Harga Kulkas: Beberapa Hal yang Bisa Anda Lakukan Agar Makanan dalam Kulkas Terselamatkan Saat Mati Listrik

 

Berbelanja merupakan hal yang merepotkan bagi beberapa orang—termasuk buat saya, terutama untuk bahan makanan. Tak jarang karena alasan yang satu ini, banyak yang lebih menyukai belanja bahan-bahan dalam jumlah yang banyak sekaligus agar terhindar dari antrian saat membeli hingga mengurangi frekuensi bepergian. Apalagi bulan ramadan seperti sekarang ini, sering-sering ke pasar kok rada malas, yah? Enakan nunggu bedug sambil tiduran di rumah. Ye kan?

Untuk bahan makanan yang tidak bisa bertahan lama tanpa ruang pendingin, tentunya saya akan sangat membutuhkan peranan kulkas. Kulkas bisa menjadi alternatif yang tepat untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar lebih tahan lama. Mendapatkan benda elektronik yang satu ini juga terbilang sangat mudah. Banyak varian merk dan harga kulkas yang dijual di pasaran baik saat kita membeli langsung dari toko elektronik maupun berbelanja dari situs jual beli online terpercaya.

Kulkas digunakan hampir setiap hari selama 24 jam nonstop dan terhubung dengan aliran listrik setiap waktu. Namun ada saatnya mati listrik menyebabkan kulkas tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Saat hal ini terjadi tentu menjadi kekhawatiran yang serius. Mengingat banyak sekali bahan makanan yang selalu mengisi rak-rak dalam kulkas. Saat listrik padam, bahan-bahan makanan yang disimpan dalam kulkas bisa berpotensi menjadi lebih cepat busuk. Untuk itu kita perlu melakukan upaya penyelamatan untuk menjaga makanan kita dari resiko membusuk dengan cepat tatkala listrik padam.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bahan makanan dalam kulkas bisa diselamatkan dalam kondisi mati listrik, diantaranya sebagai berikut:

  1. Usahakan jangan membuka kulkas.

Menjaga kulkas tetap awet perlu dilakukan mengingat harga kulkas cukup menguras kantong saat kita membelinya. Nah, saat ada pemadaman listrik usahakan untuk tidak membuka kulkas terlebih dahulu. Saat mati listrik, kulkas akan mempertahankan temperatur dinginnya dalam kurun waktu 48 jam selama kita tidak membukanya. Jika isi kulkas kurang dari setengah, suhu dinginnya hanya akan bertahan dalam waktu 24 jam saja. Namun jika listrik padam lebih lama dari itu, kita bisa segera melakukan beberapa tindakan di poin setelah ini.

2. Menggunakan langsung bahan-bahan makanan yang cepat busuk untuk diolah atau dimasak.

Menjaga untuk tidak membuka kulkas dalam jangka waktu lama saat listrik padam sepertinya susah untuk dilakukan terlebih semua bahan makanan yang dimiliki ada di dalam kulkas. Untuk itu kita bisa memilih dan mengambil bahan makanan yang kemungkinan cepat busuk, seperti buah dan daging.

3. Menghindari penyilangan kontaminasi.

Pada saat mati listrik, kontaminasi silang pada beberapa bahan makanan akan lebih mudah terjadi sehingga bisa mengakibatkan bahan makanan yang dikonsumsi berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk itu jangan menyimpan daging mentah dekat dengan sayur, buah, dan keju. Penting sekali penataan bahan makanan dalam kulkas karena akan sangat berpengaruh pada kualitas bahan makanan.

4. Gunakan pembungkus bahan makanan.

Alumunium foil bisa kita gunakan untuk membungkus bahan-bahan makanan dalam kulkas untuk mencegah kebusukan, seperti daging, buah, dan sayur terlebih untuk bahan makanan yang tidak terbungkus dalam wadah plastik atau kemasan rapat.

5. Gunakan es balok.

Jika daerah Anda sering mengalami pemadaman listrik, ada baiknya gunakan es balok agar makanan tidak cepat busuk saat mati listrik.

6. Menghitung durasi pemadaman listrik dan jaga temperatur kulkas.

Daging serta seafood mentah lebih cepat busuk jika sudah berada di atas suhu 4 derajat Celcius. Untuk itu kita bisa menghitung lama waktu listrik padam dan pastikan kulkas masih berada di suhu standar.

Harga kulkas memang tidak seberapa dibandingkan dengan kesehatan kita, untuk itu beberapa tips tersebut bisa kita terapkan agar bahan makanan yang tersimpan dalam kulkas masih tetap layak dikonsumsi tubuh.

Witri Prasetyo AjiReview ProdukHarga Kulkas: Beberapa Hal yang Bisa Anda Lakukan Agar Makanan dalam Kulkas Terselamatkan Saat Mati Listrik   Berbelanja merupakan hal yang merepotkan bagi beberapa orang—termasuk buat saya, terutama untuk bahan makanan. Tak jarang karena alasan yang satu ini, banyak yang lebih menyukai belanja bahan-bahan dalam jumlah yang banyak sekaligus agar terhindar...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments