TIPS MUDIK LEBARAN DENGAN PESAWAT

 

[S.p]

TIPS MUDIK LEBARAN DENGAN PESAWAT. Selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman (bagi yang menjalankan). Nah, enggak terasa yah, kita sudah memasuki hari yang ke 18 berpuasa. Itu tandanya, lebaran semakin dekat dan mereka yang merantau nan jauh di sana siap-siap mudik ke kampung halaman.

Bicara soal mudik, kita bisa mudik lewat jaur darat (kendaraan pribadi, bus ataupun kereta) ataupun jalur udara (pesawat). Tapi kali ini saya mau membahas soal tips mudik lebaran lewat jalur udara alias dengan pesawat.

 

Kenapa mudik lewat jalur udara?

Menurut saya pribadi, mudik lewat jalur udara itu aman dan nyaman. Aman karena tidak rentan kecelakaan seperti mudik lewat jalur darat. Yah, mungkin ada beberapa orang yang tsayat dengan ketinggian atau ngeri membayangkan tragedi kecelakaan pesawat yang pernah terjadi. Akan tetapi, kecelakaan pesawat terjadi karena pilot atau mesin pesawat itu sendiri. Berbeda ceritanya dengan mudik lewat darat, terkadang kita sudah berhati-hati, tetapi orang lain tidak berhati-hati sehingga terjadilah kecelakaan. Dan kalau saya pikir-pikir, mudik lewat jalur darat lebih rentan kecelakaan. Apalagi melihat kondisi saat ini, orang-orang pada tidak sabar ingin segera pulang ke kampung halaman, alhasil mereka mengemudikan kendaraan dengan ngebut dan sesuka hati.

 

Selain itu, mudik lebaran dengan pesawat juga cepat dan anti macet. Cepat ini lebih berhemat waktu, kita akan lebih lama menikmati liburan bersama keluarga di kampung halaman. Sementara soal macet? Pernahkah teman-teman mendengar ada pesawat yang macet? Hehehe…

 

Manfaat lain yang saya dapatkan saat mudik dengan pesawat adalah tidak uyel-uyelan dengan penumpang lainnya, sudah pasti kita dapat tempat duduk dan tentunya di dalam pesawat kita aman dari bahaya yang namanya copet.

 

Disadari atau tidak, di saat musim mudik seperti ini kejahatanpun semakin merajalela. Keselamatan saat mudi perlu kita jaga. Bukan hanya keselamatan dalam berkendara saja, tapi keselamatan jiwa kita tetap menjadi yang utama.

 

Sudah tahu beberapa manfaat atau keuntungan mudik lebaran dengan pesawat, dan sekarang saya mau berbagi tips mudik lebaran dengan pesawat. Bagaimana sih agar mudik selamat, aman dan nyaman menggunakan transportasi udara?

 

  1. Untuk mengantisipasi kehabisan tiket, belilah tiket jauh-jauh hari. Serta, pastikan teman-teman akan berangkat dari bandara mana. Jadi, tiket dan bandara keberangkatan harus sudah jelas.
  2. Mengetahui terminal keberangkatan. Jadi, di bandara itu ada beberapa terminal, pastikan teman-teman sudah mengetahui terminal keberangkatan maskapai penerbangan yang teman-teman gunakan. Jangan sampai yah ada adegan ketinggalan pesawat. Itu enggak banget, ribet mengurusnya dan justeru menunda waktu mudik. Mertua saya pernah mengalaminya.
  3. Tiba di bandara lebih awal serta siapkan hal-hal penting seperti : tiket, boarding pass, serta tanda pengenal di tempat yang memang mudah untuk dijangkau atau di ambil. Hal ini untuk mempersingkat masalah pengecekan.
  4. Periksa barang bawaan. Jangan sampai ada adegan ada oleh-oleh yang ketinggalan di rumah ya teman-teman. Meskipun dari rumah sudah dicek, di bandarapun perlu melakukan pengecekan ulang.
  5. Packing bagasi yang benar. Biasanya, berat bagasi tiap penumpang itu terbatas (15-20 kg). Jadi, kita tidak bisa membawa barang bawaan sebanyak-banyaknya. Untuk menghindari biaya kelebihan bagasi, ada baiknya loh kita packing bagasi dengan benar.
  6. Simpan resi di bagasi. Menyimpang resi dengan baik itu penting sekali. Hal ini untuk mengantispasi ketikakoper kita ampai tertukar atau tertinggal. Karena masa mudik seperti saat ini, bandara akan padat, jadi kemungkinan tertukar atau tertinggal akan semakin tinggi.
  7. Siapkan tiket dan check-in online. Untuk menghemat waktu, teman-teman bisa check-in online terlebih dahulu melalui website maskapai yang teman-teman gunakan untuk mudik. Jika tidak membawa bagasi, teman-teman bisa langsung masuk ke ruang tunggu tanpa harus sibuk antri check-in. Jika teman-teman membawa bagasi, teman-teman masih harus antri di konter check in untuk meletakkan bagasi, namun jika sudah check in online maka prosesnya akan lebih cepat.
  8. Bawa power bank. Setelah melewati semua prosedur di bandara, teman-teman akan masuk ke ruang tunggu untuk menunggu giliran keberangkatan melalui gate yang telah ditentukan. Agar tidak bosan, teman-teman bisa menggunakan smartphone untuk browsing, main game atau menelepon keluarga di rumah mengabarkan kapan teman-teman akan tiba. Meski di bandara biasanya ada tempat untuk charge hp gratis, namun ada baiknya bawa power bank sendiri agar kamu tidak bingung ketika baterai smartphone kamu habis sebelum terbang.

8 tips itu bisa teman-teman terapkan disaat mudik lebaran dengan pesawat. Lantas, bagaimana kalau mudik lebaran dengan pesawat dan mengajak bayi atau balita? Adakah tips khususnya?

 

Yang namanya mudik saja sudah ribet, apalagi mudik membawa bayi atau balita? Sudah dipastikan kalau ribetnya menjadi double yah teman-teman? Etapi jangan khawatir, karena saya juga akan bagi-bagi tips mudik lebaran dengan pesawat mengajak bayi atau balita.

 

  1. Kalau bisa mencari penerbangan yang tidak akan mengganggu kebiasaan rutin bayi/balita teman-teman. Penerbangan malam baik untuk perjalanan lama dan bepergian yang berat.
  2. Memberi penjelasan pada saat booking tiket sehingga dapat tiket infant.
  3. Meminta tempat duduk yang agak lebar jika diperlukan. Biasanya seat yang paling depan mempunyai space yang longgar.
  4. Mempersiapkan dalam menghadapi keterlambatan. Siapkan makanan/minuman ekstra atau makanan ringan yang bisa dibawa.
  5. Menghindari obat penenang- karena dapat mempunyai efek kebalikan. Minuman ringan/teh sebagai alternatip yang baik.
  6. Membawa mainan kecil agar tetap tenang saat duduk.
  7. Meminta untuk dipindah ke suatu baris cadangan tempat duduk jika penerbangan tidak penuh.
  8. Memberi makan bayi (diberi susu) pada saat take off atau landing dan untuk kenyamanan dipakaikan kapas untuk menutup telinga.

 

Itu adalah beberapa tips mudik lebaran dengan pesawat agar mudik aman dan nyaman sehingga selamat sampai tujuan. Oh ya, tulisan ini saya buat sebagai sebagai bentuk kepedulian saya sebagai #SobatAviasi. Sobat Aviasi adalah komunitas yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.  Selamat bermudik ria yang teman-teman?

 

 

 

Ref :

https://www.piknikdong.com/ini-dia-4-tips-mudik-nyaman-dengan-menggunakan-pesawat.html
http://blog.pergi.com/7-tips-nyaman-mudik-naik-pesawat/
https://www.facebook.com/notes/citilink/tips-mudik-menggunakan-pesawat-dengan-anak-dan-bayi/10150275871852798/

 

Witri Prasetyo AjiInformationTIPS MUDIK LEBARAN DENGAN PESAWAT   TIPS MUDIK LEBARAN DENGAN PESAWAT. Selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman (bagi yang menjalankan). Nah, enggak terasa yah, kita sudah memasuki hari yang ke 18 berpuasa. Itu tandanya, lebaran semakin dekat dan mereka yang merantau nan jauh di sana siap-siap mudik ke kampung halaman. Bicara soal...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments