HARDIKNAS, KELULUSAN DAN KONVOI

 

HARDIKNAS, KELULUSAN DAN KONVOI. Setiap tanggal 2 Mei pasti diperingati sebagai hari pendidikan nasional atau kerap kita sebut Hardiknas. Untuk tahun 2017 ini, kebetulan tanggal 2 Mei adalah hari pertama Ujian Nasional bagi anak SMP/MTs dan di tanggal 2 Mei juga ada pengumuman kelulusan untuk anak-anak SMA/SMK.

 

Nah, ngomongin tanggal 2 Mei, setiap Hardiknas biasanya ada kegiatan apa? Kalau di tempat saya sich biasanya Cuma ada upacara bendera doang. Enggak ada acara meriah seperti hari Kartini kemarin. Apalagi tahun ini, Hardiknas bebarengan dengan Ujian Nasional.

 

Baca : Peringatan Hari Kartini di SMP Islam Sudirman Ampel

 

Kembali, bicara soal Hardiknas, kelulusan dan konvoi, yah? Kalau kelulusan dan konvoi itu mah sudah lagu lama, sudah ada sedari zaman baheula. Bahkan saya dulu sempat ikut-ikutan konvoi kakak tingkat pas kelulusan. Eh, pas saya lulus malah kagak ikutan. Sengaja enggak ikut, buat saya mah norak ajah… hahaha (pas sudah lulus).

Ngikut konvoi gitu emang seru sich. Kayak ada kepuasan tersendiri. Waktu dulu mah mikirnya seneng, anak gaul gitu loh. wkakakakak… Etapi sekarang, saya mikirnya malah gini : aku kok dulu bisa kayak gitu, yah? Apa faedahnya? Apa manfaatnya?

 

Etapi, konvoi yang aku ikutin dulu itu konvoi yang tertib, yah? Cuma ngikut naik motor tanpa arah dan tujuan. Enggak semprat-semprot pilok juga, apalagi tawuran. Yah gimana mau disemprat-semprot bajunya, wong dari sekolah sudah didekte supaya bajunya disumbangin gitu.

 

Kalau tahun ini, sebenarnya saya merasa miris ajah, pas Hardiknas ada pengumuman kelulusan, dan di hari pendidikan nasional ini saya dengar kabar anak-anak yang pada lulus pada konvoi, pada tawuran hingga makan korban. Di situ saya merasa sedih.

 

Saya jadi ingat, kisah tetangga saya yang meninggal pas kelulusan. Jadi, pas kelulusan gitu ikutan konvoi, terus kecelakaan dan meninggal. Duh… itu seperti sebuah tamparan, konvoi itu memang enggak ada faedahnya sama sekali.

 

Saya mikir, pas Hardiknas, anak-anak pada konvoi dan membuat keributan kayak anak enggak tahu aturan, kok yaaa bisa? Buat apa sich mereka sekolah dari TK, SD, SMP dan sekarang lulus SMA? Sedih loh dengernya, apalagi pas saya dapat gambar anak-anak bersimbah darah di WA gegara konvoi dan tawuran. Ngeri aja… di hari pendidikan tapi kok anak-anak malah berperilaku kayak orang enggak berpendidikan.

Dan saya setuju banget, pas salah satu teman #BloggerSolo ada yang merayakan kelulusannya dengan kegiatan positif. Mas Ade namanya, salah satu blogger muda dari Solo yang merayakan kelulusan dengan membagikan makanan dan minuman di area Pasar Kartasura. Buat saya, rasa syukur yang kayak gini tuh wajib dilestarikan dan semoga bisa jadi inspirasi buat anak-anak kelak. Syukuran atas kelulusan itu bukan dengan konvoi, main semprat-semprot, corat-coret apalagi bikin keributan. Itu enggak banget, malah nunjukin kalau kita itu kagak berpendidikan.

 

 

Kegiatan membagikan makanan dan minuman ke orang-orang yang lebih membutuhkan seperti tukang parkir, tukang becak, dan lain sebagainya. Kegiatan ini merupakan wujud kebahagiaan atas kelulusannya dan wujud rasa syukur pada Tuhan. Kegiatannya dimulai dari pukul 16.30 WIB sampai magrib.

Oh ya, Mas Ade ini adalah salah satu siswa lulusan SMA N 1 Kartasura. Menurut saya pribadi, dia bersama teman-temannya bisa jadi inspirasi anak-anak masa kini. Memberikan pelajaran bagi kita, kemenangan (kelulusan) enggak selalu identik dengan foya-foya macam konvoi. Tapi merayakan kelulusan dengan berbagi itu justeru merayakan kelulusan yang sebenarnya.

Harapan saya sebagai tenaga pendidik, kelak anak-anak bisa bersikap lebih dewasa. Tahulah mana yang berfaedah apa enggak. Jangan sampai, sekolah bertahun-tahun tapi enggak ada attitudenya.

 

Wokey anak-anakku yang lulus SMA, saya ucapkan selamat yah? Buat anak-anakku yang duduk di bangku SMP, selamat menjalani UN… Sukses selalu…

 

Gambar by Ade Putra
Witri Prasetyo AjiSMPISSUDAMPELHARDIKNAS, KELULUSAN DAN KONVOI   HARDIKNAS, KELULUSAN DAN KONVOI. Setiap tanggal 2 Mei pasti diperingati sebagai hari pendidikan nasional atau kerap kita sebut Hardiknas. Untuk tahun 2017 ini, kebetulan tanggal 2 Mei adalah hari pertama Ujian Nasional bagi anak SMP/MTs dan di tanggal 2 Mei juga ada pengumuman kelulusan untuk anak-anak...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments