KESEIMBANGAN, RAHASIAKU TETAP BERPIKIR POSITIF DI MASA KARANTINA

Sudah 2 bulan lebih kita #dirumahaja dan menjalani kehidupan social distancing. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan harus selalu jaga jarak. Sempat merasa bosan dan jenuh, tapi demi memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19, kenapa enggak? #dirumahaja adalah solusi terbaik.  Harapannya sih semoga corona segera berlalu, biar bisa berlebaran dengan bahagia dan silahturahmi ke saudara.

Emeron

Boleh dibilang, ramadhan kali ini berbeda dengan ramadhan tahun-tahun lalu. Mungkin lebaran tahun ini pun begitu. Kalau biasanya ramadhan identik dengan ramainya masjid atau mushola, sepertinya tidak untuk saat ini. Karena hampir semua kegiatan termasuk ibadah (taraweh, tadarus) dilakukan #dirumahaja. Kalau biasanya undangan bukber sudah bejibun sampai enggak ada waktu buat buka di rumah, mungkin kali ini sebaliknya. Enggak ada yang namanya bukber, buka ya #dirumahaja dan malah menunya juga masak sendiri. Lebih sehat? Lebih irit? Mungkin sih iya…

Kalau boleh jujur, saya sendiri juga sempat galau #dirumahaja. Karena biasanya saya setiap hari ke kantor, pagi-pagi sudah dandan rapi, bertemu rekan dan anak-anak. Tapi selama #dirumahaja? Pagi-pagi ya sibuk dengan urusan domestik, mandi tapi enggak dandan. Hla gimana mau dandan wong #dirumahaja. Sempat kangen make up? Ya sempat… makanya sempat-sempatin juga ikut-ikutan bikin #pastthebrushchallnge.

Baca : Cara Asyik Menikmati #dirumahaja Selama Pandemi Covid-19

Etapi kegalauan saya enggak berlangsung lama. #dirumahaja bukan berarti saya enggak bisa ngapa-ngapain. #dirumahaja bukan berarti kerjaan saya mandeg, oh tidak sama sekali. Saya tetap bisa mengerjakan pekerjaan kantor secara online, saya tetap bisa berkarya, saya tetap bisa berbelanja (secara online yah tentunya), dan saya tetap bisa menjalani hobi membaca serta nonton. Hmm, kalau biasanya saya nonton film di bioskop, selama pandemi dan #dirumahaja ya nontonnya film lama dan drama.

Baca : Review Film/Drama

Selain itu, selama #dirumahaja saya juga semakin dekat dengan keluarga. Apalagi sama anak. Selama ini waktu bersama anak terasa terbatas, apalagi kalau kerjaan kantor harus dibawa pulang. Tapi selama #dirumahaja, saya punya banyak waktu buat anak. Saya yang jadi guru buat dia dan enggak jarang saya juga buatin mainan buat dia.

Baca buku selama #dirumahaja

Selain itu, selama #dirumahaja saya juga punya banyak waktu buat suami. Kalau biasanya saya masak itu-itu aja (yang gampang tentunya), selama #dirumahaja saya bisa mencoba berbagai menu resep baru. Argh, menyenangkan sekali.

Jadi selama #dirumahaja saya tetap bahagia. Kuncinya? Yaitu keseimbagan. Kenapa saya sebut keseimbangan? Karena #dirumahaja bukan berarti saya terpenjara. Saya tetap bisa melakukan aktivitas yang saya suka. Selama #dirumahaja, hal yang harus saya lakukan yaitu memperbaiki hubungan saya sama Tuhan, memperbaiki hubungan saya sama keluarga, dan menyenangkan diri saya sendiri.

  1. Memperbaiki Hubungan Dengan Tuhan

Takut dengan keadaan saat ini enggak? Penyebaran corona sampai berita kiamat 15 ramadhan? Jujur sih saya takut dan sempat stress. Dan saya ambil positifnya saja, saya harus mendekatkan diri pada Sang Pemilik Kehidupan.

#dirumahaja memperbaiki hubungan sama Tuhan

Selama #dirumahaja tentunya waktu luang saya lebih banyak ketimbang waktu saya masuk kantor. Karena kerjaannya juga lebih banyak sewaktu ngantor. Makanya, karena punya waktu luang yang lebih banyak, buat saya sudah seharusnya ibadah saya juga lebih banyak.

Bukankah jika kita ingin memperbaiki kehidupan kita, seharusnya kita juga memperbaiki hubungan kita sama Tuhan?

  • Memperbaiki Hubungan Dengan Keluarga

Kalau biasanya waktu kita buat keluarga juga terbatas lantaran banyaknya waktu buat kerja dan rekan, selama #dirumahaja justeru kita punya banyak waktu bersama keluarga. Nah, #dirumahaja bisa jadi jalan untuk membangun kedekatan keluarga untuk lebih dekat.

#dirumahaja belajar sama anak

Kalau biasanya pagi-pagi sudah berangkat kerja, anak berangkat sekolah, ketemunya sore terus malamnya tidur, selama #dirumahaja dari bangun tidur sampai menutup mata kita akan bertemu keluarga. Sudah sepantasnya kita isi waktu bersama keluarga. Tentunya dengan kegiatan yang positif 😊

Selain memperbaiki hubungan dengan keluarga, saya juga punya waktu lebih banyak buat mengurus rumah. Semenjak saya #dirumahaja, rumah terlihat lebih bersih dari biasanya. Banyak barang-barang yang sudah tak terpakai dan saya buang, banyak barang-barang yang berantakan dan akhirnya saya rapikan.

#dirumahaja menata rumah

Jadi, #dirumahaja saya bisa menata hubungan dekat sama keluarga dan tentunya bisa menata rumah agar lebih rapi juga 😊

  • Diri Sendiri

Selama #dirumahaja kita juga punya banya waktu untuk menyenangkan dri sendiri. Konon kata teman saya, saya kelihatan lebih bahagia. Hahaha… padahal ya sama saja sih sebenarnya. Cuman selama #dirumahaja saya memang merasa bisa jadi diri sendiri.

to do list #dirumahaja

Hal-hal yang saya lakuin selama #dirumahaja buat diri sendiri yaitu ; saya punya banyak waktu buat membaca novel maupun webtoon, saya punya waktu lebih buat nonton film atau drama (padahal kegiatan ini sudah lama saya tinggalkan), saya juga punya banyak waktu buat menulis blog ataupun motret dan update social media.

Terus, meski #dirumahaja saya juga enggak lupa untuk merawat diri sendiri. Seperti mandi, biasanya saya mandinya cepet banget. Etapi selama #dirumahaja? Saya bisa memanjakan diri sendiri. Merawat kulit dan rambut, sesuatu yang selama ini saya abaikan.

Nah, bicara soal rambut. Karena saya berhijab, saya sering kali abai soal rambut. Duh, bahkan saya juga sempat lupa sisiran, apalagi sampai kepikiran merawat rambut. Terus, rambut jadi rusak, ketombean, rontok dan bercabang. Padahal kan rambut itu mahkota, meski berhijab, sudah sewajarnya tetap dirawat.

Selama #dirumahaja, saya akhirnya—kembali—merawat rambut yang nyaris rusak ini. Beruntung, Emeron Complete Haircare kesayangan saya ini menghadirkan shampo khusus untuk berhijab.

Emeron Hijab Clean & Fresh

Emeron Hijab ini ada 2 varian yaitu Emeron Hijab Anti Dandruff yang mengandung Habbatus Sauda yang bakalan membuat rambut  jadi lebih bersih, segar, dan ketombe hilang. Dan satu lagi Emeron Hijab Clean & Fresh yang mengandung tea tree oil karena akan menyegarkan dan mengurangi rambut rontok.

Kalau saya, saya memakai Emeron Hijab Clean & Fresh karena rambut saya rontok. Dan setelah memakai Emeron Hijab Clean & Fresh, rambut rontok saya mulai berkurang dan rambut terasa lebih segar. Kondisi rambut yang lebih baik ternyata juga membuat kondisi mood saya lebih baik 😊

Jadi, meski #dirumahaja saya mah selalu bahagia dan selalu berpikir positif. Jenuh, galau? Sesekali boleh kok karena kita juga harus #dengarkanhatimu, tapi setelahnya harus tetap semangat dan berpikir positif. Ambil saja hikmanya. Karena bisa jadi nanti kalau pandemi berakhir dan aktivitas sudah normal lagi, kita bakalan rindu hari-hari saat #dirumahaja 😊

Witri Prasetyo AjiBeautyCompetitionKESEIMBANGAN, RAHASIAKU TETAP BERPIKIR POSITIF DI MASA KARANTINA Sudah 2 bulan lebih kita #dirumahaja dan menjalani kehidupan social distancing. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan harus selalu jaga jarak. Sempat merasa bosan dan jenuh, tapi demi memutus rantai penyebaran virus corona atau covid-19, kenapa enggak? #dirumahaja adalah solusi terbaik....Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments