KULIAH DI UMP YUK, UNIVERSITAS SWASTA TERBAIK DI JAWA TENGAH BAGIAN BARAT

Bulan April dan Mei, bulan yang bisa dibilang bulan sibuk untukpara guru dan siswa. Secara, di bulanApril dan Mei para anak-anak sekolah kelas 6 SD, IX SMP dan XII SMA/SMK tengah berjuang mengerjakan soal ujian. Mana sekarang, untuk SMP, SMA maupun SMK ujiannya berbasis komputer. Bukan hanya siswanya saja yang sibuk, gurunya apalagi.

Etapi, sebagai seorang tenaga pendidik saya tidak akan bercerita tentang kesibukanmenjelang ujian seperti saat ini. Karena kesibukan ini sudah menjadi tradisi tahunan. Dan kesibukan menjelang ujian itu sudah dimulai semenjak awal masuk semester genap. Mulai dari les, tryout, simulasi, ujian sekolah maupun ujian nasional.

Bagi para siswa, ujian nasional bukanlah akhir dari segalanya. Karena setelahnya, bakalan dipusingkan dengan mencari sekolah baru. Yang SD melanjutkan ke SMP, yang SMP melanjutkan ke SMA/SMK, dan yang SMA/SMK melanjutkan kuliah.

Bicara soal kuliah nih, bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagizaman sekarang universitas makin banyak. Pasti sih yang utama mencoba daftar ke perguruan tinggi negeri dulu. Baru deh mendaftar ke perguruan tinggi swasta.

Bicara soal perguruan tinggi swasta, sudah pada tahu dengan UMP belum? Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Tahu enggak, Universitas Muhammadiyah Purwokerto atau yang sering disebut UMP ini adalah perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Tengah bagian barat.apalagi sekarang ini banyak program studi yang terakreditasi A, diantaranya : Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Akuntansi.

Selain itu, sekarang ini, Universitas Muhammadiyah Purwokerto menempati peringkat ke 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia. Keren, kan? Makanya, kuliah saja di Universitas Muhammdiyah Purwokerto.

Yang lebih membanggakan lagi dari Universitas Purwokerto, yaitu Universitas Purwokerto itu banyak sekali mengantongi prestasi. Diantaranya :
1. Defrian Galdi—salah satu mahasiswa Universitas Muhammdiyah Purwokerto—meraih medali perunggu pada acara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) di Nomor Randori kelas 65 kg, di Gelanggang Olahraga Universitas Hasanudin, Makasar.
2. Mahasiswa UMP berhasil menciptakan inovasi teknologi beton mutu, hlo! Apaitu tidak membanggakan? Di mana ada tiga mahasiswa UMP yang tergabung dalam grup Newbie Bravery ini menciptakan sebuah metode beton jenis Self Compacting Concrete (SCC) mutu tinggi.
3. Tim Akuntansi FEB UMP Sukses Boyong Juara 2 Piala Walikota di ajang Competion of Accounting di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun 2017 pada 14-15 Oktober 2017.
4. UMP juga berhasil memborong kejuaraan di Invitasi Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah 2017.
5. Kelompok paduan suara Gema Surya Suara (GSS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) meraih Juara 2 di Art Vaganza
6. Brigadir Teguh Riyanto Amd yang merupakan anggota Unit Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga, yang merupakan alumni UMP berhasil meraih Juara 1 Polantas Teladan
7. Atlet Pencak Silat UMP Raih 16 Medali di Kejuaraan Nasional

Waow… ternyata banyak sekali ya prestasi yang diraih UMP atau Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Beberapa program studinya sudah terakreditasi A, terus prestasinya bejibun. Yaaa… wajarkan kalau menjadi universitas swasta terbaik.

Lantas, apa saja sih fakultas-fakultas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto? Terus, fasilitas apa saja yang ditawarkan Universitas Muhammadiyah Purwokerto?
Ada beberapa fakultas di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (11 Fakultas dengan 32 Program Studi), diantaranya :
Fakultas Kedokteran
Fakultas Farmasi
Fakultas Ekonomi
Fakutas Teknik
Fakultas Hukum
Fakultas Psikologi
FKIP
Fakultas Agama Islam
Fakultas Pertanian
FIKES
Fakultas Sastra
Pasca Sarjana

Sementara soal fasilitas, Universitas Muhammadiyah Purwokerto ini mempunyai 2 (dua) auditorium yaitu Auditorium Ukhuwah Islamiyah dan Audiotorium A.K Ansori. Kedua auditorium berlokasi di Kampus terpadu UMP Jl Raya Dukuhwaluh, Kembaran, Purwokerto.

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Purwokerto jugamenyediakan kantin ntuk memenuhi kebutuhan nutrisi mahasiswa. Di mana kantin UMP ini memiliki tempat yang nyaman, bersih, dan tentunya harga sesuai dengan kantong mahasiswa. Kantin UMP juga menyediakan fasilitas internet WiFi yang dapat diakses secara gratis menggunakan login dan password yang disediakan oleh BTIK UMP.

Zaman sekarang, soal internet dan Wi-Fi memang sudah menjadi kebutuhan utama. Jadi ya wajar kalau kantin UMP-pun dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Selain auditorium, kantin dan akses internet, fasilitas lain yang asik dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto adalah :
1. Perpustakaan
Fasilitas perpustakaan UMP disediakan bagi seluruh civitas akademika UMP dan terbuka untuk umum dengan persetujuan penanggung jawab perpustakaan. Jumlah koleksi buku yang ada di UMP berjumlah kurang lebih 2000 buku UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah berlangganan jurnal ilmiah dalam berbagai subjek disiplin ilmu baik nasional maupun internasional seperti : PROQUEST, EBSCO, JSTOR, CENGAGE dsb. Jurnal ini dapat diakses secara gratis oleh mahasiswa untuk berbagai keperluan seperti tugas, skripsi dan penelitian.

2. Apotek dan Poliklinik UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto memiliki 2 unit pelayanan kesehatan mahasiswa. Kedua fasilitas ini juga merupakan apotek pendidikan yang digunakan untuk mendukung praktek kerja profesi apoteker, penelitian dan praktikum farmasi komunitas. Apotek pendidikan UMP tidak hanaya melayani civitas akademika UMP tetapi juga digunakan untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum. Apotek pendidikan UMP menyediakan obat, vitamin, suplement dan juga produk – produk kesehatan yang terdaftar secara resmi di Indonesia. Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, mahasiswa harus dapat menunjukkan bukti registrasi terakhir.
3. Masjid


Namanya juga Universitas Muhammadiyah—universitas islam—pastinya ada dong fasilitas masjid. Masjid di UMP ini bernama Masjid K. H Ahmad Dahlan UMP yang mempunyai kubah-kubah cantik. Apalagi kalau dilihat malam hari dan bersanding dengan air mancur, waowwww banget.
4. Wi-Fi Area
Kantin saja ada Wi-Finya. Pasti adapula dong fasilitas khusus area Wi-Fi.zaman sekarang kan apa-apa serba memakai internet, termasuk mengerjakan tugas. Jadi, kurang afdol kalau sekolah itu tidak ada Wi-Finya.

Sebagai universitas swasta terbaik, UMP juga menyediakan Wi-Fi area untuk para mahasiswanya. Tentunya dengan akses yang memadai.
5. Gazebo
Gazebo di UMP ini tempatnya nyaman, asiklah buat nongkrong bersama kawan.
6. Taman FEB

UMP juga mempunyai taman kampus yang asik buat selfie, hlo. Taman kampus UMP ini tertupi padang rumput dengan tumbuhan berdaun warna-warni yang ditata sedemikian rupa sehingga menjulang menyerupai menara melingkar.

Hal lain yang membanggakan dari UMP yaitu UMP terus melaju meraih posisi sebagai universitas tingkat dunia (World Class University) dengan cara menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Selain itu, UMP juga mengembangkan aktivitas internasional untuk mahasiswa juga telah dilakukan dalam bentuk International Teaching Practicum di mana UMP telah mengirimkan 15 (lima belas) mahasiswa ke Malaysia dan 3 (tiga) orang ke Thailand. UMP juga akan mengirimkan kurang lebih 40 mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN Internasional di Malaysia.

Wah, UMP ini benar-benar universitas swasta idaman, yah?

Oh ya, sudah tahu seluk belum UMP. Mulai dari prestasinya, fakultasnya, faslitasnya. Lantas, apa sih visi dan misi UMP? Di mana lokasi UMP?

Visi UMP : “Menjadi Universitas Unggul, Modern dan Islami”.
Visi UMP yang dimaksud adalah :
1. Unggul adalah universitas memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif di bidang   pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan manajemen.
2. Modern adalah universitas selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terbaru (mutakhir) sesuai dengan kebutuhan zaman.
3. Islami adalah penyelenggaraan universitas berlandaskan prinsip dan nilai Al-Qurān dan Al-Sunnah.

Misi UMP :
1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara profesional serta menjalankan manajemen universitas sesuai dengan prinsip good university governance.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan tuntutan zaman.
3. Mengaktualisasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam dalam penyelenggaraan universitas.

Selengkapnya tentang UMP, bisa lihat video di bawah ini…

Yuk kuliah di UMP, pasti asik dan membanggakan…

Witri Prasetyo AjiCompetitionKULIAH DI UMP YUK,PURWOKERTO,UMP,UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO,UNIVERSITAS SWASTA TERBAIK DI JAWA TENGAH BAGIAN BARATKULIAH DI UMP YUK, UNIVERSITAS SWASTA TERBAIK DI JAWA TENGAH BAGIAN BARAT Bulan April dan Mei, bulan yang bisa dibilang bulan sibuk untukpara guru dan siswa. Secara, di bulanApril dan Mei para anak-anak sekolah kelas 6 SD, IX SMP dan XII SMA/SMK tengah berjuang mengerjakan soal ujian. Mana sekarang, untuk...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments