BEBERAPA HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK PINJAM DI PINJAMAN ONLINE

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK PINJAM DI PINJAMAN ONLINE . Beberapa waktu lalu, di sosmed sempat heboh lantaran ada yang memperjualbelikan foto KTP sekaligus swafoto pemilik dan KTP-nya. Saya jadi ingat, beberapa waktu lalu adek saya berpesan kalau ada yang mengaku mahasiswa datang dan minta diperlihatkan KTP-nya untuk difoto, jangan dikasih. Sekarang harus lebih waspada soal KTP, karena banyak yang menyalahgunakannya. Apalagi di zaman now, cuma modal foto KTP sudah bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman ke pinjaman online. Dan kalau tidak membayar angsuran, ujung-ujungnya si pemilik KTP yang di uber-uber.

Jujur saja, melihat fenomena itu saya jadi berhati-hati sekali kalau sudah menyangkut KTP. Bahkan saya bisa dibilang pelit kalau ada pendataan dan meminta data KTP termasuk NIK.Semua harus jelas dan bisa dipercaya, baru saya mau memberikan data NIK dan KTP.

Jual beli foto KTP

Nah, bicara soal KTP dan pinjaman online, kedua hal ini sedang jadi topik perbincangan yang hangat di sekitar rumah saya. Apalagi belum lama ini ada tetangga yang pinjam uang di pinjaman online dan sempat telat bayar angsuran, endingnya beberapa tetangga dapat SMS tagihan dan… rame. Hutang tak seberapa tapi malunya tak terbayangkan, apalagi banyak warga pada tahu dan pada nyinyirin.

Beberapa hal yang harus diketahui sebelum pinjam di pinjaman online

Sebenarnya, di kondisi seperti saat ini, pinjaman online juga sangat membantu. Banyak yang kehilangan pekerjaan, ada yang butuh modal untuk usaha. Sementara mau mengajukan pinjaman ke bank, biasanya ribet dan harus ada jaminannya. Berbeda dengan pinjaman online yang rata-rata bermodal KTP, tidak ribet, ada yang tidak menggunakan jaminan dan yang jelas sih pencairannya juga cepat.

Akan tetapi, tidak semua pinjaman online itu aman. Sebelum memutuskan untuk pinjam ke pinjaman online, ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Diantaranya :

  1. Apakah pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK? Kalau pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK, bisa dipastikan pinjaman online tersebut lebih terpercaya. Dan salah satu cara apakah pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK apa belum, bisa di cek di kanal direktori fintech di situs web ojk.go.id.
  2. Ada kontrak perjanjian dan layanan konsumen. Kontrak perjanjian ini termasuk penting. Jadi ada kejelasannya. Pun dengan layanan konsumen, jika terjadi apa-apa sebagai konsumen kita bisa bertanya. Syukur-syukur ada no telepon, email, kalau mungkin ada WA dan alamat kantor.
  3. Suku bunga dan biaya transparant. Jadi, sebelum memutuskan untuk pinjam di pinjaman online, kita harus tahu berapa suku bunganya? Berapa biaya admnistrasinya.
  4. Ada fasilitas cek status pinjaman. Status pinjaman ini merupakan salah satu layanan yang memudahkan konsumen atau peminjamnya. Dan sebagai peminjam, pastikan juga kita bisa tahu informasi lengkap seperti jumlah pinjaman, tenor, tanggal jatuh tempo, dan bunga pinjaman.
  5. Ada aplikasi dan website resmi. Ada beberapa pinjaman online yang memang mempunyai website resmi. Untuk website resmi dari pinjaman online, pastikan website pinjaman online tersebut sudah “digembok”. Cek ikon gembok di sisi kiri alamat website. Ikon ini menandakan website aman dan tidak mencuri data pribadi peminjam secara ilegal.

Meski ada beberapa pinjaman online yang sudah mempunyai website resmi, akan tetapi belum tentu sudah mempunyai aplikasi. Kalau bisa, pinjamlah di pinjaman online yang sudah mempunyai aplikasi pinjaman online. Dan pastikan juga kalau aplikasinya user-friendly dan tidak meminta akses ke data pribadi dalam ponsel peminjam.

Salah satu pinjaman online yang sudah mempunyai aplikasi pinjaman online di play store adalah Tunaiku. Tunaiku ini adalah pinjaman online pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan dan merupakan produk dari Bank Amar yang dimilili oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM. Tunaiku ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak 2014.

Kantor Tunaiku

Meminjam uang di Tunaiku ini sangat mudah dan cepat, karena : tanpa agunan maupun kartu kredit, cukup 10 menit saja untuk mengisi formulir pengajuan, pinjaman cepat cair setelah tanda tangan kontrak, bayar cicilan lebih cepat tanpa kena bunga dan pinjaman bisa diajukan lewat aplikasi maupun website.

Syarat untuk mengajukan pinjaman di Tunaiku ini juga mudah, diantaranya :

  1. Berusia 21 tahun s.d 55 tahun
  2. Warga negara Indonesia
  3. Memiliki rekening bank
  4. Memiliki pekerjaan ataupun penghasilan
  5. Alamat KTP atau domisili sesuai area layanan Tunaiku

Buat kamu yang memang benar-benar butuh uang tapi tidak tahu pinjam ke mana, mungkin Tunaiku ini bisa menjadi solusinya. Tapi ingat ya, jangan sampai telat bayar cicilannya dan pinjamlah kalau memang benar-benar butuh uang.

Witri Prasetyo AjiFinancePinjaman Online,TunaikuBEBERAPA HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK PINJAM DI PINJAMAN ONLINE BEBERAPA HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK PINJAM DI PINJAMAN ONLINE . Beberapa waktu lalu, di sosmed sempat heboh lantaran ada yang memperjualbelikan foto KTP sekaligus swafoto pemilik dan KTP-nya. Saya jadi ingat, beberapa waktu lalu...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments