SUASANA LKS TINGKAT SMK DI FAKULTAS TEHNIK – UNY

Kalau minggu kemarin di Yogyakarta digelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SD dan SMP, minggu ini di Yogyakarta kembali digelar event pendidikan yaitu Lomba Komptensi Siswa (LKS) Tingkat SMK. LKS SMK ini berlangsung mulai dari tanggal 7 sampai dengan 13 Juli 2019.

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat SMK 2019 di UNY
Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat SMK 2019 di UNY

LKS SMK 2019 ini adalah yang ke XXVII. Di mana pada LKS SMK 2019 ini ada 32 jenis bidang lomba yang dilombakan. Selain itu, juga ada kegiatan pendukung seperti : pameran produk inovasisiswa SMK, job matching, sertifikasi kompetensi, workshop, pameran industry, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), One School One Province (OSOP), dan wisata edukasi.

Baca : Sepotong Kisah dari OSN 2019 di Yogyakarta

LKS SMK 2019 yang digelar di Yogyakarta ini digelar di beberapa tempat. Diantaranya : pembukaan digelar di Sportorium UMY dan penutupannya digelar di Slmean City Hall. Sementara selama perlombaan, ada yang diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) dan juga digelar di Fakultas Tehnik UNY. Yang di JEC sih seru banget, di sana bukan hanya digelar lomba antar SMK saja, melainkan juga adapameran-pameran karya anak SMK dari berbagai provinsi.  Untuk  tempat lomba dan bidangnya, lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini yah?

Suasana LKS Tingkat SMK di Fakutas Tehnik – UNY

Rabu, 10 Juli 2019. Tepatnya seminggu yang lalu saya berkesempatan untuk meliput kegiatan Loma Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat SMK yang digelar di Fakultas Tehnik, Universitas Yogyakarta (UNY). Yah meski sebenarnya kepengen banget ke JEC sembari berbelanja hasil karya anak SMK dari berbagai penjuru Indonesia.

LKS SMK 2019 yang diadakan di Fakultas Tehnik UNY ini berada di lantai 2 dan 3. Di lantai 1, ada pameran karya anak UNY. Di depan gedung, ada mobil E-Car UNY yang sekilas kalau aku lihat lebih mirip mobil Ay♥♥ maupun Ag♥♥. Cocok nih dipakai emak-emak buat belanja ke pasaratau antar jemput anak ke sekolah. hehehe…lol

Ada lagi mobil UG 19 (Urban Garuda 19). Mobil UG I9 ini adalah karya dari Team Garuda UNY. Mobilnya seperti mobil balap. Aku berkesempatan untuk menaikinya loh, mobilnya ini Cuma muat satu orang dan ringan banget. Mobil UG 19 ini tuh pernah menjadi Juara Kedua For Urban Concept Ice Asia Pasific. Keren banget, kan yah?

Selain monil E-Car UNY dan UG 19, ada pula pameran busana. Ada 3 model busana yang dipamerkan.

Terus, ada lagi pameran robot. Robot-robot ini tidak dibuat dengan asal, tapi ada temanya loh… yuk berkenalan satu persatu dengan robotnya.

  • Gareng Punk

Robot yang bernama Gareng Punk ini adalah hasil karya dari Tim Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) UNY. Tim ini mengikuti Tim Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Berkaki (KRPAI Berkaki) yang mengusung tema dari Trinity College Fire Fighting Robot Contest yang setiap tahun diadakan di Amerika Serikat.

  • Al-´Aadiyaat

Al-.’Aadiyaat ini adalah hasil karya dari Tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI) UNY yang mengikuti Tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI) yang mengusung tema dari RoboCup.

Robosoccer tergolong Robot Humanoid, karena memiliki bagian-bagian seperti tubuh manusia. Robosoccer UNY pernah mendapatkan juara 3 KRSBI tingkat nasional pada tahun 2011.

  • Rosemery

Si cantik kayak boneka Barbie ini bernama Rosemery. Rosemery ini adalah karya dari Tim Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) UNY yang mengikuti Kontes Robot Seni Tari Indonesia )KRSTI).

Tema dari Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) ini setiap tahun berubah-ubah. Pada tahun 2018 yang lalu, tema dari KRSTI mengusung tema Robot Penari Remo. Sementara tahun ini, tema dari KRSTI adalah Robot Penari Jaipong.

  • Werkudhara

Werkudhara, namanya seperti nama tokoh dalam pewayangan. Yaitu salah satu dari Pandhawa.

Werkudhara ini merupakan salah satu divisi dari Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI). Divisi VTOL Drone Quadcopter, dengan misi pick and drop barang.

Werkudhara terbang secara full-autonomos di wilayah yang terdapat dua lokasi survival kit.

  • Abhinaya

Abhinaya ini adalah karya dari Tim Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) UNY. Tim ini mengikuti Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).  Padatahun 2019 ini mengambil tema RobotPertanian Padi, yang mana masalah kecukupan pangan saat ini dinilai sangat penting bagi ketahanan bangsa dan negara.

Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) ini diharapkan menjadi wadah untuk mengembangkan dan menyampaikan ide untuk pruktifitas pertanian pangan melalui otomasi dan robotika.

Suasana LKS SMK 2019 di Fakultas Tehnik – UNY di Lantai 2

Di lantai 2 ini ada lomba Mechanical Engineering CAD. Suasanya tuh tertutup banget. Bahkan saya tidak diberi izin untuk mengambil foto. Etapi, dari panitianya memberi foto maupun video sih.

Suasana LKS SMK 2019 di Fakultas Tehnik – UNY di Lantai 3

Kalau suasana lomba di lantai 3 ini bisa dibilang terbuka karena hanya dipisahkan oleh sekat-sekat saja. Ada 3 macam perlombaan yang dilombakan yaitu : IT Network Systems Administration, IT Network For Business, dan Web Technology.

Dengan adanya Lomba Kompetensi Siswa Tingkat SMK ini diharapkanlulusan SMK bisa berkompeten menyongsong revolusi industry 4.0.Secara yah, zaman sekarang tuh anak SMK pada keren-keren. Dan SMK tidak hanya diisi anak cowok saja, melainkan juga banyak anak cewek yang masuk SMK. Berbeda dengan zaman SMA saya dulu (2006-2008), rata-rata SMK diisi oleh anak cowok.

Itu adalah sekilas tentang Lomba Kompetensi Siswa Tingkat SMK ke XXVII yang berlangsung di Yogyakarta. SMK Bisa! SMK Hebat!

Witri Prasetyo AjiInformationEVENT PENDIDIKAN,LKS SMK,LKS SMK 2019,LKS SMK 2019 YOGYAKARTA,LKS Tingkat SMK,PENDIDIKAN,SMK,SMK BISA,SUASANA LKS TINGKAT SMK DI FAKULTAS TEHNIK – UNY,YogyakartaSUASANA LKS TINGKAT SMK DI FAKULTAS TEHNIK – UNY Kalau minggu kemarin di Yogyakarta digelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat SD dan SMP, minggu ini di Yogyakarta kembali digelar event pendidikan yaitu Lomba Komptensi Siswa (LKS) Tingkat SMK. LKS SMK ini berlangsung mulai dari tanggal 7 sampai dengan 13 Juli 2019. Lomba Kompetensi Siswa (LKS)...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments