PERINGATAN HARI GURU DI SMP ISSUD AMPEL

 

PERINGATAN HARI GURU DI SMP ISSUD AMPEL. Setiap tanggal 25 November selalu diperingati sebagai hari guru. Setiap sekolah mempunyai tradisi sendiri-sendiri untuk memperingati hari guru. Termasuk di sekolah tempat saya mengabdi, SMP Islam Sudirman Ampel.

Baca : Terjerumus Ke Dunia Pendidikan

Kalau tahun lalu, peringatan hari guru diperingati dengan pemberian bunga dari para murid ke guru yang difavoritkan. Duh, jadi inget semasa SMA, SMA saya juga gitu…hehehe… Etapi, guru yang paling banyak dapat bunga sih rata-rata guru yang menjadi wali kelasnya, non wali kelas sih bunganya Cuma sedikit.

Sementara tahun ini, peringatan hari guru di SMP ISSUD berbeda dari tahun lalu. Kata Pak Rizal sih sudah enggak zaman, hari guru kok ngasih bunga? Malah disamain dengan orang melayat.*tepok jidat…

Makanya, hari guru tahun ini yang kebetulan jatuh pada hari Jum’at, diperingati dengan cara yang berbeda. Di bawah pimpinan Bapak Rizal dan anak-anak OSIS SMP ISSUD, peringatan hari guru diawali dengan jalan santai yang start ya di SMP ISSUD Ampel dan berakhir di Lapangan Gondang, Ampel. Di lapangan Gondang diadakan permainan kecil-kecilan yang sederhana tapi cukup seru.

Di tengah perjalanan dari sekolah ke lapangan, ada OSIS yang memberikan nomor undian kepada peserta. Selain sebagai bukti keikutsertaan acara, nomor undian nanti akan diacak dan siapa yang beruntung akan mendapatkan doorprize.

Di lapangan Gondang, para siswa dan guru membuat formasi melingkar. Sementara di tengah ada Pak Rizal dan anak-anak OSIS. Permainan yang pertama adalah kami semua menyanyikan sebuah lagu sembari saling saling memberikan bola. Dan siapa yang dapat bola, dia bakalan dihukum dan disuruh ke depan. Di depan akan ada pertanyaan kejujuran atau tantangan. Wuah… sesi ini lumayan seru.

Permainan kedua adalah tebak kata. Kali ini dimainkan oleh dua siswa. Yang satu memperagakan dan satunya menebaknya, kira-kira apa yang dimaksud, ya? Permainan ini sedikit mengingatkan saya pada pramuka masa SMA, eaaa…

Permainan ketiga juga dilakukan oleh dua siswa. Mata mereka ditutup lalu diputar-putar. Untuk siswa lelaki, disuruh mencari tangan siswa perempuan dalam keadaan mata tertutup. Pun sebaliknya. Dan sepertinya, ini adalah permainan yang paling heboh. Karena ada siswa yang merangkak-rangkak karena pusing. Ada pula yang teriak-teriak.

Setelah permainan ini, yang terakhir adalah sepak bola untuk siswa putri, sementara siswa putri pesta kebun bersama sembari sebagai supporter. Dan tidak lupa foto-foto bersama.

Sebagai penutupan, ada pembagian doorprize. Doorprizenya sih agak banyak, jadi hampir separuh siswa mendapatkan doorprize.

Dan karena hari Jum’at, acara pun harus segera diakhiri. Apalagi melihat cuaca panas dan siswa-siswi juga terlihat capek. Pukul 10 lebih  akhirnya acara usai, para siswa dan guru kembali ke sekolah. Tapi kali ini rutenya berbeda dengan rute keberangkatan tadi. Rute yang kami ambil adalah jalan pintas. Sudah seperti outbond, naik turun gunung lewati sungai-sungai… hehehe… LOL

Kesimpulannya, peringatan hari guru tahun ini meriah dan kami para siswa serta guru merasa refresh dengan kegiatan yang sederhana tapi menunjukkan kebersamaan. Next, semoga SMP ISSUD awda acara-acara semacam ini, sehingga sisw tidak bosan dengan rutinitasnya.

#SelamatHariGuru

#SalamGuruIndonesia

Witri Prasetyo AjiSMPISSUDAMPELPERINGATAN HARI GURU DI SMP ISSUD AMPEL   PERINGATAN HARI GURU DI SMP ISSUD AMPEL. Setiap tanggal 25 November selalu diperingati sebagai hari guru. Setiap sekolah mempunyai tradisi sendiri-sendiri untuk memperingati hari guru. Termasuk di sekolah tempat saya mengabdi, SMP Islam Sudirman Ampel. Baca : Terjerumus Ke Dunia Pendidikan Kalau tahun lalu, peringatan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments