Perkembangan Coworking Space dari Masa ke Masa

Rusia, Hongkong, Jepang dan Tiongkok menjadi pencetus berdirinya ruang kerja bersama untuk pemilik bisnis digital. Kini pengaruh tersebut sudah masuk ke Indonesia yang merupakan salah satu negara di Asia Tenggara dengan perkembangan industri startup tercepat. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pebisnis dengan mendirikan tempat kerja yang nyaman serta akses internet cepat yang dikenal dengan coworking space. Menurut asosiasi Coworking Indonesia, jumlahnya kini mencapai 75 lokasi yang tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, hingga Papua. Lantas apa peran dari tempat sewa meja kerja tersebut dan apa saja daya tarik yang diberikan? Simak ulasan singkatnya dibawah ini.

Peran Coworking Space Bagi Kemajuan Startup Indonesia

Bekerja di tempat yang nyaman dapat membuat performa dan kinerja menjadi meningkat. Suasana kantor yang bisa Anda atur sesuka hati menjadi konsep dari coworking space. Meskipun bersifat terbuka, namun privasi pengguna tidak akan terusik. Dan salah satu penyedia penyewaan ruang bersama ini adalah Go-Work. Selain berlokasi di pusat kota, fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap.




Ada beberapa pilihan paket yang disediakan seperti hot desk, dedicated desk, hingga privat room. Jadi selain digunakan untuk bekerja secara individu, Go-Work juga dapat disewa sebagai kantor yang tentunya biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Dibandingkan mendirikan atau menyewa tempat sendiri yang sifatnya tahunan belum lagi harus mengeluarkan biaya untuk membeli perlengkapan, bekerja di coworking tentu lebih menguntungkan. Sudah banyak pengusaha startup yang merasakan manfaatnya dengan menyewa ruangan disini.

Untuk keperluan pengembangan bisnis digital, akses internet super cepat sangat dibutuhkan. Fasilitas tersebut bisa dapatkan di coworking space. Tak hanya itu saja, tempat tersebut juga menyediakan printer, scanner, serta mesin fax. Layanan super lengkap tersebut memang diberikan secara cuma-cuma untuk mendukung kinerja penggunanya. Pembayaran biaya sewa bisa dilakukan secara harian, mingguan, dan bulanan, bergantung pada paket yang Anda pilih.

Selain memperoleh meja kerja yang nyaman, kesempatan memperoleh teman baru juga sangat mudah. Karena sifatnya yang terbuka, jadi interaksi antar pengguna bisa sering terjadi. Bahkan kadang mereka membentuk komunitas sendiri karena memiliki hobi atau keperluan yang sama. Bagi pebisnis startup, koneksi yang luas sangat dibutuhkan untuk memperlebar jaringan sehingga usaha yang mereka geluti dapat berkembang dengan cepat.

Bagi pemula yang membutuhkan segudang pengalaman, tempat ini juga bisa dijadikan lokasi untuk bertukar pikiran supaya semakin banyak pengetahuan tambahan yang didapatkan. Workshop juga sering digelar dengan mengundang pembicara yang kompeten di bidangnya. Tidak ada salahnya juga bila Anda melakukan kolaborasi dengan penyewa yang memiliki visi dan misi yang serupa. Jadi Anda tidak hanya pasif di meja saja, jaring komunikasi dengan pengguna yang lain supaya Anda bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.




Banyak juga yang menyewa meja coworking space untuk bekerja secara kelompok dan berdiskusi. Suasanya yang nyaman dapat membuat proses tukar menukar ide berjalan menyenangkan. Selain itu Go-Work juga menyediakan cafe yang menjual kopi dan beraneka snack ringan dengan harga yang cukup murah. Janjian dengan klien juga dapat dilakukan sebab aksesnya sangat mudah bisa menggunakan jenis kendaraan apa saja.

Coworking space menjadi ruang kerja bersama yang sangat populer saat ini. Banyak pemilik cafe yang sengaja menyulap sebagian tempatnya agar bisa disewakan sebagai meja kerja dengan fasilitas terbaik. Untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai paket yang ditawarkan serta harganya, kunjungi langsung website resminya di go-work.com.




Witri Prasetyo AjiInformation(adsbygoogle = window.adsbygoogle || ).push({}); Ada beberapa pilihan paket yang disediakan seperti hot desk, dedicated desk, hingga privat room. Jadi selain digunakan untuk bekerja secara individu, Go-Work juga dapat disewa sebagai kantor yang tentunya biaya yang dikeluarkan lebih hemat. Dibandingkan mendirikan atau menyewa tempat sendiri yang sifatnya tahunan belum lagi...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments