Menu MPASI Ini Cocok untuk Bayi

Zaman now, menyusun menu yang memenuhi kebutuhan nutrisi dan perkembangan bayi bukanlah hal sulit. Kita hanya perlu membuat perubahan sederhana pada menu harian, juga memberikan cemilan yang sesuai dengan tahap perkembangan bayi. Poin-poin penting yang harus kita perhatikan dalam memberikan MPASI pertama untuk bayi adalah berikan makanan kaya nutrisi zat besi, seperti daging, ikan, dan tahu. Jangan menunda memberikan variasi menu daging. Setelah bayi kita mengenal MPASI, jangan terlalu lama memberikan makanan lunak atau yang biasa berupa bubur. Segera perkenalkan dengan makanan yang dicindang atau dicacah. Ini penting loh untuk melatih kepekaan mulut anak saat nantinya diberikan makanan yang lebih keras dan mendorong anak mau makan sendiri dengan menggunakan kedua tangannya. Juga, MPASI untuk anak bayi yang diolah dengan mempertahankan teksturnya bisa mendorong anak kita agar menyukai berbagai macam buah dan sayuran. Ia tidak akan menolak bila kita sodorkan aneka sayur rebus dan buah-buahan dalam keadaan utuh.

Menu MPASI untuk Usia 6 Bulan

Menu sarapan MPASI pertama untuk bayi misalnya, sereal bayi yang kaya akan zat besi yang diseduh dengan menggunakan ASI atau susu formula. Untuk cemilan kita bisa membuat pisang dan kiwi yang dilumatkan, lalu untuk minumannya kita bisa berikan yoghurt, susu formula atau air putih. Untuk makan siang kita bisa berikan labu tumbuk bersama ayam cincang. Di sore hari kita bisa buatkan wortel kukus yang diblender dicampur dengan susu formula atau ASI. Untuk malam hari kita cukup memberikan ASI, susu formula atau air putih saja.




Menu MPASI pertama bayi bisa dibuat dari jenis makanan apa saja. Yang terpenting, bahan-bahan tersebut bisa dilumatkan atau ditumbuk halus. Setelah bayi terlihat menikmati menu-menu pertamanya, baru kita beralih ke makanan yang bertekstur. Sebelum beralih ke finger foods, atau makanan yang bisa dimakan sendiri oleh bayi kita, ia harus diperkenalkan dulu dengan makanan yang dicincang, misalnya, buah pisang, kiwi, dan apel merah dicincang. Buah-buahan tersebut cocok untuk cemilan. Untuk makan siang, kita bisa campurkan labu tumbuk dengan ayam cincang, bayam, dan wortel parut. Atau, kita bisa gunakan nasi yang sudah dilumatkan dicampur dengan daging cincang, dan wortel parut. Untuk malam hari kita bisa membuat kentang rebus yang dipotong-potong dan ditaburi keju, dan daging cincang.

 

Selanjutnya, kita bisa berkreasi sendiri memilih menu MPASI untuk anak bayi kita. Sesuaikan menu tersebut dengan ketersediaan bahan makanan yang ada di pasar di dekat rumah kita. Agar, kita tidak malas membuat MPASI sendiri di rumah.




Witri Prasetyo AjiCulinaryInformation(adsbygoogle = window.adsbygoogle || ).push({}); Menu MPASI pertama bayi bisa dibuat dari jenis makanan apa saja. Yang terpenting, bahan-bahan tersebut bisa dilumatkan atau ditumbuk halus. Setelah bayi terlihat menikmati menu-menu pertamanya, baru kita beralih ke makanan yang bertekstur. Sebelum beralih ke finger foods, atau makanan yang bisa dimakan sendiri oleh...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments