MERDEKA ITU #JANGANTAKUTBERKURBAN

Hallo semuanya, apa kabarnya? Tidak terasa yah sudah bulan Agustus, bulan yang konon katanya bulan kemenangan dan bulan penuh dengan perlombaan, yekan? Bdw, kalau Agustus kayak gini tuh pasti kampung-kampung pada heboh banget, heboh pasang umbul-umbul, heboh ngadain perlombaan yang aneh-aneh dan heboh tirakatan di malam 17-an. Yang kayak gini di tempat teman-teman semua masih ada enggak? Tempatku dong masih. Bahkan sudah sejak akhir Juli kemarin rapat pembentukan panitia 17-an, bakalan ada lomba apa saja, terus ngadain pensi di malam tirakatan, upacara juga pas tanggal 17, heboh banget pokoknya.

Jadi, menurut teman-teman semuanya, apa sih arti 17 Agustus? Apa arti merdeka yang sebenarnya? Bisa banget diceritain… hehehe 😊

Dan di postingan kali ini aku mau membahas soal kemerdekaan dan juga kurban. Secara yah Idul Adha tahun ini jatuh pada bulan Agustus. Jadi, bulan ini kita tidak sekedar memperingai HUT RI saja loh, tapi juga memperingati Hari Raya Idul Adha.

Nah, Idul Adha gini kan identik banget dengan hewan kurban. Lantas, apa yang sudah teman-teman siapkan untuk menyambut Idul Adha? Masa iya 17-an aja disiapin, Idul Adha enggak? Enggak lucu banget, kan?

#JanganTakutBerkurban bersama Dompet Dhuafa

Bicara soal berjurban, teman-teman sekalian pernah berkurban belum? atau sudah punya niatan untuk berkurban. Kalau aku pribadi sih jujur saja belum pernah berkurban, akan tetapi keinginan bisa berkurban itu ada. Iya, baru keinginan dan niatnya semoga tahun depan sudah bisa berkurban. Aamiin.

Lantas, langkah apa saja yang sudah aku lakukan untuk bisa berkurban?

  1. menyisihkan sebagian pendapatan. Menyisihkan yang aku maksud itu adalah tiap bulan itu punya pos sendiri untuk tabungan berkurban. semisal 5% dari gaji sakan aku tabung untuk beli hewan kurban. Aku sudah mulai melakukannya dan semoga saja selalu ada rejeki lebih dan hati yang tak goyah untuk meluruskan niat ini. Karena mau seberapapun banyaknya rejeki kalau hatinya tidak niat ya sama saja bohong. hehehe…
  2. ikut arisan kurban. Kalau lebaran Idul Fitri saja dipersiapkan sampai ikut arisan sembako maupun makanan, kenapa Idul Adha tidak? Dan arisan kurban ini aku tahu dari teman aku yang Insya Allah tahun ini sudah ikut berkurban, beneran berkurban ya bukan kurban perasaan. hehehe… Jadi begini, ini bukan arisan kocokan yang kalau kita dapat duluan terus jadi pemenangnya, sama saja itu kita berhutang. Tidak lucu kan kalau berkurban kok berhutang? Nah, yang berbeda dari arisan berkurban ini itu sebenarnya bisa dikatakan menabung. Jadi kita membuat rombongan yang meniatkan pas Idul Adha nanti mau membeli seekor sapi. 1 rombongan terdiri dari 7 orang. Dari rombongan ini, setiap bulan kita membayar iuran, pas Idul Adha dibelikan sapi dan kalau uangnya kurang ya kita nambah iurannya. Menurut aku, cara ini bisa loh ditiru.

Dua cara di atas bisa banget diterapin kalau kita memang benar-benar ingin berkurban. Meskipun bukan hal wajib, tapi tidak ada salahnya kan sesekali ikut berkurban?

Zaman now, membeli hewan kurban juga bukan perkara yang sulit kok. Teman-teman juga bisa berkurban lewat Dompet Dhuafa. Sudah tahu belum apa itu Dompet Dhuafa?

Baca : Sasakawa Foundation Dompet Dhuafa Untuk Taman Jurug Solo

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ZISWAF), serta dana halal lainnya.

Dan Dompet Dhuafa ini hadir untuk mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. Selain itu, Dompet Dhuafa juga berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (humanitarian) dan wirausaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship). Dompet Dhuafa ini keren banget, kan?

Dompet Dhuafa tidak hanya mengajak kita untuk #jangantakutberqurban, akan tetapi juga punya program lain seperti #jangantakutberzakat, bersedekah dan yang lainnya. Pokoknya, program-program Dompet Dhuafa ini keren banget dech…

Aku sendiri sangat mendukung program-program dari Dompet Dhuafa ini. #jangantakutberkurban. Iya, jangan takut! Kenapa harus takut? Berkurban kan tidak membuat kita miskin, yekan? Kalau selama ini kita enggak pernah takut mengeluarkan duit buat memenuhi gaya hidup yang terkadang sok hedon, atau mengeluarkan duit buat hal-hal unfaedah, lantas kenapa kita takut berkurban? #selfreminder

Jadi pengingat buat diri sendiri, selama hati ini masih takut untuk berkurban, berarti hati ini belum merdeka. Belum merdeka dari ketakutan akan harta yang berkurang, belum merdeka akan ketakutan jika berkurban jadi miskin, dan yang lainnya. Jadi, mulai sekarang yuk luruskan niat #jangantakutberkurban. Kalaupun tahun ini belum bisa berkurban, semoga tahun depan dan depannya lagi kita bisa berkurban. Aamiin.

Program #jangantakutberkurban Dompet Dhuafa

Sudah sejak tahun 1994 loh Dompet Dhuafa ini menghadirkan program Tebar Hewan Kurban, dan kalau tahun ini sih programnya Jangan Takut Berkurban. Jadi, kita diajak untuk tidak ragu maupun khawatir soal hewan qurban. Dan pertama kali, program Tebar Hewan Kurban ini bernama Menebar 999 Hewan Kurban dan di tahun 1998 berubah nama menjadi Tebar Hewan Kurban.

Dan program Tebar Hewan Kurban dari Dompet Dhuafa ini sudah berhasil menyebarkan hewan-hewan kurban ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah pelosok.

Lantas, apa manfaat #jangantakutberkurban lewat Dompet Dhuafa ini?

Banyak banget manfaat ataupun keuntungan jika kita berqurban lewat Dompet Dhuafa. Aku akan jelaskan satu persatu…

  1. kemudahan layanan berkurban. Berkurban lewat Dompet Duafa ini mudah sekali, karena ; konter kurban berada di berbagai mall, jadi yang mau berkurban tidak perlu membeli hewan kurban ke pasar hewan, bisa lewat konter-konter Dompet Duafa yang tersebar di berbagai mall. Selain itu, transaksinya juga aman, bisa lewat rekening. Tahu sendiri kan kalau transaksi langsung atau cash itu rawan dilirik jambret? Selain itu, kemudahan lain berkurban lewat Dompet Duafa adalah adanya layanan antar jemput hewan kurban, dan layanan kurban cukup melalui website https://kurban.dompetdhuafa.org/
  2. tebar hewan kurban ke seluruh pelosok negeri. Pernah tidak mau berkurban tapi bingung mau ngasih daging kurbannya kemana lantaran sudah banyak orang yang sekitar yang berkurban? Sementara di belahan wilayah lain, ada yang wilayahnya sama sekali tidak ada yang berkurban. Nah, berkurban lewat Dompet Duafa ini kita bisa berkurban dan dagingnya di bagikan ke seluruh wilayah sampai ke pelosok negeri.
  3. laporan kurban yang transparan. Mungkin ada yang berfikir, dibagikan sampai ke seluruh pelosok negeri? Masa iya? Masih banyak loh orang-orang yang tidak percaya. Nah, #jangantakutberkurban lewat Dompet Duafa deh karena laporannya transparan. Enggak bakalan kena tipu kok… Jadi, setiap orang yang berkurban lewat Dompet Dhuafa, mereka akan mendapatkan laporan kurban berupa laporan donasi, foto-foto pelaksanaan, serta informasi kurban dari berbagai daerah. Atau, para pekurban atau donatur bersama tim Dompet Dhuafa juga bisa melihat langsung ke daerah.
  4. hewan kurbannya juga berkualitas. Hewan kurban bisa dipastikan sehat, lepas gigi, jantan dan pemotongannya juga sesuai syariah Islam. Untuk harga-harganya, bisa lihat gambar di bawah ini 🙂
  5. memberdayakan peternak dan ekonomi desa.

Nah, jadi tunggu apalagi? Kalau sudah merdeka–secara finansial maupun batin–yuk ah #jangantakutberkurban bersama Dompet Dhuafa…

Witri Prasetyo AjiReview BlogDhompet Dhuafa,MERDEKA ITU #JANGANTAKUTBERKURBANMERDEKA ITU #JANGANTAKUTBERKURBAN Hallo semuanya, apa kabarnya? Tidak terasa yah sudah bulan Agustus, bulan yang konon katanya bulan kemenangan dan bulan penuh dengan perlombaan, yekan? Bdw, kalau Agustus kayak gini tuh pasti kampung-kampung pada heboh banget, heboh pasang umbul-umbul, heboh ngadain perlombaan yang aneh-aneh dan heboh tirakatan di malam 17-an....Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments