Alasan Mengapa Lembaga Pembiayaan Yang Berdasarkan Ekonomi Syariah Layak Jadi Pilihan

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah syariah yang mengikuti beberapa lembaga keuangan dan pembiayaan seperti bank dan juga koperasi. Dari namanya sendiri, sudah bisa diketahui kalau lembaga pembiayaan yang syariah, berarti melakukan segala sesuatu dengan mengutamakan syariat Islam. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan, karena dengan berdasar pada syariat Islam, maka sistem kerja yang ada pada lembaga pembiayaan tersebut lebih baik dan transparan.

Selain itu, lembaga pembiayaan yang dilakukan berdasarkan ilmu ekonomi syariah juga memiliki beberapa sisi positif, seperti berikut ini:

1. Anda bisa membuat keputusan sendiri dalam hal keuangan
Kalau Anda meminjam uang pada lembaga konvensional, akan ada sejuta aturan yang ditetapkan dan sering kali memberatkan, misalnya bunga yang tinggi atau tidak bisa melunasi cicilan sebelum waktunya tanpa membayar penalti. Nah, hal-hal seperti ini tidak akan Anda temukan dalam lembaga pembiayaan yang didasarkan pada ekonomi syariah. Anda justru bebas menentukan segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan Anda sendiri. Namun lembaga pembiayaan syariah akan membantu untuk menyempurnakannya sehingga segala sesuatunya memiliki manfaat yang sama besarnya baik itu untuk Anda maupun untuk lembaga.

2. Ada pengakuan atas hak kepemilikan individu
Di dalam lembaga pembiayaan syariah, yang namanya hak kepemilikan individu atas harta seseorang tentu saja diakui. Meski demikian, bukan berarti orang yang memiliki kekayaan lebih tinggi berhak mengatur dan menentukan segala sesuatu terhadap orang yang tingkat kekayaannya lebih rendah. Justru, orang yang kekayaannya lebih tinggi akan memanfaatkan hartanya untuk kepentingan bersama sehingga menjadi lebih bermanfaat. Dalam sistem ekonomi syariah, si pemilik harta juga diharapkan untuk tidak berbesar kepala dan selalu mengingat bahwa apa yang dimiliki saat ini merupakan pemberian dari Allah yang perlu disalurkan untuk orang yang membutuhkan.

3. Tidak ada jurang pemisah gara-gara ketidaksamaan ekonomi
Adanya perbedaan tingkat ekonomi memang mau tak mau harus diakui. Tapi did alam sistem ekonomi syariah, tidak ada yang namanya jurang pemisah antara yang kaya dengan yang miskin. Pemilik modal tidak akan bersikap arogan karena memahami bahwa apa yang dimilikinya saat ini tak lebih dari sebuah titipan yang bersifat sementara. Karena hal inilah, lembaga pembiayaan yang didasarkan pada ekonomis syariah akan berbuat adil kepada anggotan dengan tidak memihak pada mereka yang memiliki kekayaan lebih.

Nah, hal-hal tersebut sudah bisa mencerminkan betapa bermanfaatnya jika menjadi anggota dari koperasi atau lembaga pembiayaan syariah. Anda tidak akan terbebani oleh bunga tinggi yang mencekik leher, sebab segala sesuatu didasarkan pada keadilan dan kemaslahatan, bukan pada untung rugi. Meminjam dana pun akan terasa lebih ringan jika Anda memiliki kebebasan untuk ikut memutuskan sistem pembayaran sehingga akan makin meringankan beban.

Di Indonesia saat ini sudah banyak sekali koperasi atau lembaga pembiayaan yang bergerak berdasarkan ekonomi syariah, salah satunya adalah Paracico Inti Utama atau dikenal juga dengan nama Pracico Syariah. Pracico Syariah sendiri adalah koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah yang mengutamakan konsep kerja sama dan bagi hasil sehingga memberikan keuntungan yang merata untuk semua anggotanya. Ada berbagai produk layanan simpan pinjam dan pembiayaan dari Pracico Syariah yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi. Lembaga ini juga sudah terjamin keamanannya dengan diperkuat Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor: 008168/BH/M.KUKM.2/IV/2018 tertanggal 18 April 2018 tentang Pengesahan Akta Pendirian KSPPS Pracico Inti Utama.

Witri Prasetyo AjiInformationAlasan Mengapa Lembaga Pembiayaan Yang Berdasarkan Ekonomi Syariah Layak Jadi PilihanAlasan Mengapa Lembaga Pembiayaan Yang Berdasarkan Ekonomi Syariah Layak Jadi Pilihan Anda mungkin sudah sering mendengar istilah syariah yang mengikuti beberapa lembaga keuangan dan pembiayaan seperti bank dan juga koperasi. Dari namanya sendiri, sudah bisa diketahui kalau lembaga pembiayaan yang syariah, berarti melakukan segala sesuatu dengan mengutamakan syariat Islam. Hal...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments