Tempat Keragaman Wisata Indonesia di Taman Nusa Bali

sumber:taman-nusa.com

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia, Bali pastinya punya banyak ragam cerita. Cerita-cerita ini tertuang dalam setiap tempat wisata yang beragam mulai dari pantai, hutan, hingga gunung. Namun, jika berbicara tempat wisata di Bali yang menawarkan ilmu pengetahuan, para wisatawan bisa memilih perjalanan ke Gianyar. Di tempat ini terdapat sebuah Taman yang diberi nama Taman Nusa.

Taman ini sendiri merupakan perpaduan pedukasi dan juga menghadirkan berbagai macam sumber informasi yang terkait dengan keanekaragamam budaya Indonesia plus kecantikan alam Bali. Sekilas taman ini terlihat seperti Taman Mini Indonesia Indah yang menggambarkan keindahan budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Namun, ada yang membedakan antara Taman Nusa dengan Taman Mini Indonesia Indah. Nah, bagi yang belum pernah berada di tempat wisata di Bali, berikut beberapa bocoran dari keunikan Taman Nusa.

  1. Keaslian Rumah-rumah Adat

sumber:taman-nusa.com

Jika wisatawan pernah berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah pastinya pernah melihat tampilan rumah-rumah adat dalam bentuk mini. Nah, di Taman Nusa pun bisa ditemukan rumah-rumah adat ini. Bedanya, rumah adat yang terdapat di Taman Nusa beberapa diantaranya adalah rumah adat asli yang langsung dibawa dari beberapa daerah asalnya. Jangan heran saat berkunjung ke tempat wisata unik ini, karena kamu akan menemukan beberapa rumah adat yang sudah berusia ratusan tahun.

  1. Melihat lebih dekat aktifitas masyarakat dari seluruh Nusantara

sumber:taman-nusa.com

Selain rumah adat yang beberapa diantaranya masih sangat asli, wisatawan juga bisa bertemu langsung dengan penduduk asli dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya? Inilah keseruan di Taman Nusa. Wisatawan bisa melihat langsung penduduk asli dari berbagai daerah di Indonesia melakukan aktivitas yang menggambarkan ciri khas daerah tersebut. Misalnya wisatawan akan menemukan beberapa penduduk asli yang sedang menari, membuat batik, membuat wayang hingga menenun. Seru kan?

  1. Melihat simbol persatuan di Indonesia

sumber:taman-nusa.com

Di masa kecil selama sekolah dahulu pastinya beberapa dari kita pernah belajar tentang bagaimana membangun persatuan dan kesatuan. Sebagai simbol, satu batang lidi bisa dipatahkan dengan mudah. Namun, jika digabungkan menjadi satu beberapa batang lidi tersebut, sulit untuk dipatahkan. Nah, simbol persatuan dan kesatuan ini bisa ditemukan oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Nusa. Di taman ini wisatawan akan menemukan sebuah bangunan berbentuk sapu lidi yang mewakili lambang persatuan. Di sisi depannya tertulis “Indonesia di Masa Depan.” Di dalam bangunan ini disediakan beberapa museum yang melambangkan keindahan Indonesia seperti museum kain, etnografi hingga ruang pameran untuk para seniman menggambarkan keindahan Indonesia.

  1. Indonesia Masa Kini

Terakhir, pengunjung bisa melihat Indonesia “jaman now” dengan menggunakan diorama miniatur kereta api. Serunya lagi, diorama ini dibuat dengan menyatukan keindahan Gianyar yang tenang. Semua diorama Indonesia masa kini menceritakan tentang bagaimana sisi laiin di masa modern saat ini. Semua perangkat yang menggerakkan kereta api dilakukan dengan menggunakan sistem komputerisasi.

Bagaimana cara menuju tempat ini? Jika wisatawan ingin berkunjung ke Taman Nusa di Gianyar Bali, bisa menggunakan beberapa transportasi seperti taksi daring atau menyewa kendaraan jika ingin menikmati Bali lebih lama. Alamat lengkap Taman Nusa berada di Jalan Taman Bali, Br. Blahpane Kelod, Desa Sidan, Sidan, Gianyar, Bali.

Witri Prasetyo AjiHangoutTempat Keragaman Wisata Indonesia di Taman Nusa Bali sumber:taman-nusa.com Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia, Bali pastinya punya banyak ragam cerita. Cerita-cerita ini tertuang dalam setiap tempat wisata yang beragam mulai dari pantai, hutan, hingga gunung. Namun, jika berbicara tempat wisata di Bali yang menawarkan ilmu pengetahuan, para wisatawan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments