Tahun lalu saya pernah menulis tentang Candi Di Atas Awan di blog www.ayodolan.net . candi yang saya maksud adalah Candi Ijo, Yogyakarta. Tapi kali ini saya akan bercerita tentang candi yang juga berada di ketinggian juga, tapi bukan di Yogyakarta melainkan di Semarang.

Candi ini berada di daerah Bandungan, Semarang. Tepatnya sih di atas Taman Bunga Celosia—wisata yang sedang ngehits saat ini. Kalau kita mengunjungi candi ini, kita bakalan melewati Taman Bunga Celosia.

 

MENIKMATI ALAM DARI KETINGGIAN GEDONG SONGO

Candi Gedong Songo

Candi yang saya maksud adalah Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo ini adalah candi yang diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9. Konon, Candi Gedong Songo ini mempunyai persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi Gedong Songo ini berada di ketinggian, yaitu terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Pas ke sana sih saya tidak melepas jaket saya, hehehe….Maklumlah, saya itu takut dingin.

Di Candi Gedong Songo, letak candi satu dengan yang lainnya agak berjauhan dan untuk mengunjunginya itu daerah menanjak alias pegunungan. Jadi kita harus mendaki, lumayanlah sambil olahraga. Tapi jangan khawatir, untuk yang tidak mau capek, kita bisa naik kuda kok. Tapi tariff naik kudanya itu bervariasi, mau sampai ke candi ke berapa plus berat badan juga menentukan, hehehe. Sementara di tengah-tengah (antara candi satu sampai dengan candi sembilan) ada pemandian air panas yang mengeluarkan belerang, hlo.

GEDONG SONGO

Jalur pendakian di Gedong Songo ini sudah bagus, terus di area pendakian juga banyak spot-spot buat selfie yang instagramable. Jadi sambil mendaki bisa istirahat sambil selfie, hehehe….

Selain itu, di Gedong Songo juga ada bumi perkemahan, hlo. Letaknya dekat dengan candi ke-5. Menurut saya sih recommend-lah buat para pelajar yang mau kemah.

Oh ya, di area Gedong Songo ini juga ada Ayana, tempat yang menyediakan 35 titik spot selfie yang instgramable. Letak Ayana ini cuman 150 meter dari pintu masuk, jadi kita tidak usah mendaki. Pas masuk ke sini sih waktu itu saya gratis alias enggak membayar.  Jadi, Cuma ngeluarin Rp 8.000,- untuk tiket masuk ke Gedong Songonya. Sementara kalau buat turis, tiket masuknya Rp 75.000,-

VANAPRASTHA GEDONG SONGO PARK

TOP SELFIE GEDONG SONGO

BUMI PERKEMAHAN GEDONG SONGO

Spot Selfie di Ayana Gedong Songo

Wuih, bagus-bagus banget kan spotnya? Pemandangannya juga indah. Kita bisa menikmati keindahan Semarang dari ketinggian. Paket komplitlah kalau mau dolan ke Gedong Songo. Apalagi di area Gedong Songo, di atas candi pertama, juga ada Vanaprastha Gedong Songo Park yang menyediakan penginapan. Hmm, kalau enggak sih sebelum masuk ke Gedong Songo juga banyak banget hotel.

Mudahnya mencari penginapan di Gedong Songo, Semarang

Banyak sekali tempat wisata di Semarang, ya salah satunya Candi Gedong Songo. Pastinya sih rugi banget kalau ke Semarang cuma seharian. Tapi kalau berhari-hari, pasti dong harus mencari penginapan.

Zaman now, mencari hotel di Semarang bukanlah hal yang sulit. Apalagi sekarang tuh dunia ada dalam genggaman, bermodalkan smartphone saja kita bisa memilih dan booking hotel sesuka hati.

Kalau biasanya, saya booking hotel lewat pegi-pegi. Sebenarnya pegi-pegi ini tidak hanya buat booking hotel saja sih, tapi kita juga bisa pesan tiket pesawat maupun kereta api. Paket komplitlah soal akomodasi.

Sebelum booking hotel lewat pegi-pegi, pastikan dulu kalau sudah download dan instal aplikasinya ya, Gaes.

 

Cara booking hotel di pegi-pegi :

Gimana, Gaes? Mudah banget, kan? Yuk, atur rencana liburan kamu mulai dari sekarang. 2019 itu banyak tanggal merah, hlo. Hehehe…

BUKA APLIKASI PEGIPEGI & KLIK HOTEL

MASUKKAN KATA KUNCI : SEMARANG TENTUKAN TANGGAL CHECK IN & CHECK OUT

PILIH HOTEL TUJUAN & IKUTI LANGKAH-LANGKAHNYA

Witri Prasetyo AjiReview BlogGedong Songo,Pegi-PegiHOME Tahun lalu saya pernah menulis tentang Candi Di Atas Awan di blog www.ayodolan.net . candi yang saya maksud adalah Candi Ijo, Yogyakarta. Tapi kali ini saya akan bercerita tentang candi yang juga berada di ketinggian juga, tapi bukan di Yogyakarta melainkan di Semarang. Candi ini berada di daerah Bandungan, Semarang....Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments