Serba Serbi Timbangan Digital Yang Mesti Diketahui

Timbangan merupakan salah satu alat pendukung untuk menjalankan berbagai usaha. Jenisnya sangat beragam mulai dari timbangan tradisional, timbangan gantung, timbangan pegas, hingga timbangan digital. Pemilihan jenis timbangan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya.

Banyak diantara pengusaha yang lebih memilih timbangan digital dalam menjalankan usahanya. Timbangan digital sendiri merupakan timbangan yang cara kerjanya secara elektronis menggunakan tenaga listrik. Pada umumnya timbangan digital menggunakan arus lemah listrik dengan indikator angka digital. Timbangan ini dianggap lebih praktis dan tentu saja memiliki data yang lebih valid dibandingkan jenis timbangan lainnya.

Timbangan digital memiliki keunggulan berupa desain yang ringkas sehingga mudah untuk ditaruh dan disimpan. Tampilan angkanya dalam format digital dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui berat benda dengan jelas. Keakuratan dalam menimbang benda juga sangat tinggi sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian.

Timbangan digital juga memiliki tipe-tipe tertentu yang bisa disesuaikan untuk berbagai kebutuhan. Tipe-tipe timbangan digital yang beredar di pasaran dapat digunakan untuk toko kelontong, usaha laundry, hingga penjualan emas. Ada juga jenis timbangan yang digunakan untuk kebutuhan laboratorium. Berikut ini tipe-tipe timbangan digital yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia diantaranya:

  1. Timbangan duduk digital.

Timbangan digital jenis ini biasanya dilengkapi dengan sistem kalkulasi yang bisa dimanfaatkan untuk menentukan harga dari benda yang ditimbang secara langsung. Biasanya timbangan duduk digital digunakan pada toko, supermarket, kawasan pergudangan, ataupun toko kelontong. Kapasitasnya biasanya hanya berkisar tidak lebih dari 2000 gram. Sehingga penggunaannya pun terbatas.

  1. Timbangan Laundry.

Timbangan jenis ini lebih dikenal sebagai timbangan laundry. Sebab lebih sering digunakan pada usaha laundry. Namun, fungsinya sebenarnya lebih luas daripada itu. Timbangan laundry juga bisa dipakai untuk menimbang benda lain. Timbangan ini memiliki teknologi counting untuk mengconvert nilai ukuran sebuah benda. Contoh lain penggunaan timbangan laundry bisa Anda lihat di supermarket ketika membeli buah.

  1. Timbangan Analitik.

Jenis timbangan digital yang satu ini dapat mengukur berat mikro dari suatu benda. Biasanya penggunaannya pada rumah sakit, laboratorium, apotek, dan toko emas. Timbangan analitik sebaiknya dibeli pada toko resmi sebab dapat beresiko pada penghitungan yang kurang valid. Sebab selisih angka sedikit saja akan mempengaruhi hasil dari penimbangan tersebut.

  1. Timbangan badan.

Untuk memonitor berat badan, Anda harus memiliki timbangan badan di rumah. Hal ini perlu dilakukan untuk tetap menjaga berat tubuh yang ideal. Selain itu, timbangan badan juga harus ada di setiap fasilitas kesehatan, klinik, hingga posyandu untuk kepentingan kesehatan. Timbangan badan digital yang berkualitas dilengkapi dengan fitur pengukuran BMI atau Body Mass Index sehingga Anda bisa langsung mengetahui apakah Anda mengalami obesitas, kurang berat badan ataupun berat badan normal.

Timbangan badan pun tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Terdapat tipe tertentu yang diperuntukkan bagi bayi dan balita. Timbangan digital yang bagus untuk bayi adalah yang mampu menimbang dengan akurat meskipun bayi dalam keadaan bergerak.

Merk timbangan digital yang beredar di pasaran sangat beragam. Mulai dari produksi lokal hingga asing. Untuk mendapatkan kualitas timbangan digital yang baik, Anda perlu memperhatikan beberapa kriteria berikut ini:

  1. Perhatikan akurasi timbangan.

Untuk kebutuhan menimbang benda-benda kecil seperti emas tentu saja timbangan digital yang dipilih harus memiliki akurasi yang tepat. Satuannya pun harus berbeda dengan timbangan yang dipakai pada toko kelontong. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami kerugian karena akurasi yang kurang tepat.

Angka yang ditunjukkan oleh timbangan digital juga harus jelas. Pastikan digit angkanya dapat terbaca dengan baik. Lokasi layarnya harus mudah dilihat.

  1. Pilih bentuk yang sesuai kebutuhan.

Bentuk timbangan tentunya harus disesuaikan dengan barang yang akan ditimbang. Hal ini menentukan kemudahan Anda dalam menimbang barang. Contohnya, bentuk timbangan duduk yang memiliki mangkuk sangat sesuai untuk menimbang bahan makanan seperti adonan roti. Berbeda lagi dengan bentuk timbangan datar yang cocok untuk menimbang emas, dan benda kecil lainnya.

  1. Pertimbangkan harga.

Harga timbangan digital pastinya sesuai dengan spesifikasi serta akurasinya. Usahakan untuk memilih harga yang terjangkau dari distributor resmi. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang murah namun tidak tahan lama dan cepat rusak.

  1. Ukuran maksimal sebuah timbangan.

Timbangan digital maupun konvensional memiliki batas ukuran maksimal. Jika penggunaannya untuk menimbang benda besar dan berat pakailah timbangan digital yang memiliki batas maksimal besar. Sedangkan untuk menimbang benda kecil, pilihlah batas maksimal yang tidak terlalu besar. Pokoknya sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Timbangan digital terbaik di Indonesia yang bisa Kamu temukan di berbagai toko diantaranya merk Jadever, Ishida, Vibra, Cas, dan Kenko. Kelima brand tersebut akan diulas dalam pembahasan berikut ini:

Pengguna timbangan digital tentu saja sudah sangat familiar dengan merk Jadever. Kelebihan brand ini adalah pada segi bentuknya. Desainnya yang unik tidak mengurangi kualitasnya yang tinggi. Meskipun begitu, tersedia juga tipe standar dari timbangan digital jadever.

Merk ini merupakan asli Jepang yang didistribusikan oleh PT. Maju Usaha Timbangan. Kualitasnya tidak diragukan lagi. Perusahaan ini juga tidak melupakan pasar yang kompetitif dengan membanderol harga terjangkau yang bersaing.

Vibra memiliki tingkat keakuratan timbangan digital mulai o sampai 92 gram, serta 92 gram hingga 330 gram. Timbangan digital ini diproduksi di Jepang.

Perusahaan produsen timbangan digital Cas berasal dari Korea yang menjadi salah satu pionir dalam industri timbangan elektronik. Bahkan pemasarannya telah melampaui 120 negara di seluruh dunia termasuk India, Rusia, Amerika Serikat, Cina, hingga Turki. Di Indonesia sendiri produk Cas didistribusikan oleh PT. Usaha Maju Timbangan.

Produsen Kenko adalah perusahaan dari Jepang. Produk timbangan digital Kenko merupakan kualitas tinggi dan dijamin dengan garansi hingga 3 tahun, termasuk garansi service, suku cadang, perbaikan, hingga layanan support 24 jam. Distributor resmi produk Kenko di Indonesia adalah PT. Kenko Elektrik Indonesia. Jadi, Kenko Indonesia memiliki kantor resmi, showroom, hingga laboratorium. Sehingga Anda bisa mendapatkan produk berlisensi dengan jaminan garansi.

Selain itu, Kenko Indonesia juga menyediakan layanan purna jual agar konsumen tahu bagaimana cara merawat produk dari Kenko.

Nah, itu dia pembahasan mengenai timbangan digital, jenis, kriteria, serta merk terbaik di Indonesia. Mendapatkan timbangan yang baik dengan akurasi tinggi juga harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Terutama untuk usaha yang akan dijalani. Jangan sampai usaha Anda merugi hanya karena timbangan yang dipakai sudah tidak berfungsi dengan baik atau kualitasnya buruk.

Pastikan Anda mendapatkan timbangan digital pada distributor resmi atau pada toko yang telah terpercaya. Anda juga bisa membeli di berbagai toko online atau marketplace yang bisa memberikan garansi sehingga Anda tidak kecewa setelah barang datang. Dengan menyimak informasi di atas semoga Anda bisa mendapatkan timbangan digital yang berkualitas bagus agar usaha Anda semakin maju.

Witri Prasetyo AjiUncategorizedSerba Serbi Timbangan Digital Yang Mesti Diketahui Timbangan merupakan salah satu alat pendukung untuk menjalankan berbagai usaha. Jenisnya sangat beragam mulai dari timbangan tradisional, timbangan gantung, timbangan pegas, hingga timbangan digital. Pemilihan jenis timbangan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaannya. Banyak diantara pengusaha yang lebih memilih timbangan digital dalam menjalankan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments