Review Taman Pintar Jogjakarta

Jogjakarta. Siapa sih yang tak mengenal kota pelajar yang selalu menarik hati untuk dating kembali kepadanya. Kota yang konon katanya kota penuh kenangan dengan mantan ini tak sekedar menyajikan cerita tentang Malioboro, pantai, keratin maupun candi. Akan tetapi, Jogja juga punya wisata edukasi yang asyik dikunjungi bersama keluarga.

Wisata edukasi yang akan saya bahas kali ini bukan kebun binatang Gembira Loka, melainkan Taman Pintar. Yups, TAMAN PINTAR.

Review Taman Pintar Jogjakarta

Taman Pintar Jogjakarta terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg , dekat dengan Malioboro. Jadi, sehabis dari Taman Pintar, bisa nih belanja di Malioboro.

Lokasi Taman Pintar Jogjakarta

Dari segi lokasi, Taman Pintar Jogjakarta ini sangat strategis. Dekat dengan Benteng Vredeburg dan Malioboro adalah nilai plus tersendiri. Akses transportasinya juga mudah, mau naik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum sih tidak masalah. Untuk teman-teman yang berada di luar Jogjakarta seperti di Tegal, Semarang, Wonosobo, teman-teman bisa naik bus rama sakti.

Di Taman Pintar Jogjakarta ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif. Di area luarnya juga ada beberapa area permainan. Ada air mancur, kolam, gebuk drum, wahana bahari (perahu karet) dan beberapa permainan lainnya. Area ini disebut area playground. Untuk menikmati permainan di area ini gratis alias tidak perlu membayar.

Zona lain yang berada di Taman Pintar Jogjakarta, Antara lain :

Gedung PAUD Barat dan Gedung PAUD Timur

Di gedung ini terdapat alat peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak khususnya anak usia pra-TK sampai dengan TK.

Gedung Oval – Kotak

Gedung ini berisi berbagai alat peraga berbasis edukasi sains yang menyenangkan. Sewaktu ke Taman Pintar Jogjakarta, saya masuk ke Gedung Oval ini.

Gedung Memorabilia

Gedung ini menampilkan alat peraga tentang pengetahuan sejarah Indonesia seperti sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, Tokoh-tokoh Pendidikan, dan Tokoh-tokoh Presiden RI hingga saat ini.

Planetarium

Menampilkan peralatan peraga berbentuk pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya.

Review Gedung Oval – Kotak, Taman Pintar di Jogjakarta

Gedung Oval – Kotak adalah gedung yang berisi wahana-wahana tentang sains, teknologi komunikasi, Tv trainer, zona cuaca iklim dan gempa, terowongan ilsi, pojok kreasi sains, aquarium air tawar, zona nuklir, ICT melihat bumi, dan lain sebagainya. Kalau tidak salah, ada 12 wahana di Gedung Oval – Kotak ini. Oh ya, di Gedung ini juga ada tempat untuk berfoto seperti gambar 3D dan rumah terbalik.

Memasuki Gedung Oval – Kotak, kita akan disambut dengan Aquarium Taman Pintar. Setelah itu, ada zona zaman purba. Kita bisa melihat beberapa patung manusia purba dan juga dinosaurus.

Setelah itu, kita bisa menuju zona biologi. Kita bisa melihat miniature alam semesta, mengenal planet-planet yang ada di galaxy bimasakti. Untuk anak SD, pas banget bermain sambil belajar di Taman Pintar Jogjakarta. Secara, di sini tidak hanya melihat miniaturnya saja, tapi juga ada papan penjelasannya.

 

Di Gedung Oval – Kotak Taman Pintar Jogjakarta juga ada zona fisika. Seperti namanya—fisika—kita juga bakalan bermain dengan hal-hal yang berbau fisik, seperti : magnet, petir, kaca, dan lain sebagainya.

 

Zona lain yang saya kunjungi adalah zona robot, zona air untuk kehidupan manusia, zona SNI (standart nasional Indonesia) serta Indonesiaku yang menampilkan Galeri Pusaka Indonesia. Di area ini kita bisa memainkan gamelan, melihat miniature candi Borobudur.

Taman Pintar Jogjakarta buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari jam 08.30 – 16.00. Hari Senin tutup kecuali Hari libur Nasional.

Rp 10,000 untuk anak

Rp 18,000 untuk dewasa

Rp 3,000 untuk Anak TK/PRA TK (3-5thn)

Rp 15,000 per orang

Rp 20,000 untuk dewasa umum

Rp 15,000 untuk pelajar

Rp 15,000 untuk rombongan (minimal 20 orang)

Rp 4,000 untuk umum

Membatik: Rp 13 000/orang

Kreasi Gerabah: Rp 10,000/orang

Lukis Kaos: Rp 35,000/orang

Lukis Gerabah: Rp 13,000/orang

Hand On Science: Rp 10,000/orang

Presenter TV: Rp 15,000/orang

Pelatihan Robotik: Rp 50,000/orang

Kontes Robotik: Rp 50,000/tim

Kontes Roket Air: Rp 50,000/tim

Untuk fasilitas, di Taman Pintar Jogjakarta ini cukup lengkap. Seperti lahan parker yang luas, toilet, masjid, ATM Center, foodcourt, rauang kesehatan, pusat informasi, pelayanan pengunjung, lift khusus difable.

Bermain sambil belajar? Yuk ke Taman Pintar, dijamin tambah pintar. Hehehe….

https://diajengwitri.id/wp-content/uploads/2019/02/Taman-Pintar-Jogjakarta-diajeng-witri-indonesiaku.jpghttps://diajengwitri.id/wp-content/uploads/2019/02/Taman-Pintar-Jogjakarta-diajeng-witri-indonesiaku-150x150.jpgWitri Prasetyo AjiHangoutGEDUNG OVAL - KOTAK TAMAN PINTAR JOGJAKARTA,JOGJAKARTA,TAMAN PINTAR,TAMAN PINTAR JOGJAKARTA,TRAVELOKAReview Taman Pintar Jogjakarta Facebook Twitter Instagram HOME Jogjakarta. Siapa sih yang tak mengenal kota pelajar yang selalu menarik hati untuk dating kembali kepadanya. Kota yang konon katanya kota penuh kenangan dengan mantan ini tak sekedar menyajikan cerita tentang Malioboro, pantai, keratin maupun candi. Akan tetapi, Jogja juga punya wisata edukasi yang asyik dikunjungi...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments