Letak Duduk di Meja Meeting Menentukan Peran Anda Saat Meeting (Part 1)

Yang namanya kerja ngantor, meeting itu seolah sudah menjadi kegiatan rutin bulanan. Apalagi kalau ngantor di perusahaan yang lumayan besar. Berbeda dengan saya yang ngantor di lembaga pendidikan, meeting atau rapat sih bukan kegiatan bulanan dan hanya di waktu tertentu saja.

Disaat meeting, kita tentu duduk bersama dengan peserta lain dan saling menyampaikan gagasan untuk mencapai suatu kesepakatan. Di dalam ruang rapat biasanya kita menduduki sebuah kursi yang berdekatan dengan satu sama lain. Namun, tahukah Anda bahwa posisi duduk Anda ketika meeting berpengaruh terhadap peran Anda ketika rapat? Artikel berikut akan mengulas seputar posisi duduk berdasarkan meja meeting jika dilihat dari segi psikologisnya.

Pada meja meeting dengan bentuk persegi panjang, dimana dapat memuat hingga puluhan peserta meeting, posisi duduk Anda menentukan peran Anda ketika meeting berlangsung. Sebagai ilustrasi, lihat gambar berikut :

Ketika Anda duduk di posisi B5a maka secara tidak langsung Anda dapat dikatakan sebagai pemimpin dalam meeting tersebut. Hal tersebut dikarenakan, di posisi tersebut Anda memiliki visual yang mengarah ke seluruh peserta meeting dan seluruh peserta meeting pun dapat tertuju ke Anda, maka secara psikologis Anda dapat dikatakan sebagai pemimpin meeting atau orang dengan jabatan tertinggi saat meeting. Selain itu, di posisi B5a, Anda juga dapat dikatakan sebagai orang yang mengontrol meeting tersebut. Semisal, ketika meeting berlangsung deadlock maka Anda, yang duduk di posisi B5a, adalah kunci untuk mencairkan suasana meeting. Anda juga dapat berperan sebagai orang yang mengintimidasi dalam meeting atau dapat dikatakan suara Anda ketika meeting akan menjadi pertimbangan betul bagi para peserta rapat yang lainnya.

Sementara itu, ketika Anda berada di posisi duduk B5b maka dapat dikatakan Anda merupakan bagian dari tim yang terlibat dalam rapat tersebut. Selain itu, Anda yang duduk di posisi B5b juga dapat dikatakan sebagai orang yang mudah untuk didekati atau dapat dikatakan sebagai perwakilan dari tim saat rapat berlangsung. Hal tersebut dikarenakan posisi Anda yang strategis berada ditengah-tengah posisi duduk peserta meeting lainnya.

Jika Anda duduk pada posisi B1 maka secara tidak langsung Anda merupakan asisten dari orang yang berada di posisi B5a atau dapat dikatakan pula Anda merupakan peserta rapat biasa seperti yang lainnya.

Wow, ternyata posisi kursi kita saat meeting itu penting sekali yaa? Yang sering meeting, bagaimana pengalaman kalian? Bagi ceritanya yuk…

Witri Prasetyo AjiInformationLetak Duduk di Meja Meeting Menentukan Peran Anda Saat Meeting (Part 1) Yang namanya kerja ngantor, meeting itu seolah sudah menjadi kegiatan rutin bulanan. Apalagi kalau ngantor di perusahaan yang lumayan besar. Berbeda dengan saya yang ngantor di lembaga pendidikan, meeting atau rapat sih bukan kegiatan bulanan dan hanya di...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments