MUDAHNYA BERBELANJA BARANG ETNIK HANDMADE DI QLAPA

 

Pernah tidak, Gengs, lagi jalan terus bajunya atau tasnya, atau sepatunya kembaran sama orang? Saya sih pernah! Waktu itu lagi jalan ke mall bareng suami, pas di eskalator, tepat di depan muka saya tuh ada seorang cewek yang tasnya mirip plek duplek dengan tas yang saya bawa. #duh, seketika jadi tengsing. Apalagi pas diciye-ciyein suami.

“Mama yang biasanya apa-apa enggak mau ada yang ngembarin, tasnya kembaran nih? Ciye…”

Langsung deh, keluar dua tanduk. Suami jadi sasaran empuk. Saya tidak mau lagi pakai tuh tas dan minta ganti yang baru. Hehehe…

Kalau boleh jujur, sebenarnya saya ini tipekal orang yang maunya sih beli apa-apa tuh beda. Kembaran sih mau-mau ajah, tapi untuk event tertentulah dan dengan orang tertentu. Kalau lagi jalan-jalan terus apa yang saya kenakan kok ndilalah kembaran sama orang yang tidak dikenal, kok berasa apa yang saya pakai ini pasaran banget. hiks… hiks…

Makanya, untuk baju saya sih lebih suka beli bahan dan ke penjahit. Tapi untuk tas dan sepatu? Rasanya kok sulit, yah? Kalaupun ada tas atau sepatu yang diproduksi dikit, kebanyakan sih barang branded yang harganya selangit.

Solusinya?

Ya… bikin. Tapi bikin tas atau sepatu sendiri itu kan syulit, Gengs.

Hmm…

Makanya Gengs, kalau lagi piknik ke suatu tempat, saya pasti beli ‘sesuatu’ yang menunjukkan ciri khas tempat yang saya kunjungi itu. Seperti beli tas atau sepatu etnik.

Akan tetapi Gengs, saya itu kan jarang banget piknik ke daerah-daerah yang jauh. Jadi, koleksi barang-barang etnik saya tuh dikit banget. Masa iya sih, cuman mau berbelanja saja harus keluar pulau?

Hingga akhirnya, sesuai perkembangan teknologi, saya kenal dengan Qlapa.com.

Qlapa adalah situs jual beli online untuk produk unik dan handmade seperti kemeja batik, tenun, tas dan sepatu kulit, dompet, perhiasan, dekorasi rumah, dan produk buatan tangan lainnya.

Di Qlapa ini, Gengs, lengkap banget. Mulai dari fashion, kuliner, sampai dengan make up tuh ada semua. Dan yang jelas, fashionnya sih tidak hanya buat wanita saja, melainkan ada fashion buat laki-laki dan anak-anak. Secara yah Gengs, mencari produk etnik buat anak-anak itu lumayan syulit.

Buat saya yah, Gengs, kehadiran Qlapa ini seolah menjadi surga tersendiri buat saya. Kepengen beli barang-barang etnik dari berbagai daerah menjadi semakin mudah. Saya tak perlu mengunjungi daerah itu untuk mendapatkan ‘sesuatu’ yang khas darinya. Jadi, cukup dalam sebuah genggaman saja, saya bisa berbelanja barang-barang etnik buat saya dan orang-orang terdekat saya.

Oh ya, Gengs, pasti pada nanya kan, kenapa sih saya suka banget sama barang-barang etnik?

  1. Unik

Barang-barang etnik itu unik. Yang unik itu ‘berbeda’ dan tidak pasaran. Apalagi kalau hanya dibuat beberapa biji saja, saya jadi semakin suka.

  1. Indonesia banget

Yang etnik, yang menunjukkan keaslian daerahnya. Menurut saya, itu Indonesia banget. Membeli barang etnik buatan anak negeri adalah satu wujud kecintaan saya pada negeri ini. Mungkin sih terlihat lebay, tapi faktanya seperti itu.

  1. Handmade

Hand : tangan

Made : produksi

Handmade, sudah jelas kalau barang handmade adalah barang yang diproduksi dengan tangan. Yang diproduksi dengan tangan itu mengandung suatu kecintaan dari pembuatnya. Dan yang jelas sih dibuat tidak instan. Berbeda kalau buatan pabrik/mesin yang diproduksi banyak dan dalam jumlah yang besar.

  1. Awet

Produk etnik dan handmade, yang jelas sih lebih awet dari produk buatan pabrik. Saya bisa bilang begini karena saya punya tas dan sepatu handmade yang awetnya kebangetan.

Tas ransel yang kala itu saya beli online adalah tas ransel buatan anak Bandung. Sudah lumayan lama dan setiap hari saya bawa ke kantor membawa laptop. Etapi, awet dan jahitannya masih kuat.

Pun salah satu sepatu saya yang saya beli lewat online (juga). Sering saya cuci dengan air tapi lemnya juga masih kuat.

Kecintaan saya pada produk-produk etnik handmade terobati dengan kehadiran Qlapa. Saat ini, saya lagi naksir salah satu tas yang dijual di Qlapa. Tas rotan berbentuk bulat ini sukses menyihir saya. Menurut saya, tas rotan ini unik.

Akhirnya… sayapun membelinya di Qlapa. Berbelanja di Qlapa ini sangatlah mudah. Ada aplikasinya pula yang bisa saya download dan instal di smartphone saya. Setelah berhasil menginstalnya, langsung membuat akunnya. Membuat akun di Qlapa juga sangatlah mudah, kita bisa membuat akun cukup dengan mendaftar dengan akun facebook atau kalau tidak ya masukkan email, nama lengkap dan password.

 

Soal berbelanjapun juga mudah sekali. Kita tinggal memilih kategorinya atau masukkan kata kunci di kolom pencarian. Setelah itu akan tampil beberapa barang sesuai kata kunci yang kita cari. Kita bisa memilih dan mengklik barang yang sesuai dengan selera kita.

Setiap barang akan tertera nama tokonya, deskripsi barangnya mulai dari harga, bahan, ukuran, sampai ketersediaan stoknya. Wuish… lengkap banget, kan?

Setelah mendapatkan barang yang kita mau, langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke keranjang belanja. Lalu memasukkan nama dan alamat lengkap kita, dan kita akan diarahkan pada metode pembayarannya.

Metode pembayaran di Qlapa juga lumayan lengkap dan mudah. Kita bisa membayarnya melalui transfer, kartu kredit atau bisa juga melalui indomart.

Batas pembayarannya 24 jam. Jadi semisal kita pesan sekarang, pembayaran paling lambat besok di jam yang sama.

Berbelanja produk etnik handmade di Qlapa mudah sekali ya, Gengs? Sebenarnya bukan Cuma itu saja hlo keuntungan kita berbelanja di Qlapa, tapi masih ada keuntungan lainnya. antara lain :

  1. Beli langsung dari pembuatnya

Membeli langsung dari pembuatnya, tanpa peranta reseller. Itu artinya, kita mendapatkan harga yang paling rendah. Coba bayangkan, seandainya kita membeli barang dari reseller? Terkadang kita akan mendapatkan harga dua kali lipat dari harga yang langsung dari pembuatnya.

  1. Produknya lengkap dengan standar kualitas

Lengkap. Itu sudah saya jelaskan di atas. Dan yang jelas, produk-produknya dibuat dengan standar kualitas yang baik.

  1. Keamanan dan kenyaman transaksi

Berbelanja di Qlapa tidak hanya mudah dan banyak pilihan metode pembayarannya. Tapi juga nyaman dan aman.

Qlapa ini, Rumahnya Produk Handmade Indonesia. Berbelanja di Qlapa, mudah, aman, murah dan lengkap. Bagaimana, Gengs? Mau nyoba berbelanja di Qlapa tidak?

 

Witri Prasetyo AjiCompetitionMUDAHNYA BERBELANJA BARANG ETNIK HANDMADE DI QLAPA   Pernah tidak, Gengs, lagi jalan terus bajunya atau tasnya, atau sepatunya kembaran sama orang? Saya sih pernah! Waktu itu lagi jalan ke mall bareng suami, pas di eskalator, tepat di depan muka saya tuh ada seorang cewek yang tasnya mirip plek duplek dengan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments