AKU BUKAN GURU YANG JAIM (JAGA-IMAGE)… HAHAHA

 

Bingung mau kasih judul apa, soalnya ini postingan curhat. Sebenarnya mau aku posting kemarin sih pas Hardiknas, tapi apalah daya karena malas jadi pemenangnya… hohoho… #janganditiru

Kalau kemarin aku sempat bercerita soal kesibukan menjelang UNBK aka Ujian Nasional Berbasis Komputer, kali ini aku mau bercerita tentang saat-saat UNBK dan kegiatan pasca UNBK.

Baca : Tentang Kartini Zaman Now

UNBK tahun ini adalah UNBK pertama kali. Meskipun sudah 3 kali mengikuti simulasi, tapi hawa tegang UNBK itu sama sekali tidak bisa lepas. Mulai dari server pusat yang sempat trouble, sambungan internet mati, VM rusak dan bla… bla…

Meskipun terlihat tenang dan adem ayem, sejujurnya UNBK itu senam jantung. Apalagi pas mau login, nunggu token enggak rilis-rilis. Selama pengerjaan sih bisa rada tenang, kecuali pas VM rusak, terus pada log out sendiri. Jadi proktor, teknisi serta pengawas harus memberi pengertian pada siswa agar tenang. Padahal mah, sebenarnya kami juga panik. Terus pas akhir ujian, deg-degan lagi pas upload hasil ujian siswa. Berharap lancar dan tak ada masalah.

Aku yang sebenarnya ditunjuk jadi proktor, pas UNBK sih sedikit lebih santai lantaran masih numpang ke SMK sebelah. Proktor dan teknisnya guru-guru SMK. Tapi, 4 hari menunggu UNBK di sana, duh… saya psimis kalau tahun depan sekolah saya sudah UNBK mandiri dan saya kembali ditunjuk jadi proktor.

Tanggung jawabnya itu hlo… Apalagi kalau masalah datang menghampiri.

Tapi ya Alhamdulillah. UNBK sudah berakhir dan tinggal menunggu pengumuman kelulusan.

Dan kegiatan pasca UNBK adalah dolan bareng murid-murid.

Jadi, tanggal 30 April kemarin, sekolah saya pada dolan ke Jogja. Tujuannya masih sama kayak yang dulu, Pantai Drini dan Pantai Sepanjang. Cuman bedanya, zaman dulu mampirnya Jogja Street, kalau sekarang mampir Malioboro. Katanya sih ke Jogja kurang afdol kalau enggak mampir Malioboro.

Nah, pas happy-happy gini, kita orang bakal terlihat aslinya. Yups, apa yang bakal kita (guru) lakuin pas dolan sama murid? Pas di pantai, ikut nyebur apa cuman liatin dan ngawasin murid doang? Hmm… lihat pemandangan indah nan instagramable, ikutan selfie ala-ala apa cuman jadi photografernya? Dolan pakai baju bebas gini, kita pakai pakaian yang berwibawa atau pakai pakaian sesuai diri kita sendiri?

Kalau aku sih ya, iya saya… dari berpakain ajah kelihatan kalau aku jadi diri sendiri yang kebetulan aku pakai ripped jeans. Soal selfie, aku mana bisa tahan sih kecuali kalau mood lagi enggak bagus ya ogah berfoto. Terus, soal nyebur ke laut apa kagak, ya baru kali ini sih aku ikutan nyebur. Itupun gegara salah satu temen aku bilang gini : “Kalau mau merenung ya merenung ajah, aku sih mau happy-happy. Kamu duduk ajah di pinggir pantai, jagain nih tas sama sandal…”

Dia lalu ngejelasin, ada saatnya happy-happy, ada saatnya bekerja. Ada saatnya kita jadi guru, tapi ada saatnya kita jadi teman buat murid. Setelah kita capek menyiapkan UNBK sampai menunggu UNBK, apa iya mantai tapi cuman duduk di pinggir doang?




Jaga image sich enggak apa-apa. Tapi…

Akhirnya aku ikut nyebur saudara-saudara. Hahahah…

Ternyata, aku mana tahan sih bergaya jadi guru yang jaga image? Yang iyah nyebur main ombak sama murid-murid? Wong dalam perjalanan saja enggak malu karaokean. Hahaha… Tahun lalu malah ikutan joged-joged sama murid. Hahaha…

Mungkin yah, hal kayak gini itu enggak pantes yah.. tapi gimana? Inilah diri aku dan teman-teman (dekat) aku. Toh jadi diri sendiri gini, murid tetap ada kok yang menghormati kami. Yang penting kita enggak salah aturan, yekan? Enggak suka sama murid atau apalah-apalah. Kan ada tuh, guru yang jaga image tapi ternyata ada malah ada main sama murid. Hehe…

Baca : Berteman di Sosmed Sama Murid, Yay Or Nay?

Buat aku pribadi, meskipun kerja di dunia pendidikan, tidak ada salahnya kok jadi diri sendiri. Asal tahu tempatnya. Mulai dari fashion, ya aku sich masih suka ala-ala.

Selfie atau ngevlog ya enggak apa-apa sih. Aku kalau sekolah ada kegiatan mah sering banget tak abadikan gitu. Pernah sih dibilang lebay sama salah satu rekan kerja, tapi ya bodo amat. Untuk kegiatan yang happy-happy sih aku memang yay yah buat foto atau video. Tapi pas acara takjiah atau jenguk orang sakit, aku sih nay buat mengabadikannya.




Witri Prasetyo AjiDiarySMPISSUDAMPEL(adsbygoogle = window.adsbygoogle || ).push({}); Jaga image sich enggak apa-apa. Tapi... Akhirnya aku ikut nyebur saudara-saudara. Hahahah... Ternyata, aku mana tahan sih bergaya jadi guru yang jaga image? Yang iyah nyebur main ombak sama murid-murid? Wong dalam perjalanan saja enggak malu karaokean. Hahaha... Tahun lalu malah ikutan joged-joged sama murid. Hahaha... Mungkin yah,...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments