MENGINTIP MODA TRANSPORTASI DI BANDARA ADI SOEMARMO BARENG MENTRI PERHUBUNGAN RI

Hay readers ! Sebentar lagi jalur kereta dari stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Sumarmo Solo sudah mau dibuka lho ! Yuk simak bocoranya !

Jadi kemarin, Jum’at, 6 September 2019, ada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bersama Kementrian Perhubungan di Stasiun Kereta Api yang ada di Bandara Adi Sumarmo Solo. Kegiatan ini bertajuk Infrastruktur Transportasi Untuk Konektivitas Joglosemar. Acara ini dibuka langsung oleh mentri perhubungan republik Indonesia, Bapak Ir. Budi Karya Sumadi.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, dilanjudkan do’a dan acara inti baru dimulai. FGD ini dimoderatori oleh presenter dan pembaca berita di Metro TV, Aviani Malik. Ada 5 pembicara dalam forum ini, yakni Dirjen Perhubungan Darat, Direktur Prasarana Perkeretaapian, Dirut PT KAI, Direktur Operasional Angkasa Pura I, Pimpinan Redaksi Solopos dan Akademisi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yang menarik nih, pemaparan tentang hadirnya transportasi kereta api dari Stasiun Balapan Solo ke Bandara Adi Sumarmo Solo. Nah, nanti bakal ada 16 jadwal perjalanan kereta dari Stasiun Balapan Solo ke Bandara Adi Sumarmo Solo dan 16 jadwal keberangkatan dari Bandara Adi Sumarmo Solo ke Stasiun Balapan Solo. Jarak kedua tempat itu sekitar 12,997 Km. Dimana waktu perjalananya tuh sekitar 20 menit aja. Nanti  berhenti di stasiun Kadipiro sekitar 2 menit. Diperkirakan puncak kecepatan dari stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Sumarmo adalah 75 km/jam, sedangkan dari Kadipiro – Adi Soemarmo puncak kecepatanya sekitar 80 Km/Jam. Jika transitnya lebih dari satu tempat, diperkirankan waktu tempuh dari Stasiun Balapan Solo ke Bandara Adi Sumarmo Solo sekitar 25 menit aja.

Jenis rangkaian kereta yang bakalan digunakan nantinya adalah kereta 1 KRDE K1. Kapasitas rangkaianya 396 penumpang dengan rincian 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri. Kapasitas penumpangnya nih, sekitar 12.676 penumpang / hari. Keretanya juga punya fasilitas sangat memadai lho. Ada toilet, pendingin udara, TV, USB port. ‘

Hadirnya transportasi ini juga di dukung frontliner yang memadai. Di Stasiun Solo Balapan ada 1 loket dengan 4 petugas yang dinas selama 24 jam. Kalau di Stasiun Kadipiro ada 1 loket dan 1 customer service, 4 petugas loket dan 2 petugas customer service. Petuguas loket ini dinas selama 24 jam. Sedangkan customer service dinas dari jam 6.00 sampai 22.00. Jika di Bandara Adi Sumarno, ada 2 loket dan 1 customer service. Disana ada 7 petugas loket dan 3 customer service. Jam dinas petugas loket dan customer service sama dengan di stasiun Stasiun Kadipiro. Menarik kan?

Tak kalah menarik, terminal Tirtonadi Solo juga bakal direvitalisasi. Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo pernah menyampaikan, ke depan Terminal ini akan ramah lingkungan , sejuk dan nyaman karena di konsep sebagai Green Terminal. Terminal Bus Tirtonadi Solo juga akan dikembangkan dengan konsep multifungsi, yakni sebagai terminal sekaligus pertokoan dan tempat rekreasi, akan dijadikan model pengembangan terminal d kota-kota lain. Jadi, terminal tirtonadi Solo sekarang makin nyaman. Cocok deh  buat kalian yang mau traveling ke kota Solo.

Tak kalah juga, kawasan Joglosemar juga bakal dikembangkan. Ada 2 alternatif pengembangan kawasan ini. Pertama, ada Transit Oriented Developtmen (TOD). Konsep ini bakal meninitikberatkan pada moda angkutan masal KA da BRT. Kawasan TOD ini nih, pada umunya dikembangkan disekitar kawasan terminal terpadu dan stasiun.

Kedua, Aetropolis. Altrenatif ini menitikberatkan pada moda angkutan udara. Umumnya nih Readers, kawasan aetropolis dengan bandara sebagai titik sentral dengan radius 30 km.

Wah, menarik banget kan? Kalau main ke Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang) bakal lebih mudah. Apalagi melancong ke Solo. Dijamin, adanya fasilitas ini bakal memanjakan pelancong semua. Yuk sering-sering melancong ke Solo!

Witri Prasetyo AjiInformationMENGINTIP MODA TRANSPORTASI DI BANDARA ADI SOEMARMO BARENG MENTRI PERHUBUNGAN RI Hay readers ! Sebentar lagi jalur kereta dari stasiun Solo Balapan ke Bandara Adi Sumarmo Solo sudah mau dibuka lho ! Yuk simak bocoranya ! Jadi kemarin, Jum’at, 6 September 2019, ada kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bersama Kementrian Perhubungan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments