saya juga mengalami stress gegara libur lebaran yang mefet. Banyak yang mengeluh soal rumah yang belum beres sampai ada yang belum punya waktu buat beliin baju lebaran anak.

Soal THR?

THR-an sih lumayan, dapatlah buat beli baju lebaran buat anak. Kebetulan THR-annya itu barengan sama gajian. Makin mantapslah saya, hehehe.

Etapi jangan ditanya, berapa gaji plus THR saya. Sebagai seorang wiyata bhakti di sekolah swasta, bisa dibayangkan sendiri, berapa gaji saya, hehehe.

Akhirnya Mudik Juga

Tadi pagi masih ngantor, pulang langsung packing dan sore langsung mudik. Mungkin bisa dibilang lebay ya kalau saya bilang mudik, secara rumah saya dan suami itu masih satu kabupaten dengan waktu tempuh 30 menit, hehehe. Etapi jangan salah, barang bawaan saya itu plek banget loh sama yang mudik-mudik ke luar kota. Mulai dari pakaian saya, pakaian suami, pakaian anak, alat mandi, make up, sampai dengan selimut dan mainan saya bawa loh. Tahun kemarin malah bawa stroller juga.

Perasaan sudah bisa menikmati liburan pastinya senang sekali. Apalagi saya mudik, terus cap cus nyolo (ke Solo) bareng keluarga besar suami. Buat apa lagi kalau enggak shopping? LOL. Yups, sayanya shopping sama adik saya tapi Arjunanya beli mobil aki sama kakek dan neneknya.

AWRjuna dan Mobil barunya
Arjuna dan Mobil barunya

Dan kebahagiaan semakin bertambah itu ketika saya bisa buka bersama bareng mertua dan ipar. Duh, jarang banget kami bisa ngumpul kayak gini.

IMG_20160703_215831 IMG_20160703_220537


Lebaran di Tempat Suami


Sholat Idul Fitri

Kali kedua Arjuna ikut sholat Idul Fitri tapi emaknya enggak sholat. Kebetulan tamunya juga lagi datang. Saya memang mengajak Arjuna ikut sholat Ied, Cuma Arjunanya belum ‘ngeh’ ikut sholat seperti ikut taraweh. Mungkin karena suasana sholat Ied yang di lapangan dan banyak orang jualan mainan. Jadi Arjuna lebih fokus ke yang jualan mainan.

Etapi saya  senang plus bangga sih, secara kalau mendengar takbir, Arjuna ikut-ikutan. Iya, Allah Akbar gitu, meskipun mengucapkannya belum sepenuhnya benar. Hehehe.

Lebaran Hari Pertama

Lebaran hari pertama sehabis sholat Ied, sudah menjadi tradisi kalau kami berkumpul di rumah embah yang dari bapak mertua saya. Tradisinya, kami sarapan bareng, terus sungkeman dan dilanjut bagi-bagi angpou.

Di sini Arjuna yang paling heboh. Apalagi dapat balon yang bisa terbang itu, duh semua diabaikan. Dan senangnya, Arjuna bisa berkumpul sama sepupu-sepupunya. Anak kecilnya Cuma Arjuna, Mas Satria, Mbak Ori dan Mas Uya. Tapi tahu sendiri, Arjuna yang paling heboh.

Setelah dari embah, dilanjut ke tempat pakdhe (kakaknya ibu mertua). Nah, di sini Arjuna mulai heboh lagi. Sama Embak Sepupu yang enggak pernah ketemu, dia maunya ngikut terus, minta gendong terus. Dia manggilnya Mbak e (panggilan kesayangan Arjuna ke adik saya). Terus, di sini Arjuna juga suka caper-caper, kepo liat isi kulkas dan pokoknya usil.

Setelah dari sini kami pulang, sebelum akhirnya saya kembali ke rumah saya dan silahturahmi ke tempat saudara-saudara Babe. Teuteup ya, Arjuna paling heboh.

Lebaran di Ampel
Lebaran di Ampel

Di tempat budhe dan tante saya, Arjuna ketemu sama sepupu-sepupu jauh yang Alhamdulillah mudik. Seneng banget ya bisa ngumpul bersama keluarga besar dengan penuh kedamaian.

Arjuna bersama Dek Navisa dan Dek Najwa
Arjuna bersama Dek Navisa dan Dek Najwa

Lebaran Hari Kedua

Lebaran hari kedua, start di mulai dari rumah Ampel, kebetulan ibu mertua punya kakak di Ampel, alhasil dari Ampel kami nyusul ke tempat budhe Ampel (begitulah panggilannya). Setelah itu, mertua serta ipar ke tempat saya. Dan di sini tuh, kembali ngumpul bareng. Kebetulan, adakeluarga  pakdhe dari ibu saya dan ada keluarga pakdhe dari babe saya. Rumahpun rame bukan main.

IMG_20160707_214108

Etapi akhirnya saya, suami, mertua, ipar dan adik saya kembali melanjutkan silahturahmi. Kami ke pakdhe yang di Boyolali kota (kakaknya ibu mertua). Di sana ketemu pasukan juga, saudara-saudara ibu mertua. Jadi ruame banget. Dan Arjuna juga ketemu Kak Atha, sepupu dari Bojonegoro.

IMG_20160707_213800

Sehabis itu, saya, suami dan adik saya ke tempat Uyud di Winong (orang tuanya ibu saya). Sekalian ke tempat pakdhe dan paklik juga. Dan di sini drama kesedihan itu dimulai. Ini kali pertama lebaran tanpa akung uyud. Baru 100 hari Beliau meninggalkan kami dan kehilangan itupun sungguh berasa.

Beneran berasa banget, sepi. Tamu yang bersilaturahmipun juga berkurang. Saya enggak tega pas mau pulang, uyud uti tinggal sendirian. Berbagai macam pikiran parnopun datang.

IMG_20160707_214446

Dan setelah dari rumah uyud uti, kami kembali pulang ke Ampel. Etapi sehabis Magrib ada undangan reuni SMA di alun-alun Boyolali. Tak mau melewatkannya, sayapun datang.

Wow, Ikut Reunian Teman SMA-nya Mamah

Berawal dari grup BBM, sering banget ngerencanain reunian tapi gagal melulu. Hingga tiba-tiba saat silahturahmi ada undangan mendadak, selepas magrib ngumpul di alun-alun kabupaten. Langsung iyain, anak sudah gedhe dan suami mau nganter.

IMG_20160708_102941

Setelah 8 tahun berlalu, akhirny ngumpul bareng meski hanya segelintir. Biasa dong kalau temen lama pada ngumpul, pembahasannya itu pasti ngobrolin si A, B, C yang nggak ikut ngumpul. Kalau enggak ya saling meledek, atau saling nginggetin tentang masa lalu gitu.

Ngumpul bareng teman kali ini ada yang sudah pada gendong anak (termasuk saya), ada pula yang keluarga hancur lebur sampai ada yang masih melajang. Ah, nasib orang memang beda-beda ya.

IMG_20160708_103447

Dan yang paling berkesan sih, saya bawa Arjuna dan ngenalinnya ke teman-teman. Arjuna juga enggak takut tuh, bahkan pede ajah ikut om-om foto bareng.

Lebaran Hari Ketiga

Pulang dari reunian kan pulang ke rumah Mojosongo, secara dari alun-alun Boyolali ke Mojosongo lebih dekat daripada ke Ampel. Etapi, keesokan harinya harus kembali ke Ampel setelah silahturahmi ke rumah pakdhe dan bulik sebelah rumah.

IMG_20160709_130018

Yups, di Ampel banyak banget sanak saudara serta tetangga yang belum dikunjung. Alhasil, lebaran hari ketiga dan keempat kami habiskan untuk mengunjungi sanak saudara di Ampel sebelum akhirnya kami menghabiskan libur lebaran di rumah suami.

Bolak-balik  Ampel~Mojosongo

Untung ya rumah saya dan suami itu Cuma satu kabupaten, setengah jam perjalanan dan enggak jauh-jauh banget. Jadi kami bisa bolak-balik setiap hari sampai akhirnya tuntas silahturahmi di keluarga besar  saya dan barulah menetap di rumah suami sampai liburan tuntas.

Alhamdulillah juga sih Arjuna anaknya kuat, diajak bolak-balik mau naik mobil mau naik motor mah anaknya hayuk ajah. Hehehehe.

Kumpul Keluarga Besar

Kumpul keluarga besar itu moment langka, tapi Alhamdullilah sih lebaran ini bisa ngumpul. Entah keluarga besar saya entah keluarga besar suami.

Seneng pake banget ya kalau keluarga besar ngumpul, terus anak-anak saling dikenalin biar silahturahmi tetap terjaga dan anak-anak juga jadi tahu silsilah keluarga. Dan Alhamdulillahnya itu keluarga besar saya dan keluarga besar suami itu welcome banget, asyik, ya kalaupun ada segelintir yang enggak bikin like itu cukup diabaikan. Saya mah gitu orangnya, fokus sama yang asyik-asyik saja. *eh kok malah curhat?

IMG_20160709_224652

Dan jujur sih saya berharap banget setiap tahun bisa ngumpul sama keluarga besar gitu. Apalagi sekarang kan saya udah nikah, keluarga makin hari makin banyak. Ada keluarga besar dari babe saya, dari mama saya, dari bapak mertua dan dari ibu mertua. Next, punya harapan kalau ada rejeki bisa ngumpulin mereka semua gitu. Ya, doain ajalah.

Etapi untuk sekarang, yang penting ngenalin Arjuna ke keluarga besar.  Intinya sih, lebaran kali ini seru dan menyenangkan. Bisa ngumpul bareng keluarga besar. I like it.

IMG_20160711_100957

Setelah Liburan Habis

Libur lebaran saya sih Alhamdullilah sedikit lama. Secara kan saya masuk kerjanya bersamaan dengan anak-anak sekolah. Eh bukan, tanggal 16 Juli sudah masuk untuk rapat pembagian tugas dan dilanjut halal bi halal di tempat salah satu rekan kerja.

IMG_20160717_184231

Senangnya, halal bi halal kali ini bisa ajak anak dan suami. Soalnya halal bi halal tahun lalu saya enggak ikutan dikarenakan bersamaan dengan halal bi halal di tempat kerja suami. Mau enggak mau saya ngalah, saya ikutan halal bi halal di tempat kerja suami.

IMG_20160716_182513

Tahu enggak sih, liburan habis dan saya harus kembali ke Ampel (rumah saya), rasanya itu gimana gitu. Maklum, saya belum bisa move on dari liburan. Soalnya kalau liburan itu bisa bareng anak terus, ngeblog juga punya banyak waktu dan jalan-jalan terus. Hiks. Tapi setelah liburan habis dan kembali ke rutinitas?

Tugas sudah menanti di depan mata. Dan mau enggak mau harus segera move on dari liburan nih. Hehe. LOL.

IMG_20160718_102630

IMG_20160718_115302

Nah teman-teman, itu cerita lebaran saya. Dari mudik yang mefet hari H, THR yang enggak seberapa sampai acara silahturahmi saya ke sana kemari. Hehehe….

Kalau cerita lebaran teman-teman bagaimana? Bagi ceritanya dong….

“Tulisan ini diikutsertakan blog competition dari www.diaryhijaber.com dengan tema CERIA (Cerita Lebaran Asyik)”

Dan Diary Hijaber akan mengadakan event Hari Hijaber Nasional  :

  • Nama Acara: Hari Hijaber Nasional,
  • Tanggal: 07 Agustus 2016 – 08 Agustus 2016
  • Tempat: Masjid Agung Sunda Kelapa,  Menteng, Jakarta Pusat

 

WhatsApp-Image-20160721

Witri Prasetyo AjiCompetitionDiaryCERITA MAHMUD : DARI MUDIK SAMPAI ARUS BALIK   CERITA MAHMUD : DARI MUDIK SAMPAI ARUS BALIK. Hay, apa kabar semuanya, mohon maaf lahir dan batin yak (memangnya masih lebaran?) Kan masih syawal, enggak apa-apa kan ya? Bicara soal lebaran yang sudah lewat, so pasti banyak banget kan cerita lebaran yang pastinya...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments