Ini Dia Beberapa Faktor Penyebab Bayi Terkena Sariawan Yang Perlu Ibu Ketahui

Salah satu hal penting yang menjadi perhatian orangtua adalah kesehatan mulut bayinya. Pasalnya ketika mereka merasakan sakit dan merasakan gejala yang tidak nyaman pada bagian mulutnya maka bayi akan rewel. Sariawan merupakan salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami bayi pada bagian mulutnya. Tanda awal bayi terserang sariawan adalah munculnya bercak putih pada lidah, bibir, atau bagian dalam bayi. Pada saat sariawan bayi akan menolak saat diberi minum ASI atau susu formula dan bayi akan rewel sehingga akan membuat ibu bingung dan khawatir karena anak menangis terus.

Ada banyak faktor penyebab bayi sariawan yang perlu ibu ketahui diantaranya yaitu :

1. Adanya Infeksi Jamur Candida
Sistem kekebalan tubuh bayi belum begitu kuat sehingga pada saat tubuh mereka terkena sumber infeksi maka akan cepat berkembangnya penyakit. Salah satu jamur yang mudah menyerang bayi adalah candida dan ini merupakan jamur penyebab sariawan. Candida ini selain akan menyebabkan sariawan pada bagian mulut tetapi juga akan menyebabkan ruam pada bagian tubuh bayi yang lembab. Jamur ini akan menyebabkan infeksi pada bagian mulut bayi yang mengandung air liur dalam jumlah yang banyak. Dan pada akhirnya akan berkembang menjadi sariawan pada mulut bayi.

2. Mulut Mengalami Infeksi Sejak Lahir
Sariawan bisa menyerang pada bayi yang baru terlahir beberapa hari. Dalam kondisi yang seperti ini yang menyebabkan bayi sariawan adalah berkembangnya infeksi candida albicans sejak bayi dilahirkan. Infeksi ini akan berkembang dengan sangat cepat setelah seminggu bayi dilahirkan. Tanda awalnya adalah munculnya bercak putih yang kemudian bisa berkembang menjadi sariawan.

3. Adanya Infeksi Yang Menular Dari Ibu Menyusui
ASI pada dasarnya merupakan minuman yang paling baik untuk bayi karena mengandung antibodi, sehingga akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi. Tetapi kemungkinan terjadinya proses infeksi bolak balik pada ibu dan bayi, yang terjadi pada saat pemberian ASI secara langsung oleh ibu pada saat menyusui bisa menjadi penyebab sariawan. Puting payudara yang mengalami infeksi jamur berkembang bisa menular pada mulut bayi dengan cepat.

4. Bayi Menggunakan Botol Susu Atau Empeng Yang Tidak Bersih
Sariawan juga bisa disebabkan karena bayi mempunyai kebiasaan menggunakan botol susu atau empeng yang tidak bersih. Akan berkembang dengan cepatnya jamur pada bagian putting karet botol susu dengan cepatnya. Botol susu yang ditempeli kotoran juga akan menyebabkan cepat menularnya bakteri atau jamur.

Itulah beberapa faktor penyebab bayi terkena sariawan yang perlu ibu ketahui. Setelah ibu mengetahui penyebab terjadinya sariawan maka langkah selanjutnya adalah ibu tinggal mencari cara untuk mengatasi sariawan pada bayi.

Witri Prasetyo AjiInformationIni Dia Beberapa Faktor Penyebab Bayi Terkena Sariawan Yang Perlu Ibu KetahuiIni Dia Beberapa Faktor Penyebab Bayi Terkena Sariawan Yang Perlu Ibu Ketahui Salah satu hal penting yang menjadi perhatian orangtua adalah kesehatan mulut bayinya. Pasalnya ketika mereka merasakan sakit dan merasakan gejala yang tidak nyaman pada bagian mulutnya maka bayi akan rewel. Sariawan merupakan salah satu ketidaknyamanan yang sering dialami...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments