GENERASI MILINEAL MELEK KOPERASI DIGITAL

Zaman sekarang semua serba digital. Buka tabungan, nabung, pinjam uang, belanja, semua serba digital. Pun dengan koperasi. Zaman now ada loh koperasi digital, penasaran kan? Akupun, makanya mari kita bahas!

Generasi Milineal melek Koperasi Digital

Bicara soal koperasi, ingatan saya langsung tertuju ke masa SD. Koperasi sekolah yang menjual jajanan sekolah. Terus pas SMP, juga ada koperasi sekolah dan setiap awal semester pasti langsung menyerbu koperasi sekolah buat beli buku LKS. Hmm, sewaktu SMP sih koperasinya lumayan lengkap, beda sama pas SD. Tapi ya beli di koperasi cuma waktu beli buku LKS doang. Heheheh ๐Ÿ˜Š

Sebenarnya, apa sih koperasi itu? Yuk kembali ke pelajaran ekonomi sejenakโ€ฆ

Menurut Wikipedia, koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Koperasi ini ada beberapa macamnya ternyata, bukan hanya koperasi sekolah yang menjual barang-barang keperluan sekolah saja. Beberapa jenis koperasi yaitu :

Jenis-jenis koperasi berdasarkan jenis usahanya :

  1. Koperasi produsen
  2. Koperasi konsumen
  3. Koperasi simpan pinjam
  4. Koperasi serba usaha

Jenis-jenis koperasi berdasarkan tingkatannya :

  1. Koperasi primer
  2. Koperasi sekunder

Jenis-jenis koperasi berdasarkan status anggotanya :

  1. Koperasi pegawai republic Indonesia
  2. Koperasi pasar (Koppas)
  3. Koperasi unit desa (KUD)
  4. Koperasi sekolah

Jenis-jenis koperasi berdasarkan fungsinya :

  1. Koperasi konsumsi
  2. Koperasi jasa
  3. Koperasi produksi
  4. Koperasi pemasaran

Waow, ternyata jenis-jenis koperasi itu banyak sekali yah ๐Ÿ˜Š di antara jenis-jenis koperasi di atas, kalian pernah ikut koperasi apa saja? Kalau saya dulu jelas ikut koperasi sekolah dan sekarang di tempat kerja saya juga ikut koperasi tapi koperasi simpan pinjam.

Alasan saya ikut koperasi lantaran saya suka sama prinsip kerja koperasi, yaitu :

  • Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela
  • Pengelolaan yang demokratis,
  • Partisipasi anggota dalam ekonomi,
  • Kebebasan dan otonomi,
  • Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.

Dan di Indonesia sendiri juga telah dibuat UU no. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Prinsip koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992, yaitu :

  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
  • Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota
  • Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
  • Kemandirian
  • Pendidikan perkoperasian
  • Kerjasama antar koperasi

Sementara prinsip Koperasi berdasarkan UU No. 17 Th. 2012, yaitu modal terdiri dari simpanan pokok dan surat modal koperasi (SMK).

Sebenarnya kalau berbicara soal koperasi bakalan puanjang banget dan lebih panjang dari rel kereta api. Apalagi kalau membahas soal sejarah koperasi, dibahas sampai lebaran kucing juga enggak bakalan kelar-kelar.

Langsung saja kita bahas tentang koperasi digital, yaitu koperasinya generasi milineal zaman now. Zaman yang serba digital gini, koperasipun juga enggak ketinggalan dong, koperasi hadir dalam bentuk koperasi digital.

Apa itu koperasi digital?

Koperasi digital ini adalah transformasi koperasi dari sistem tradisional (kuno) ke era digital agar koperasi tetap bertahan. Dan transformasi koperasi ini tidak hanya mengaplikasikan software terbaru saja, akan tetapi juga melakukan perubahan model bisnis, manajemen, dan pelayanan. Jadi, pada industri 4.0, poin inti koperasi digital adalah menggabungkan dunia cyber dan dunia physical. Dengan konsep utamanya adalah membangun information society. Teknologi melebur ke dalam kehidupan sehari-hari manusia. Pelaku utamanya bukan teknologi, tetapi tetap manusianya.

Karena koperasi sangat berperan penting untuk kesejahteraan rakyat, tidak ada salahnya jika koperasi tradisional bertransformasi menjadi koperasi zaman now yaitu koperasi digital. Secara, zaman now di dominasi anak-anak milineal yang serba digital dan selalu mendambakan kemudahan.

Lantas apa saja sih sebenarnya peran koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat?

  1. Mengembangkan kegiatan usaha masyarakat
  2. Meningkatkan pendapatan anggota
  3. Mengurangi tingkat pengangguran
  4. Meningkatkan taraf hidup masyarakat
  5. Turut mencerdaskan bangsa
  6. Membangun tatanan perekonomian nasional

Banyak banget kan peran koperasi untuk kesejahteraan rakyat terutama soal ekonomi. Makanya, koperasi itu jangan sampai punah. Dan agar koperasi tetap eksis, makanya koperasi bertransformasi menjadi koperasi digital.

Dan sebuah perusahaan Sistem Digital Transaksi Indonesia (SDTI) yang merupakan salah satu Perusahaan Inovasi yang di kembangkan oleh PT Multi Inti Digital Bisnis (MDB) hadir melalui produk coopRASI sebagai solusi untuk membuat koperasi lebih maju dan dapat tumbuh dan berkembang bersama-sama di dunia koperasi.

Produk dari coopRASI ini ada 2, yaitu : coopRASI core system dan coopRASI mobile apps.

CoopRASI core system ini adalah sebuah produk yang berbasis online yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja dan dengan keamanan standar perusahaan multi nasional.

CoopRASI mobile apps yaitu koperasi dapat bertransformasi digital di mana para anggotanya dapat melihat saldo simpanan, pinjaman, dan sisa hasil usaha cukup dari smartphone.

CoopRASI mobile apps inilah yang cocok untuk generasi milineal zaman now. Di mana generasi milineal zaman now serba ingin mudah dan simple. Serta hampir semua kegiatan mereka lakukan cukup dari genggaman. So, jika ada koperasi digital yang semua bisa dilakukan cukup dari smartphone, saya rasa koperasi akan kembali berjaya dan tidak kalah dengan fintech yang sekarang ini tengah marak beredar di masyarakat.

Setelah lebih paham tentang koperasi dan juga tahu tentang koperasi digital, apakah ada niatan nih gabung dengan koperasi digital? Share yuk ceritanya, kita ngobrol barengโ€ฆ ๐Ÿ˜Š

#PRAJA2019 #anugerahMISGroup #koperasi #wirausaha

Witri Prasetyo AjiCompetitionInformation#anugerahMISGroup,#PRAJA2019GENERASI MILINEAL MELEK KOPERASI DIGITAL Zaman sekarang semua serba digital. Buka tabungan, nabung, pinjam uang, belanja, semua serba digital. Pun dengan koperasi. Zaman now ada loh koperasi digital, penasaran kan? Akupun, makanya mari kita bahas! Generasi Milineal melek Koperasi Digital Bicara soal koperasi, ingatan saya langsung tertuju ke masa SD. Koperasi sekolah yang menjual jajanan sekolah. Terus pas...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments