Cara Menggunakan Kalender Kehamilan Yang Tepat


Kabar kehamilan sering kali merupakan kabar yang menggembirakan. Namun sayangnya sering kali ibu hamil yang baru saja mengalami hal tersebut merasa kebingungan untuk mencari tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat masa kehamilan berjalan. Salah satunya banyak yang kurang paham akan pentingnya penggunaan kalender kehamilan. Padahal ada banyak hal dan informasi penting yang bisa didapatkan dari hal tersebut. Seperti apa cara menggunakan kalender kehamilan dan manfaatnya, simak lebih lanjut penjelasan berikut di bawah ini.


Cara Penggunaan Kalender Kehamilan


Bagi yang baru pertama hamil tentu merasa bingung saat ingin menggunakan fasilitas semacam ini. Tidak perlu khawatir, apalagi saat ini di berbagai macam situs di dunia maya sudah memberikan informasi cara penggunaannya. Namun supaya lebih jelas, berikut beberapa cara untuk menggunakan kalender kehamilan.

  1. Pertama-tama masukkan data diri ibu hamil seperti nama, tanggal lahir, usia, serta perkiraan tanggal untuk melahirkan. Dari data ini maka kalender akan bekerja untuk melihat sejauh mana kondisi kehamilan terjadi.
  2. Jika belum yakin benar dengan tanggal melahirkan bisa juga memasukkan usia kehamilan yang sedang berjalan. Informasi ini dapat diperoleh dari dokter yang memeriksa kandungan terakhir kalinya.
  3. Kemudian masukkan minggu kehamilan secara detail untuk membantu melakukan pengecekan.
  4. Terakhir lihatlah informasi apa saja yang diberikan di dalam kalender tersebut dan sebaiknya ikuti saran yang diberikan di dalamnya. Selain itu pastikan juga perkembangan berat janin sesuai dengan yang direkomendasikan, meskipun pada dasarnya pertumbuhan janin sendiri secara umum bisa berbeda-beda. Namun paling tidak gambaran yang diberikan kurang lebih akan sama.

Manfaat Kalender Kehamilan


Tentunya menggunakan kalender kehamilan bisa memberikan beberapa manfaat yang menarik. Beberapa manfaat tersebut termasuk sebagai berikut:

  1. Memberikan informasi tentang usia kehamilan yang dialami oleh ibu hamil. Sehingga bisa dilihat sudah berapa minggu usia janin yang berada di dalam kandungan.
  2. Memberikan informasi tentang perkembangan janin secara lengkap sesuai dengan usia kandungan tersebut. Mulai dari berat janin hingga ukuran fisik janin di dalam kandungan. Termasuk juga apa saja kemampuan janin yang ada di dalam kandungan, apakah masih berbentuk embrio atau sudah mulai melakukan perkembangan di bagian tubuh.
  3. Kalender ini juga memberikan saran tentang beberapa kondisi yang dialami oleh ibu hamil. Mulai dari mengatasi keluhan kehamilan, hingga pola makan yang sesuai dengan usia kehamilan tersebut. Sehingga melalui informasi ini maka ibu hamil dapat memperoleh informasi yang tepat tentang apa yang boleh dilakukan atau apa yang sebaiknya dihindari. Tujuannya supaya janin berkembang maksimal sesuai dengan usianya.
  4. Kalender ini membantu ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran lebih matang. Termasuk dari sisi emosional juga membantu ibu hamil memahami apa saja perubahan yang terjadi pada tubuhnya dan mendapat informasi apakah hal tersebut wajar atau tidaknya. Sehingga secara mental ibu hamil juga lebih siap menghadapi resiko yang terjadi saat kelahiran nanti dan mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam menghadapi prosesi kelahiran nantinya.

Ternyata menggunakan kalender kehamilan tidak sesulit yang dibayangkan. Jadi, bagi yang baru saja hamil untuk pertama kalinya jangan takut atau merasa khawatir. Informasi di atas cukup lengkap untuk membantu menggunakan kalender tersebut termasuk mendapatkan beragam informasi kehamilan yang penting untuk diketahui. Jika masih penasaran, meluncur saja ke situs Klikdokter.com dan cobalah fasiltas yang satu ini yang ditawarkan oleh situs tersebut.

Witri Prasetyo AjiUncategorizedCara Menggunakan Kalender Kehamilan Yang Tepat Kabar kehamilan sering kali merupakan kabar yang menggembirakan. Namun sayangnya sering kali ibu hamil yang baru saja mengalami hal tersebut merasa kebingungan untuk mencari tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat masa kehamilan berjalan. Salah satunya banyak yang kurang paham akan pentingnya penggunaan...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments