SEPOTONG KISAH DARI OSN 2019 DI YOGYAKARTA

By Witri Prasetyo Aji

Setelah sukses menjadi tuan rumah untuk O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) pada tahun 2018, tahun ini Yogyakarta kembali menjadi tuan rumah untuk OSN (Olimpiade Sains Nasional). OSN ini sebenarnya digelar di dua tempat, yaitu Manado dan Yogyakarta. Di mana di Manado ini untuk tingkat SMA, sementara di Yogyakarta ini untuk tingkat SD dan SMP. Dan sekarang, mari kita bahas tentang keseruan OSN 2019 di Yogyakarta.

 

Baca : O2SN Yogyakarta 2018

OSN 2019 DI YOGYAKARTA

 

OSN ini berlangsung dari tanggal 30 Juni 2019 sampai dengan 6 Juli 2019. Pada tanggal 1 Juli 2019 pembukaan OSN ini digelar di dua tempat, yakni The Rich Hotel Yogyakarta untuk tingkat SD dan di Hotel Alana Yogyakarta untuk tingkat SMP.

 

Selanjutnya, untuk lombanya sendiri juga digelar terpisah. Untuk tingkat SD tetap di The Rich Hotel Yogyakarta. Untuk OSN-SD ini hanya ada 2 mata pelajaran yaitu IPA dan Matematika.  Untuk hari pertama, Selasa tanggal 2 Juli 2019, 0SN-SD dengan tema tes tertulis untuk mata pelajaran IPA dan Matematika. Sementara untuk hari kedua, Rabu tanggal 3 Juli 2019  dengan tema tes ekperimen IPA dan tes eksplorasi Matematika.

 

Sementara untuk tingkat SMP berada di Universitas Negeri Yogyakarta untuk mata pelajaran IPA dan IPS dan SMP 8 Yogyakarta untuk mata pelajaran Matematika.

 

Dari seluruh peserta OSN tingkat SD maupun SMP, semuanya mendapatkan beasiswa tabungan pendidikan sebesar 3 juta rupiah. Pada hari Kamis tanggal 4 Juli 2019, seluruh peserta OSN menandatangani buku tabungan. Penadatanganan buku tabungan ini digelar di Hotel Alana Yogyakarta.

 

Penutupannya dilaksanakan pada hari Jumát, tanggal 5 Juli 2019. Untuk OSN-SD penutupan serta pengumuman OSN-SD digelar di Hotel The Rich Yogyakarta. Sementara OSN-SMP digelar di Hotel Alana Yogyakarta.

 

Yang menarik dari penutupan OSN-SD ini adalah para peserta menggunakan pakaian adat asal daerahnya. Lucu-lucu sekali.

 

Pembukaan serta penutupan OSN ini seru sekali. Sewaktu pembukaan OSN, ada penampilan dari Tasya pemenang The Voice  Session 1 dan ternyata Tasya ini pernah menjadi Juara FLS2N dan mendapatkan juara 1. Keren sekali pokoknya. Selain penampilan dari Tasya, pembukaan OSN juga dimeriahkan dengan penampilan pantomim dari SD Muhammadiyah Sopen Yogyakarta, ada juga penampilan tari Pancarupa dari SMP 5 Yogyakarta.

 

Penutupan OSN juga tidak kalah seru. Penutupan OSN kemarin dimeriahkan dengan Perform Violin yang membawakan soundtrack Alladin : A Whole New Word, ada penampilan dari Naila dari SD Nogotirto yang menyanyikan lagu Terbaik, dan masih banyak keseruan lainnya.

 

Untuk siapa saja yang mendapat medali emas, medali perak dan medali perunggu, baca sampai akhir yah 🙂

BERAPA SIH BANYAKNYA PESERTA OSN INI? TERUS DARI KOTA MANA SAJA?

 

OSN yakni Olimpiade Sains Nasional, pastinya pesertanya juga nasional. Untuk tingkat SD, OSN-SD diikuti sebanyak374 orang yang terdiri dari 272 peserta didik, 34 ketua Tim, dan 68 Pembina. Sementara kalau berdasarkan wilayah, OSN-SD tahun 2019 ini diikuti oleh 171 kabupaten/kota, 33  kab/kota merupakan daerah 3T atau 19.3% dari keseluruhan peserta. Peserta terbanyak yaitu 10 peserta yang terdiri dari 5 peserta bidang IPA dan 5 bidang Matematika, sebanyak 17 provinsi yaitu berasal dari  Provinsi Aceh, Bali, Banten,  D.I. Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

 

Sedangkan untuk jenjang SMP, OSN-SMP ini diikuti sebanyak 476 orang yang terdiri dari 408 peserta didik dan 68 orang pendamping.

SUASANA OSN-SD DI HARI KEDUA

 

Mengerjakan tes ekperimen IPA dan tes eksplorasi Matematika, seperti apa suasananya? Kebetulan saya bertugas meliput OSN-SD ini di hari kedua.

 

Sewaktu saya sampai di The Rich Hotel Yogyakarta, parapeserta OSN-SD sudah mulai memasuki ruangan tes. Sementara orang tuanya hanya boleh menunggu di loby hotel.

 

Area tes ini benar-benar steril, penjagaannya ketat sekali. Sewaktu saya meminta izin untuk mengambil foto dan video, itupun hanya diberi waktu beberapa menit. Mungkin takut mengganggu para peserta OSN.

 

Saya menunggu sampai akhir tes. Saya bertanya ke beberapa peserta tes yang ternyata jumlah soalnya hanya ada 6 butir. Tapi jangan ditanya, mudah apa susah? Katanya sih susah, tapi ada pula yang bilang mudah tapi tak selesai dua. Heheheh…  🙂

SIAPA SAJA YANG MEMBAWA PULANG MEDALI, NIH?

 

Yang namanya olimpiade, pasti ada juara. Ada yang mendapat medali emas, medali perak serta medali perunggu. Dan, yang mendapatkan medali emas terbanyak bakalan mendapat piaa bergilir.

 

Untuk peserta OSN yang mendapat medali emas, akan mendapatkan tambahan tabungan pendidikan sebesar 5 juta, untuk yang mendapat medali perak mendapatkan tambahan tabungan pendidikan sebesar 4 juta, dan untuk yang mendapatkan medali perunggu akan mendapatkan tambahan tabungan pendidikan sebesar 3 juta.

 

Di bawah ini, grafik provinsi mana saja yang membawa pulang medali :

Itulah sepotong kisah dari OSN 2019 di Yogyakarta kemarin. Sampai jumpa OSN 2020.

Witri Prasetyo AjiInformationOSN 2019,OSN SD,SEPOTONG KISAH DARI OSN 2019 DI YOGYAKARTASEPOTONG KISAH DARI OSN 2019 DI YOGYAKARTA By Witri Prasetyo Aji Setelah sukses menjadi tuan rumah untuk O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) pada tahun 2018, tahun ini Yogyakarta kembali menjadi tuan rumah untuk OSN (Olimpiade Sains Nasional). OSN ini sebenarnya digelar di dua tempat, yaitu Manado dan Yogyakarta. Di mana di...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments