HIDUP SERU DAN MAKIN MUDAH DI ERA DIGITAL BERSAMA DOMAINESIA

Zaman now mencari informasi itu semakin mudah, benar enggak? Mau mencari informasi soal sekolah, kerjaan, bahkan mencari resep makanan sampai belanja bisa dilakukan cuma lewat smartphone. Bagaimana tidak mudah dan seru? Cuman duduk manis di tempat doang, dunia seolah ada dalam genggaman.

 

Akan tetapi, kalau tidak hati-hati kita juga bisa tertipu. Banyak juga berita hoax yang berkeliaran. Makanya, mari kita bersatu teguh melawan hoax. Jadi masyarakat di era digital yang cerdas. Enggak malas mencari kevalidan berita yang tengah beredar.

 

Kali ini, saya sih tidak akan membahas soal hoax. Melainkan bakalan membahas soal seru dan mudahnya hidup zaman now berkat perkembangan teknologi.

Zaman now harus melek teknologi?

 

Benar apa tidak?

Setuju apa tidak?

 

Benar dan mau tidak mau harus setuju. Karena, kalau kita enggak melek teknologi, sudah pasti bakalan ketinggalan. Toh apa-apa tuh sekarang berhubungan dengan teknologi. Bahkan, ada loh sekolah TK yang murid-muridnya sudah dikenalkan dengan teknologi seperti komputer. Jadi, kita juga harus mengikuti. Masa iya sih kita bakalan kalah sama anak TK? Malu-malu dong…

 

Tidak heran juga yah kalau orang tua maupun guru zaman now juga harus terbiasa sama yang namanya teknologi. Tapi juga jangan melek teknologi cuma buat belanja online loh yea bu-ibu, melek teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman.

 

Guru zaman now memang dituntut melek teknologi. Bahkan hampir semua pembelajaran juga berhubungan sama teknologi. Apalagi kurikulum 2013,  guru benar-benar dituntut melek teknologi. Harus bisa mengoperasikan komputer maupun laptop. Mengajar menggunakan LCD. UN sekarang juga menggunakan komputer. Jadi, kalau zaman now enggak melek teknologi? Bye-bye deh!

Sebagai seorang perempuan, seorang ibu dan seorang tenaga pendidik, saya harus melek teknologi.

5 tahun bekerja di dunia pendidikan. 2015 dapat tugas sebagai operator sekolah. Saya seolah dituntut harus melek teknologi. Harus mengikuti perkembangan zaman. Bertanggung jawab atas data sekolah melalui aplikasi dapodik. Bertanggung jawab dengan dana BOS maupun tunjangan sertifikasi. Dan tahun kemarin, bertanggung jawab dengan UNBK. Bukan sekedar bertanggung jawab atas data anak-anak yang mau UN, tapi juga bertanggung jawab atas jalannya UN yang berbasis komputer.

 

Enggak boleh ada alasan tidak bisa. Harus bisa. Kalau tidak bisa yang belajar. Bekerja juga harus bersahabat dengan internet. Hla gimana enggak? Kalau ada yang trouble, Mbah Google yang jadi andalannya. Kalau masih enggak bisa, terkadang saya menghubungi sesama teman operator dan memanfaatkan team viewer. Jadi, enggak perlu menghampiri tapi bisa diremote dari jarak jauh. Memanfaatkan aplikasi team viewer ini menurut saya memudahkan dan seru.

Tidak cukup mencari informasi, tapi saya juga ingin menyebarkan informasi.

Selama ini saya kan selalu mencari informasi ataupun mencari pertolongan lewat Mbah Google, pun saya juga mau menyampaikan informasi. Membagi apa yang saya tahu pada khalayak melalui perkembangan teknologi.

Tahu sendiri kan kalau saya tuh orangnya mudah kepo dan tidak puas dengan apa yang saya dapatkan sekarang. Tidak cukup kalau buat saya cuma menjadi ‘pencari’ informasi saja. Saya juga harus bisa menjadi ‘pemberi’ informasi. Maka dari itu, yang awalnya memang hobi menulis, akhirnya saya terjun ke dunia blogging.

Mengenal dunia blogger sedari tahun 2010. Membuat blog gratisan menggunakan blogger dan diisi dengan karya-karya saya (cerpen). Sampai saat ini, blog itu masih hidup. Dan saya masih ingat, siapa seseorang itu yang mengenalkan saya pada blog. Yah, cukup mengenalkan. Karena pada akhirnya saya belajar sendiri untuk mengenal lebih jauh dengan blog. Dan saya juga belajar cara membuat website dengan benar.

Akhir 2015. Melalui sebuah giveaway, saya mulai mengerti dan mengenal lebih dekat dengan dunia perbloggeran. Kala itu, saya punya blog di blogspot, wordpress, tumblr dan blog detik (yang sekarang sudah lenyap) serta di kompasiana akan tetapi saya lupa akses loginnya.

 

Kala itu, saya belum paham benar soal blogging. Blog TLD dan Non TLD itu yang seperti apa, saya benar-benar belum mengerti. Apalagi apa sih domain dan hosting? Terus, isi blog juga masih semau gue. Saya benar-benar tidak paham, apa itu niche blog?

Makanya, sekarang saya mau jembrengin tentang blog dan seluk beluk blog. Bdw, memangnya semua sudah pada ngerti apa itu blog? Kalau barisan para blogger sih pastinya sudah paham. Akan tetapi kalau non blogger? Sudah paham belum sih apa itu blog?

BLOG adalah singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
(Wikipedia)

Blog sendiri ada yang gratisan dan adapula yang berbayar. Untuk membuat blog juga banyak pilihannya. Kita bisa menggunakan blogspot atau wordpress. Lantas, apa bedanya?

 

Blogspot sekarang adalah milik Google, perusahaan ini menawarkan banyak fitur bawaan Google, seperti Adwords, Adsense dan Analytics, sehingga situs ini sangat berguna bagi blogger pemula. Didirikan pertama kali pada tahun 1999, Blogger adalah salah satu interface pengguna pertama yang ramah untuk para blogger. Pyra Labs, pencipta asli Blogger, memulai perusahaan kecil ini di San Francisco di tengah bangkitnya dot com. Setelah beberapa tahun, perusahaan mulai menghasilkan lebih banyak pengguna dan traffic. Pada tahun 2002, mereka menarik beberapa ratus ribu pengguna. Setelah dibeli oleh Google, situs tersebut tidak banyak berubah, dan mereka mengkhususkan diri pada interface yang mudah digunakan bagi blogger yang tidak memerlukan banyak fitur.

 

Sementara WordPress diciptakan untuk memberi blogger platform blogging yang lebih kompleks. Gaya simpelnya disambut baik bagi pengguna yang menginginkan foto dan konten tertulis mereka bersinar dibanding dengan widget di websitenya .Wordpress dibuat di PHP dan MySQL & awalnya disebut b2/cafelog. Platform blogging ini memasarkan dirinya kepada pengguna pemula dan pengguna yang sudah lebih berpengalaman, karena ia menawarkan interface yang mudah digunakan dengan fitur sederhana untuk pengguna baru namun dapat dengan mudah ditingkatkan untuk pengguna tingkat lanjut.

 

Worpress sendiri ada wordpress.org dan wordpress.com. Secara pengertian, WordPress.org merupakan layanan self hosted, sedangkan WordPress.com merupakan layanan hosted.

Blogspot maupun wordpress mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut saya jembrengin tentang kelebihan dan kekurangan blogspot maupun wordpres :

BLOGSPOT

  • Blogspot cukup membeli domain (secara biaya, membuat website/blog menggunakan blogspot lebih murah)
  • Template terbatas
  • Untuk menggelola website, tools terbatas
  • Blogger cukup aman karena dikelola oleh google

WORDPRESS

  • Menggunakan wordpress harus membeli domain dan hosting
  • Banyak template
  • Untuk mengelola website, tersedia banyak plugin yang bisa diinstal
  • WordPress memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala

Setelah menentukan pilihan mau menggunakan blogspot atau wordpress, kita juga bisa memilih mau menggunakan blog berbayar (TLD) atau blog gratisan. Biasanya, blog berbayar itu kita bisa memilih nama sesuai keinginan kita dan berakhir dengan .com, .id dan yang lainnya. Sementara bila kita mengunakan blog gratisan, kita juga tetap bisa memilih nama sesuai keinginan kita, akan tetapi di belakang nama itu ada akhiran blogspot.com atau wordpress.com.

 

Blog berbayar atau TLD biasanya kita akan membayar sewanya setiap tahun. Jika tidak, maka nama blog akan kembali ke nama yang berbayar. Bila kita membuat website menggunakan blogspot, kita cukup membeli domain atau nama blog saja. Akan tetapi, jika kita membuat website menggunakan wordpress, kita harus membeli domain dan hosting.

Pengertia domain dan hosting

Domain adalah identitas website yang ada di Internet. Nama unik website anda. Yang artinya satu-satunya dan hanya anda-lah pemiliknya.

 

Sementara Hosting adalah suatu space (ruangan) atau sebuah tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan berbagai data-data dari sebuah website.

 

Di mana kita bisa membeli domain maupun hosting?

Kita bisa membeli domain maupun hosting di DOMAINESIA. Berdiri di tahun 2009, DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Kami terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. Kami telah melayani lebih dari 50.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara.

 

Oh ya, Domainesia ini merupakan jasa penyedia layanan domain dan hosting yang terpercaya. Banyak perusahaan besar yang bekerja sama dengan Domanesia, salah satunya adalah Indomart.

Nah, hidup zaman now di era digital itu mudah dan seru, kan? Kita tidak hanya bisa dengan mudahnya mencari informasi, tapi kita juga bisa dengan mudahnya memberi informasi.

Bukan sebatas itu saja hlo, dari dunia blogging, kita juga bisa meraih pundi-pundi materi. Zaman now, tidak bisa dipungkiri kalau blog tak sekedar menjadi dunia pemberi informasi, tapi juga bisa sebagai dunia promosi.

Nah Gaes, mari kita  ngeblog. Mari bersama-sama saling menebar informasi,

#HappyBlogging

Witri Prasetyo AjiCompetitionDomain,domain murah,DOMAINESIA,ERA DIGITAL,HIDUP SERU DAN MAKIN MUDAH DI ERA DIGITAL BERSAMA DOMAINESIA,HOSTING,top level domainHIDUP SERU DAN MAKIN MUDAH DI ERA DIGITAL BERSAMA DOMAINESIA Zaman now mencari informasi itu semakin mudah, benar enggak? Mau mencari informasi soal sekolah, kerjaan, bahkan mencari resep makanan sampai belanja bisa dilakukan cuma lewat smartphone. Bagaimana tidak mudah dan seru? Cuman duduk manis di tempat doang, dunia seolah ada...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments