Kemeriahan Closing O2SN 2018, dari penampilan Tim Wushu DIY sampai dengan Tari Bekakak

Seperti pembukaan O2SN 2018 yang menampilkan para siswa berprestasi, di acara penutupan O2SN pun juga menampilkan para siswa-siswi berprestasi, hlo. Mulai dari paduan suara dari SD Muhammadiyah Sukonadi Yogyakarta yang membawakan lagu tradisional Jaranan hingga mengajak semua yang hadir untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya secara lengkap. Terus ada penampilan dari para anggota Tim Wushu DIY. Penampilan dari Tim Wushu DIY ini benar-benar keren, yah wong yang tampil kan para atlet berprestasi yang sudah mengantongi beberapa medali. Yang paling memukau nih, ada tampilan ala-ala power ranger, hlo.

Tak sekedar itu saja, Closing O2SN 2018 juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Bekakak. Tari Bekakak ini ditampilkan oleh para duta seni Yogyakarta.

Sedikit cerita tentang Tari Bekakak

Tari Bekakak ini disebut juga upacara adat Saparan karena dalam pelaksanaan upacara adat Bekakak selalu jatuh pada bulan Sapar dalam perhitungan kalender Jawa. Sehingga, dalam tarian Bekakak ini ada 2 buah gunungan yang berisi makanan sebagai simbol dari perayaan selamatan bulan Sapar.

Ritual upacara Bekakak ini adalah sebuah ritual budaya Jawa asli yang bertujuan untuk mengenang kesetiaan salah satu abdi dalem kesayangan Sri Sultan Hamengku Buwono I bernama Kyai Wirasuta dan Nyai Wirasuta yang mendapat mudibah runtuhnya gunung gamping di area pesanggrahan yang terjadi saat bulan Sapar.

Nah Gaes, itu adalah sedikit cerita tentang kemeriahan Closing O2SN 2018 yang digelar di kota DIY. Sampai jumpa O2SN 2019 mendatang…




Witri Prasetyo AjiInformationCLOSING O2SN,DARI TIM WUSHU DIY SAMPAI TARI BEKAKAK,DIY,MERIAHKAN CLOSING O2SN 2018 di DIY,O2SN,O2SN 2018,TARI BEKAKAK,TIM WUSHU DIY,YogyakartaKemeriahan Closing O2SN 2018, dari penampilan Tim Wushu DIY sampai dengan Tari Bekakak Seperti pembukaan O2SN 2018 yang menampilkan para siswa berprestasi, di acara penutupan O2SN pun juga menampilkan para siswa-siswi berprestasi, hlo. Mulai dari paduan suara dari SD Muhammadiyah Sukonadi Yogyakarta yang membawakan lagu tradisional Jaranan hingga mengajak semua...Personal Blog Witri Prasetyo Aji