MUDA BERINVESTASI, MASA TUA TINGGAL MENIKMATI

Pernah dengar pepatah, muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga? Menurut saya pribadi, pepatah itu HOAX. Lah bagaimana bisa tua kaya raya kalau masa muda digunakan untuk foya-foya? Kecuali anak sultan yang kekayaannya tidak habis tujuh turunan, itu beda lagi ceritanya. Bagaimana bisa masuk surga kalau semasa hidup foya-foya? Wong yang semasa hidupnya rajin beribadah saja surga belum tentu jadi miliknya.

Etapi kali ini saya sih bukannya mau membahas soal ibadah maupun surga atau neraka. Kehidupan seseorang dan urusannya dengan Tuhannya ya biarkan menjadi urusan dapurnya sendiri. Tidak perlu ikut campur, meskipun sebenarnya memperingatkan itu baik.

Kali ini saya mau fokus membahas tentang investasi. Iya, INVESTASI. Usia saya bulan ini sudah menginjak angka 29. Angka yang menurut saya tak lagi muda. Angka yang seharusnya diusia ini saya sudah cukup mapan—menurut pandangan saya—dan sudah punya beberapa investasi. Tapi faktanya? Baru mulai tahun ini saya memikirkan soal investasi. Setelah sebelumnya punya uang cuma buat dolan, jajan dan belanja apa saja yang saya suka. Jadi pas waktu bayar sekolah anak, undangan ke kondangan numpuk, terus dapat musibah sakit atau kecelakaan baru terasa, saya kok kere banget? Selama ini kerja, uangnya buat apa? Lalu merenung dan mulai sadar akan pentingnya investasi dan mengatur perencanaan keuangan secara lebih detail.

Kalau ditanya, usia berapa seharusnya mulai berinvestasi? Semuda mungkin. Iya… semuda mungkin seharusnya sudah memikirkan akan pentingnya investasi, biar masa tua nanti tinggal menikmati. Ketika sudah berkeluarga sudah punya asset, sudah punya rumah, kendaraan, mau bayar sekolah anak juga tak lagi pusing.

Akan tetapi… ya tidak terlambat juga kalau baru saat ini sadar akan pentingnya investasi. Buat saya pribadi, lebih baik terlambat memulai dari pada sama sekali tidak memulainya.

Lantas, investasi apa yang cocok untuk anak muda? Tabungan berjangka? Menabung emas? Saham? Obligasi? Reksa dana? Deposito? Atau mulai investasi property?

Bicara soal investasi pasti bakalan paaannnjjjaaanggg. Mungkin akan lebih panjang dari rel kereta api.

Seorang teman pernah menasehati saya, sebelum memulai investasi, pikirkan dulu apa tujuannya investasi tersebut? Terus pikirkan juga mau investasi berapa lama? Semisal, mau investasi buat biaya nikah. Sekarang usia berapa dan target nikah usia berapa? Missal 5 tahun. Dalam jangka waktu 5 tahun itu, kita bisa memilih mau investasi apa? Tabungan berjangka, saham atau reksa dana? Tentunya sebelum memutuskan mau investasi apa, kita juga harus mengenali produk-produknya, kelebihan serta kekurangannya.

Sebagai seorang yang baru memulai investasi dan investasi utama saya adalah untuk Pendidikan anak, investasi yang saya pilih bukanlah asuransi Pendidikan. Melainkan investasi REKSA DANA. Iya, REKSA DANA. Saya memilih investasi reksa dana bukan tanpa alasan, akan tetapi karena :

  1. Investasi reksa dana itu aman karena nilai resikonya paling kecil dibandingkan dengan investasi lainnya
  2. Biaya investasi reksa dana ini tergolong rendah, tapi keuntungannya maksimal
  3. Investasi reksa dana mudah dikelola
  4. Investasi reksa dana berbasis online, jadi lebih mudah dan tidak ribet
  5. Keuntungan tentang investasi reksa dana ini transparan
  6. Investasi reksa dana ini dikelola oleh manager investasi professional

Banyak sekali bukan keuntungan jika kita investasi reksa dana? Lantas, di mana kita bisa berinvestasi? Bukankah investasi reksa dana bisa secara online?

Salah satu aplikasi reksa dana online yang recommended adalah AJAIB. Apalagi AJAIB ini sudah terdaftar di OJK dan didukung oleh Softbank.

Di AJAIB ini kita bisa memulai berinvestasi dan memilih investasi yang sesuai dengan kita. Di Ajaib tak hanya ada investasi reksa dana saja, akan tetapi juga ada saham dan obligasi. Ada juga paket investasi loh 😊 oh ya, untuk reksa dana ini kita juga bisa memilih, mau membeli reksa dana di mana? Ada juga simulasinya, semisal investasinya selama setahun, 2 tahun, dan seterusnya, nanti berapa keuntungan yang kita dapat.

Menurut saya, di Ajaib ini komplit banget dan yang jelas sih bisa secara online.

Masih muda? Yuk mulai berinvstasi biar masa tua nanti tinggal menikmati.

Witri Prasetyo AjiUncategorizedMUDA BERINVESTASI, MASA TUA TINGGAL MENIKMATI Pernah dengar pepatah, muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga? Menurut saya pribadi, pepatah itu HOAX. Lah bagaimana bisa tua kaya raya kalau masa muda digunakan untuk foya-foya? Kecuali anak sultan yang kekayaannya tidak habis tujuh turunan, itu beda lagi ceritanya. Bagaimana bisa masuk surga kalau semasa hidup foya-foya?...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments