(TETAP) BERPENGHASILAN DARI BLOG SELAMA PANDEMI

2020 hanyalah ada Januari, Februari dan Pandemi. Hampir sepuluh bulan sudah kita berdampingan dengan pandemi. Dan selama pandemi, banyak sekali hal-hal yang berubah. Mulai dari kebiasaan kita yang harus jaga jarak padahal sebelumnya kita sering sekali berkumpul, lalu tidak lagi berjabat tangan, sehari-hari memakai masker, hingga bekerja dan belajarpun juga dilaksanakan dari rumah. Dan sedihnya lagi, banyak orang-orang yang kehilangan pekerjaannya. Apalagi sempat diterapkannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan itu berdampak pada perekonomian kita.

Bicara soal pekerjaan, banyak sekali di sekitar kita yang kehilangan pekerjaan. Bahkan ada yang banting stir dari koki kapal pesiar sekarang jualan ayam bakar. Dan itu terjadi di sekitar saya.

Berpenghasilan dari Blog selama pandemi

Meski banting stir dari pekerjaan lamanya lalu membuka lapangan pekerjaan baru, tapi tetap merasa bersyukur karena mereka masih berpendapatan. Toh ada beberapa yang kehilangan pekerjaan dan tak lagi berpenghasilan, mau berwiraswasta tapi tidak ada modal secara keahlian dan juga materi. Makanya, pas tahu kalau ada bantuan dari pemerintah untuk pelaku usaha kecil menengah, jadi ikutan senang. Meski sempat kezel juga saat nonton berita kok dana corona dikorupsi…. Duh, skip…

bagaimana caranya tetap berpenghasilan selama pandemi?

Bicara soal berpenghasilan selama pandemi, sebenarnya banyak kok peluang usaha yang bisa kita jalankan. Seperti ; berjualan online, berjualan makanan, berjualan sembako, berjualan masker, berjualan hand sanitizer, memanfaatkan media sosial untuk promosi seperti menjadi selebgram, dan lain sebagainya.

Baca : Beberapa Ide Bisnis Yang Bisa Di Coba Selama Pandemi

Banyak sekali kan peluang usaha yang bisa kita coba? Apalagi sekarang zaman serba mudah. Internet dan gadget semakin maju dan banyak pula orang-orang yang memilikinya. Kalau kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dari rumah melalui gadget dan internet, pun dengan bekerja.

Saya sendiri, selama ini juga berpenghasilan dari memanfaatkan gadget dan internet. Bahkan sebelum pandemi datang. Dan Alhamdulillah, selama pandemi tetap bisa berpenghasilan meski terkadang penghasilan yang saya dapatkan tidak sebesar sebelumnya. Tapi tetap saja kan harus disyukuri.

Selama ini, saya memanfaatkan media sosial dan blog sebagai kantor saya, sebagai ladang penghasilan saya. Saya yang awalnya bermain media sosial hanya mengikuti trend, lama-lama menggunakan media sosial sebagai tempat usaha. Bahkan beberapa teman saya pernah bertanya, bagaimana caranya berpenghasilan dari media sosial?

Sebenarnya bisa dibilang mudah. Jika kamu seorang penjual, kamu bisa mempromosikan dagangan kamu di media sosial. Tapi jika bukan, kamupun juga bisa kok ikut mempromosikan dagangan orang dan dibayar. Ya, katakanlah menerima endorse.

Bukan itu saja sih cara saya tetap berpenghasilan selama pandemi ini. Saya yang semenjak dahulu suka dunia literasi, melalui tulisan dan bloglah saya juga tetap mendapatkan penghasilan selama pandemi ini. Jika dulu saya suka menulis cerita seperti cerita pendek atau novel, kini saya juga bercerita tentang keseharian saya, atau mereview produk ataupun tontonan di blog. Dan dari semua itu, hingga banyak brand yang ingin produknya di review lalu kita bisa bekerja sama dengan brand tersebut dan kita mendapatkan bayaran.

berpenghasilan dari rumah selama pandemi melalui blog

Zaman sekarang, pasti sudah pada tahu kan dengan blog? Wong apa-apa saja kan sekarang bertanya sama Google, ujung-ujungnya juga nyasar ke blog atau website. Dan zaman sekarang, semua orang juga bisa mempunyai blog pribadi. Blog bisa digunakan juga sebagai media curhat, media pembelajaran, media berbagi informasi, bahkan blog juga bisa digunakan sebagai media promosi.

Lantas, bagaimana caranya membuat blog?

Nah, kalau dijelaskan bagaimana caranya membuat blog, nanti bisa panjang. Pertama-tama, kita mau membuat blog di mana? Sekarang banyak plaftorm blog untuk kita membuat blog, seperti ; wordpress, blogspot, medium, wix, weebly, dan lain sebagainya. Dan platform itu bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

Akan tetapi, dari banyaknya platform blogging tersebut, saya lebih merekomendasikan ke WordPress ataupun Blogger karena menurut saya kedua platform tersebut lebih mudah digunakan. Bahkan saya juga pernah menuliskan bagaimana caranya membuat blog menggunakan blogspot.

Baca : Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Blogspot atau WordPress?

Blogspot atau WordPress? Saya menggunakan kedua platform tersebut. Kedua platform ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masaing-masing. Tapi kalau ditanya yang mana yang lebih recomended? Saya lebih memilih WordPress.

Baca : Memilih Platform Blog Sesuai Selera

kenapa lebih memilih WordPress?

Meski saya pengguna Blogspot sam WordPress, akan tetapi saya lebih suka menggunakan WordPress. Karena menurut saya, WordPress ini banyak keunggulan, seperti :

  1. WordPress ada yang gratis
  2. Membuat blog dengan WordPress sangat mudah
  3. WordPress mudah digunakan
  4. WordPress ini sangat fleksibel, bisa digunakan untuk membuat website pribadi, toko online, website sekolah, website perusahaan hingga bisnis
  5. Mudah membuat SEO
  6. Banyak plugin yang bisa diinstal
  7. Themanya banyak dan mudah dikustomisasi
  8. Cenderung lebih aman
keunggulan WordPress

Meskipun banyak keunggulan, WordPress juga ada kelemahannya. Yaitu, jika kamu ingin membuat blog atau website berbayar menggunakan WordPress, WordPress cenderung lebih mahal dibandingkan Blogspot. Kalau kamu membuat blog atau website menggunakan Blogspot, kamu cukup membeli domain saja. Sementara jika kamu membuat blog atau website menggunakan WordPress, kamu harus membeli domain dan hosting.

Meskipun harus membayar lebih, menurut saya setimpal dengan apa yang kita dapatkan. Blog atau website menggunakan WordPress sangat mudah dikustomisasi.

Dan berbicara soal blog atau website menggunakan WordPress yang menggunakan hosting, ada penyedia layanan hosting yang recomended karena hosting murah, berkualitas dengan dukungan infrastruktur Cloud dan SSD super cepat. Penyedia layanan hosting tersebut yaitu Sahabat Hosting.

Selain itu, Sahabat Hosting juga punya banyak kelebihan, yaitu : banyak pilihan hosting murah, akses website semakin cepat dengan SSD Entrprise yang menigkatkan performa transfer data, website terpercaya dengan keamanan sertifikat kelas dunia, DirecAdmin Panel yang user friendly, bantuan chat 24 jam, dan jaminan 30 hari uang kembali jika tidak puas dengan layanannya.

Pandemi, cukup #dirumahsaja, tapi bukan alasan buat kita tidak berpenghasilan. Banyak sekali cara untuk mendapatkan penghasilan seperti berwiraswasta ataupun berjualan. Dan banyak juga cara berpenghasilan melalui internet karena zaman sekarang gadget semakin canggih dan internet di mana-mana dan aksesnya juga mudah.

Buat teman-teman yang ingin berpenghasilan dari blog seperti saya, teman-teman bisa loh mulai membuat blog. Dan semangat buat kita semua yah, jaga kesehatan selalu 🙂

Witri Prasetyo AjiUncategorized(TETAP) BERPENGHASILAN DARI BLOG SELAMA PANDEMI 2020 hanyalah ada Januari, Februari dan Pandemi. Hampir sepuluh bulan sudah kita berdampingan dengan pandemi. Dan selama pandemi, banyak sekali hal-hal yang berubah. Mulai dari kebiasaan kita yang harus jaga jarak padahal sebelumnya kita sering sekali berkumpul, lalu tidak lagi berjabat tangan, sehari-hari memakai masker, hingga bekerja dan belajarpun...

Comments

comments