MEMBACA LEBIH MENYENANGKAN DENGAN APLIKASI LET´S READ

‘‘Ma, beliin aku komik.‘‘ pinta Juna suatu hari.

‘‘Okey. Asal Juna belajar baca yah,‘‘ jawab saya.

‘‘Aku kan udah bisa baca!‘‘

Iya, Juna memang sudah bisa membaca, tapi membacanya belum lancar. Baru bisa yang empat huruf atau dua suku kata. Mama maunya Juna tambah giat belajar membacanya karena InsyaAllah tahun ini Juna sudah masuk SD. Dan salah satu syarat anak masuk SD adalah sudah bisa membaca.

Mama tahu, Juna termasuk anak yang lumayan menyukai buku dan suka bercerita. Bahkan, sekali saja Mama membacakan cerita, Juna sudah bisa mengulangnya. Dan buku yang paling Juna suka adalah buku yang banyak gambarnya. Bahkan bisa dibilang kalau Juna itu suka membaca gambar lantaran melihat gambar lalu mulai bercerita sesuai imajinasinya. Dan akhir-akhir ini Juna sering sekali menggambar lalu mulutnya mengoceh bercerita. Yah, meskipun gambarnya gitu-gitu saja.

Membaca menyenangkan dengan aplikasi Let´s Read

Bukan tanpa alasan mengapa Juna suka sekali bercerita. Saya, sudah memperkenalkan buku kepada Juna sedari dia masih kecil. Sedari dia belum mengenal huruf. Awalnya saya memberinya sound book. Sound book pertama yang dimilikinya adalah sound book tentang doa sehari-hari. Lalu, sound book dinosaurus karena anaknya memang suka sekali sama dinosaurus. Berawal membelikan buku yang gambarnya tentang apa yang Juna suka, berlanjut kekepoannya hingga akhirnya Juna suka bercerita.

Dan di sekolah, saya juga sering diwanti-wanti sama Bu Gurunya Juna, kalau bisa setiap mau tidur, Juna dibacakan buku dulu biar Juna makin suka membaca buku. Tapi namanya juga saya, saya terkadang sok sybuk dengan pekerjaan.

Sebagai seorang ibu, hal yang saya pahami dari Juna selain dia anak yang aktif dan sangat suka Matematika, Juna juga anak yang mempunyai kecerdasan linguistik. Juna bisa dibilang kaya akan kosakata. Dia mudah menyimpan apa yang dilihat dan dia dengar lalu menirukannya. Maka dari itu, sebagai orang tua saya harus bisa memberikan tauladan yang baik. Karena Juna tidak suka kalau hanya disuruh, tapi dia lebih suka untuk meniru.

Anak senang membaca buku - Let´s Read

Kalau saya sibuk dengan laptop, Juna juga akan meminta laptop. Biasanya dia suka menggambar di paint. Kalau saya bekerja pakai smartphone, dia juga akan ikut menggunakan smartphone, biasanya dia akan menonton video di youtube atau bermain game. Dan saat saya sedang membaca novel, Juna akan ikut meminta buku dongeng miliknya. Kadang meminta saya untuk membacakannya, kadang dia melihat gambarnya dan mendongeng sendiri sesuai imajinasinya.

belajar membaca dengan kartu kata - Let´s Read

Meski Juna suka buku, tetapi Juna belum mempunyai banyak koleksi buku. Ya mohon maaf, bagi saya buku anak-anak itu tergolong mahal. Apalagi yang hard cover, full warna. Duh, harganya sampai ratusan ribu. Dan buku yang seperti itulah yang paling disukai Juna.

Ritual membaca buku sebelum tidur - Let´s Read

Hingga akhirnya, salah satu teman saya memberikan informasi kepada saya, kalau sekarang ada aplikasi perpustakaan digital yang isinya itu dongeng-dongeng untuk anak. Aplikasi tersebut adalah Let´s Read yang bisa diunduh di playstore secara gratis pun bukunya juga bisa didownload. Jadi bisa dibaca secara offline.

Let´s Read adalah sebuah aplikasi untuk membaca buku bagi anak-anak yang dibuat oleh The Asian Foundation. Di mana buku-buku yang ada di perpustakaan Let´s Read ini sebagian besar berasal dari Booklab.

Review Let´s Read

Kalau biasanya aplikasi perpustakaan digital yang saya unduh dari playstore kebanyakan berisi tentang novel dewasa buat saya, berbeda dengan aplikasi Let´s Read yang isinya adalah buku-buku dongeng  untuk anak. Buku dongeng yang tersedia di aplikasi Let´s Read ini menurut saya sangat menarik, dilengkapi gambar yang membuat anak-anak suka dan ceritanya juga tidak panjang akan tetapi anak mudah memahaminya.

Aplikasi Let´s Read juga mudah sekali untuk didownload dan diinstall. Bahkan setelah diinstall, kita para orang tua bisa langsung menggunakannya tanpa harus mendaftarat aupun login terlebih dahulu.

download dan install aplikasi Let´s Read di playstore

Pada aplikasi Let´s Read, ada menu buku unggulan dan semua buku. Kita bisa memilih akan membaca buku yang berjudul apa lalu mendownloadnya. Setelah didownload, kita langsung ke menu buku undahan dan bisa memulai membacanya.

install aplikasi Let´sRead
install aplikasi Let´sRead

Yang paling saya suka pada aplikasi Let´s Read ini selain mudah digunakan juga banyak pilihan bahasanya dan kita bisa memilihnya.

menu aplikasi Let´s Read
menu aplikasi Let´s Read

Buku-buku yang ada pada aplikasi Let´s Read ini bukan hanya buku karya penulis Indonesia saja, akan tetapi juga karya penulis luar negeri. Jadi bisa dipastikan kalau pada aplikasi Let´s Read ini banyak sekali buku-buku yang bisa kita baca dan kita dongengkan untuk anak-anak. Jadi, sebagai orang tua saya juga tidak perlu khawatir akan kehabisan cerita, setiap saat bisa berganti-ganti cerita.

Saya pribadi, sangat merekomendasikan aplikasi Let´s Read ini untuk para orang tua. Yups, menurut saya mendongeng atau membacakan buku untuk anak itu adalah salah satu hak anak dan merupakan kegiatan menyenangkan yang meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Melalui mendongeng, anak dan orang tua akan lebih dekat secara lebih intim dan bisa berkomunikasi lebih efektif. Dan setelah mendongeng, anak dan orang bisa membahas isi dongeng tersebut dan saling bertanya.

Selain mendongeng bisa mendekatkan antara orang tua dan anak, dongeng juga banyak manfaatnya, antara lain :

  1. Mendongeng juga bisa meningkatkan imajinasi anak. Setelah mendengarkan dongeng, anak berimajinasi, berpikir kreatif dan menganalisa apa yang baru saja didengarnya
  2. Mendengarkan dongeng akan membangun kemampuan kognitif anak karena saat mendengarkan dongeng, anak-anak akan memahami apa yang didengarkan, lalu menanyakannya
  3. Mendengarkan dongeng akan membuat anak menjadi kaya akan bahasa karena dalam dongeng akan banyak sekali kosa kata. Dan hal ini akan membuat kemampuan linguistik anak meningkat
  4. Mendengarkan dongeng akan mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak lantaran dalam dongeng banyak sekali ajaran norma-norma sosial, agama, dan juga sopan santun
  5. Mendengarkan dongeng akan menambah wawasan anak seperti semakin bertambahnya wawasan anak akan budaya lantaran dongeng hadir dari berbagai budaya
  6. Dengan dongeng, akan meningkatkan minat baca pada anak-anak. Yang awalnya suka mendengarkan dongeng, lama-lama anak akan belajar belajar membaca dan lebih suka membaca

Banyak sekali manfaat dongeng. Sebagai orang tua, sudahkah mendongeng untuk anak hari ini? Kalau belum, yuk para orang tua kita mendongeng untuk anak. Kalau belum ada buku atau kehabisan ide, bisa kok mendongengkan cerita yang ada pada buku-buku Let´s Read yang bisa didownload dan diinstal di playstore secara gratis. Kalau lagi sibuk, bisa juga mendongengnya saat anak mau tidur sekaligus menjadi bonding time. Dulu, sewaktu saya masih bekerja, waktu saya mendongeng buat Juna juga pas mau tidur. Tapi setelah resign, sekarang saya mempunyai lebih banyak waktu buat Juna untuk mendongeng. 🙂

yuk download dan install aplikasi Let´s Read di playstore
https://diajengwitri.id/wp-content/uploads/2021/01/Review-aplikasi-Lets-Read-witri-prasetyo-aji.pnghttps://diajengwitri.id/wp-content/uploads/2021/01/Review-aplikasi-Lets-Read-witri-prasetyo-aji-150x150.pngWitri Prasetyo AjiCompetitionInformationReview Produk#AyoMembaca,#LetsReadAsia,#LetsReadxBloggerPerempuanMEMBACA LEBIH MENYENANGKAN DENGAN APLIKASI LET´S READ ‘‘Ma, beliin aku komik.‘‘ pinta Juna suatu hari. ‘‘Okey. Asal Juna belajar baca yah,‘‘ jawab saya. ‘‘Aku kan udah bisa baca!‘‘ Iya, Juna memang sudah bisa membaca, tapi membacanya belum lancar. Baru bisa yang empat huruf atau dua suku kata. Mama maunya Juna tambah giat belajar...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments