Arti, Fungsi, Cara Membuat, Dan Contoh Slip Gaji Sederhana

Tentunya orang bekerja itu memiliki tujuan untuk mendapatkan gaji, apapun pekerjaan yang dilakukannya. Dalam memberikan gaji pada karyawannya, tentunya setiap perusahaan memiliki sistem tertentu. Pemberian slip gaji pada karyawan ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa karyawan telah menerima gaji. Sehingga adanya slip gaji ini sangat penting bahkan wajib ada sebagai suatu komponen. Membuat slip gaji karyawan ini tentunya tidak boleh sembarangan, karena adanya format baku yang harus diikuti. Tetapi sebelum mengetahui contoh slip gaji sederhana yang benar, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu arti dan fungsinya terlebih dahulu.

Berikut dibawah ini arti dan fungsi slip gaji yang perlu diketahui :
1. Arti Slip Gaji
Slip gaji adalah sebuah dokumen yang menjadi bukti tentang pembayaran gaji pada karyawan yang telah diberi pekerjaan. Biasanya dalam slip gaji ini tercantum informasi tentang sejumlah gaji yang diberikan dan berbagai potongan, baik dari perusahaan ataupun pajak. Kewajiban adanya slip gaji ini telah tertulis dalam Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 Pasal 17 ayat (2).


2. Fungsi Slip Gaji
Dalam sistem keuangan perusahaan, sebenarnya adanya slip gaji ini memiliki peranan penting seperti dibawah ini :

  • Sebagai bukti secara resmi dan tertulis tentang hak hak karyawan yang telah diberikan perusahaan setelah diberikannya pekerjaan dalam periode tertentu.
  • Sebagai salah satu dokumen persyaratan saat seorang karyawan akan mengajukan kredit di Bank ataupun lembaga keuangan lainnya.
  • Menjadi dokumen penting bagi perusahaan saat adanya audit perusahaan. Setelah mengetahui arti dan fungsi slip gaji, kini saatnya mencari tahu cara membuat dan contoh sederhananya. Berikut dibawah ini cara mudah membuat slip gaji dan contoh sederhananya :
    1. Cara Membuat Slip Gaji
  • Mencantumkan semua informasi umum tentang perusahaan seperti nama perusahaan, alamat, nomor perusahaan secara resmi, dan berbagai informasi umum lainnya.
  • Mencantumkan periode gaji atau periode setiap tanggal pembayaran gaji, sesuai dengan ketentuan perusahaan. Tetapi umumnya pemberian gaji pada karyawan ini dilakukan diawal bulan atau tanggal tertentu.
  • Mencantumkan informasi pajak yang harus dibayar karyawan dan jumlah gaji yang akan mereka terima nanti.
  • Mencantumkan nominal gaji yang biasanya terdiri dari beberapa jenis gaji seperti gaji pokok, komisi, gaji lembur, dan lainnya.
  • Mencantumkan jumlah potongan gaji supaya menjadi lebih jelas mengapa adanya pengurangan pada gaji karyawan yang bersangkutan.
  • Terakhir menghitung gaji bersih karyawan yang merupakan hasil perhitungan akhir dari gaji pokok ditambah bonus atau gaji lembur, lalu dikurangi dengan berbagai iuran dan pajak.

2. Contoh Slip Gaji Sederhana

PT. SELALU BERUNTUNG
One Stop Business and IT Solution
Jl Melati Blok F4 No 12 Perum Beringin Raya, Kemling,  Bandang Lampung Telp 0721-123456
    SLIP GAJI KARYAWAN
    Periode 1 Desember 2020 – 31 Desember 2020
NIK        : JAD-045
Nama       : Ayon Daryono, S.Kom
Jabatan    : Marketing Manager
Status     : Karyawan Tetap
PENGHASILAN                        POTONGAN

Gaji Pokok        =   2.000.000       PPh 21      =     200.000

Tj Jabatan        =   1.000.000       Asuransi    =       -

Tj Konsumsi       =       650.000

Tj Harian         =        400.000

Bonus Target      =        555.000

        Total (A)         Rp. 4.605.000     Total (B)       Rp. 200.000

    PENERIMAAN BERSIH (A – B)                   Rp. 4.405.000

                Terbilang : #empat juta empat ratus lima ribu#
                            Bandar Lampung, 30 Desember 2020
                            Manager Operasional

                            Fahira Firdausy, SE
Witri Prasetyo AjiUncategorizedArti, Fungsi, Cara Membuat, Dan Contoh Slip Gaji Sederhana Tentunya orang bekerja itu memiliki tujuan untuk mendapatkan gaji, apapun pekerjaan yang dilakukannya. Dalam memberikan gaji pada karyawannya, tentunya setiap perusahaan memiliki sistem tertentu. Pemberian slip gaji pada karyawan ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa karyawan telah menerima gaji. Sehingga adanya...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments