CARA ASYIK MENIKMATI #DIRUMAHAJA SELAMA PANDEMI COVID-19

Tidak terasa sudah satu bulan lebih Indonesia menerapkan social distancing dan hampir semua aktivitas dilakukan #dirumahaja. Bahkan, kegiatan belajar dan bekerjapun juga cukup dari rumah. Semua ini terjadi lantaran pandemi covid-19 atau sering disebut virus corona.

Berbicara soal virus corona atau covid-19, kita tidak bisa mengabaikan atau menyepelekannya. Dan kita juga harus mengetahui gejala awal virus corona seperti demam, batuk, pilek, gangguan pernafasan. Kalau mengalami gejala tersebut, tidak ada salahnya langsung periksa ke dokter. Dan kalau ada orang terdekat dengan gejala tersebut, kita juga bisa jaga jarak.

Mengingat penyebaran virus corona ini sangatlah mudah dan cepat, tidak ada salahnya kita mematuhi peraturan yang ada untuk tetap #dirumahaja sampai kondisi normal kembali.

Untuk sebagian orang, #dirumahaja mungkin bisa jadi sangat membosankan. Apalai bagi seseorang yang suka travelling. #dirumahaja bisa jadi seperti hukuman yang mengerikan.

Sebagai seorang ibu yang bekerja, awal #dirumahaja saya sangat menikmatinya. Menyibukkan diri dengan bersih-bersih rumah, menemani anak belajar hingga menikmati me time seperti membaca buku ataupun nonton film. Menurut saya yang biasanya memiliki waktu terbatas, kegiatan itu sangat menyenangkan. Akan tetapi… lama-lama saya juga merasakan bosan. Ada waktu yang rasanya ingin sekali pergi ke kantor, setiap pagi sudah mandi dandan rapi nenteng tas dengan wajah bersih bermake up. Ada waktu rindu jalan-jalan ke mall, nonton maupun mengajak anak bermain di taman.

Ah, tapi apa boleh buat. Semua rasa itu harus ditahan supaya pandemi segera berakhir. Setidaknya cukup #dirumahaja dan menjaga kebersihan bisa memutus rantai penyebaran virus corona.

Nah, supaya #dirumahaja jadi asyik dan tidak bosan, ada hal-hal yang saya lakuan :

  1. Bersih-bersih

Di masa pandemi seperti ini kita emang harus lebih memperhatikan soal kebersihan. Bukan hanya sering-sering cuci tangan dan menyemprotkan cairan disinfektan saja, akan tetapi kita juga harus lebih memperhatikan kebersihan rumah.

Selama #dirumahaja, saya yang biasanya ngepel 2 atau 3 hari sekali kini hampir setiap hari ngepel. Mencuci mainan anak juga saya lakukan.

Dengan menyibukkan diri membersihkan rumah, saya jadi tidak bosan #dirumahaja dan rumah juga semakin bersih.

Saya dan suami terkadang sebulan sekali nonton film ke bioskop. Iyaps, kami memang suka nonton. Tapi, saat pandemi dan dihimbau #dirumahaja mana bisa kami nonton. Untuk mengusir kebosanan dan mengobati rasa kangen nonton, nonton drakor atau film-film lama ternyata enggak kalah mengasyikkan.

  • Baca buku

Membaca buku bisa dibilang hobi. Apalagi membaca buku novel romantis. Argh… saya bisa lupa waktu. Selama #dirumahaja, saya bisa membaca banyak buku. Berbeda kalau masuk kerja, baca bukunya cuma sewaktu malam disaat anak sudah tidur. Itupun kalau tidak ada kerjaan.

  • Bercocok tanam

Di rumah ada lahan kosong? Kenapa tidak dimanfaatkan buat bercocok tanam? Kita bisa menanam sayuran, cabai, atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit dan lain sebagainya. Bercocok tanam ini juga kegiatan yang enggak kalah mengasyikkan kok. Selain mengusir kebosanan, bercocok tanam juga banyak manfaatnya.

  • Memasak

Saya biasanya malas masak. Tapi kalau Ramadan gini suka sekali masak. Biasanya Ramadan tetap masuk kerja, sampai rumah sudah capek, alhasil sering membeli takjil buat berbuka. Akan tetapi selama #dirumahaja, saya punya banyak waktu buat mencoba berbagai resep masakan.

  • Menjahit

Punya hobi menjahit? Selama #dirumahaja bisa hlo buat masker. Bisa dijual bisa juga disumbangkan.

  • Berkarya

#dirumahaja makin banyak waktu buat berkarya. Kita bisa berkarya sesuai dengan apa yang kita suka. Yang suka menulis, bisa hlo nulis buku ataupun blog, yang suka bermusik bisa juga bikin video lalu diupload di social media. Argh, sebenarnya banyak hal kok yang bisa kita lakukan selama #dirumahaja.

Selain melakukan hal-hal di atas biar tidak bosan, selama #dirumahaja juga bisa menjadi waktu untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan serta lebih dekat dengan keluarga. Kalau biasanya rumah hanya tempat pulang untuk beristirahat, sekarang rumah bisa menjadi dunia kecil kita untuk melaksanakan banyak hal bersama keluarga tercinta. Kalau biasanya waktu lebih banyak digunakan bersama rekan ataupun teman, selama #dirumahaja kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Oh ya, satu hal lagi yang tidak bisa diabaikan yaitu mengikuti perkembangan penyebaran virus corona serta jangan lupa baca artikel tentang kesehatan juga. Di masa pandemi seperti ini kita juga harus melek soal kesehatan—jangan cuma melek teknologi doang yah 😊

Salah satu website rujukan saya soal kesehatan yaitu halodoc.com Kenapa? Karena halodoc.com ini berbeda dengan web kesehatan lainnya. Berikut adalah kelebihan halodoc.com!

  1. Adanya update soal virus corona

Mengikuti perkembangan soal virus corona ini memang terkadang mengerikan. Apalagi banyak berita hoax juga. Akan tetapi kita juga tidak bisa abai begitu saja. Kita juga harus tahu soal virus corona itu, bagaimana gejala awal virus corona, bagaimana cara penyebarannya, bagaimana cara agar tidak terpapar corona, dan lain sebagainya.

  • Banyak artikel tentang kesehatan yang terpercaya

Di halodoc.com juga banyak artikel-artikel tentang kesehatan. Dan tentunya artikel-artikel tersebut adalah artikel yang terpercaya.

  • Ada layanan konsultasi dengan dokter secara online

Selama pandemi, ingin konsultasi sama dokter tapi mau ke dokter malah takut? Tenang, di halodoc.com ada layanan konsultasi dokter secara online. Kita juga bisa memilih ingin berkonsultasi dengan dokter siapa.

  • Ada layanan membeli obat secara online

Di halodoc.com kita tidak hanya bisa berkonsultasi dengan dokter secara online, melaikan kita juga bisa membeli obat secara online hlo.

  • Ada layanan lab dan layanan rumah sakit

Di halodoc.com semakin lengkap karena ada layanan lab dan layanan rumah sakit secara online. Makin lengkap kan?

Nah, banyak hal yang bisa dilakukan selama #dirumahaja kan? Soal kesehatan juga semakin mudah karena ada halodoc.com. Jadi… plisss, patuh buat #dirumahaja dulu yuk biar pandemi segera berakhir. Kalau enggak darurat banget, enggak usah keluar rumah dulu yah 😊 dan buat yang harus tetap bekerja, tetap semangat, jangan lupa pakai masker, sering-sering cuci tangan dan jaga kebersihan selalu.

Witri Prasetyo AjiInformationReview Blogcorona,covid 19,virus corona atau covid-19CARA ASYIK MENIKMATI #DIRUMAHAJA SELAMA PANDEMI COVID-19 Tidak terasa sudah satu bulan lebih Indonesia menerapkan social distancing dan hampir semua aktivitas dilakukan #dirumahaja. Bahkan, kegiatan belajar dan bekerjapun juga cukup dari rumah. Semua ini terjadi lantaran pandemi covid-19 atau sering disebut virus corona. Berbicara soal virus corona atau covid-19, kita tidak...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments