SIAP PJJ DI TAHUN AJARAN BARU BERSAMA RUANGBELAJAR

2SIAP PJJ DI TAHUN AJARAN BARU BERSAMA RUANGBELAJAR. Tidak terasa libur telah usai dan minggu depan tahun ajaran baru sudah dimulai. Awalnya, mulai tahun ajaran baru sekolah sudah masuk kembali dan sudah pembelajaran tatap muka. Akan tetapi melihat situasi yang semakin memburuk, banyak sekali kasus covid-19, pembelajaran kembali dilakukan dengan cara daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Sebagai seorang ibu, saat ini saya memang lebih memilih Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daripada masuk sekolah. Secara, anak saya yang tahun ini masuk SD itu kadang suka melepas masker sembarangan. Dari rumah sudah rapi pakai masker, eh sampai di sekolah dilepas dan asyik main dengan temannya. Belum lagi kita juga tidak tahu dengan kondisi teman-temannya di sekolah. Argh, jangankan masuk sekolah, main bersama anak tetangga saja saya awasi dan saya haruskan memakai masker. Bukan karena apa, tapi melihat kondisi saat ini memang harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan dan menjaga diri dan keluarga.

Kalau ditanya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) itu ribet atau tidak ya sebenarnya lumayan ribet. Kalau biasanya saya hanya mengajari anak belajar, hanya mengulang apa yang diajarkan gurunya di sekolah dan mengajarinya mengerjakan tugas, semenjak PJJ tugas saya bertambah menjadi guru yang harus menjelaskan materi pelajaran juga. Secara, PJJ ada keterbatasannya. Guru tidak bisa menerangkan materi seperti Pembelajaran Tatap Muka.

Maka dari itu, PJJ ini adalah sebuah tantangan bagi saya sebagai orang tua. Kesabaran tertantang karena mood anak yang tidak menentu. Yang terkadang mudah banget diajak belajar, tapi terkadang lebih memilih bermain hingga saya harus pakai ngomel dan anaknya baru mau belajar.

Tantangan yang lain adalah saya juga harus belajar akan materi pelajaran anak saya. Sehabis itu baru menerangkannya. Nah, buat saya ini mah tantangan banget. Apalagi materi pelajaran anak sekarang itu berbeda banget dengan materi zaman saya SD.

Ingat banget, saya baru bisa baca itu kelas 1 SD. Etapi, anak sekarang masuk SD sudah harus bisa membaca dan sudah harus bisa calistung.

Nah, soal materi pelajaran ini biasanya saya cari diinternet atau tanya pada teman-teman saya yang jadi guru. Selain itu saya juga mendownload aplikasi belajar online Ruangguru. Di Ruangguru ini banyak banget produknya, antara lain : ruangbelajar, ruanguji, ruangles, ruanglesonline, ruangkerja, ruangkelas, ruangbaca, roboguru, Brain Academy Online, Skill Academy dan yang terbaru English Academy. Komplit banget kan? Dan diantara produk-produk itu saya memilih produk ruangbelajar karena saya sering sekali kurang memahami materi pembelajaran anak saya.

Di ruangbelajar ini kita bisa mengajak anak belajar dengan video dan latihan soal. Selain itu, ruangbelajar juga banyak fiturnya loh, antara lain :

  • ruangguru PET mission : untuk anak yang suka bermain game online seperti anak saya, ruangguru PET ini memang membantu sekali. Dengan adanya fitur PET mission ini adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.
  • ruangguru adventure
  • jadwal belajar
  • asah otak
  • Adapto : sebuah fitur yang mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.
  • Konsep kilat
  • bank soal
  • laporan belajar
  • subtitle video
  • rencana belajar/playlist belajar : fitur rencana belajar/playlist belajar untuk memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.
  • fitur pencarian : fitur untuk user yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.
  • tes minat bakat : tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC

Banyak sekali kan fiturnya? Dan tentunya sih fiturnya itu yang anak-anak suka. Jadi belajar anak jadi lebih menyenangkan. Apalagi yah Ruangguru ini aplikasinya bisa didownload di smartphone maupun laptop loh, jadi belajar anak lebih mudah. Kebetulan saya juga sudah download aplikasinya di smartphone dan laptop.

Dan dengan banyaknya kemudahan di ruangbelajar tersebut, untuk berlangganan bisa dibilang ramah kantong. Untuk paket 1 tahun selama tahun ajaran 2021/2022 itu hanya Rp 599.000,- loh, itupun sudah dapat puluhan ribu video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis serta akan mendapatkan fitur premium lainnya. Terus yah, semua bisa didownload, jadi belajar di ruangbelajar ini tidak harus online.

Alasan lain kenapa sih ruangbelajar ini recomended banget sebagai salah satu layanan belajar online terbaik, antara lain :

  • Ruangbelajar bisa dikatakan lebih menarik daripada pembelajaran di sekolah karena ada video belajar beranimasi dan infografis yang disukai anak-anak
  • Ruangbelajar sangat membantu pemahaman konsep
  • Ruangbelajar sangat membantu persiapan ujian

Selain itu, sudah banyak orang tua yang percaya dengan ruangbelajar ini. Apalagi selama pandemi, orang tua lebih memilih aplikasi belajar online daripada ikut bimbel secara offline.

Maka dari itu, sebagai orang tua yang peduli dengan pendidikan anak, saya memilih ruangbelajar sebagai tempat belajar online anak saya. Dan saya siap mendampingi Pembejaran Jarak Jauh bersama ruangbelajar.

Witri Prasetyo AjiInformationReview Produkruangbelajar,RuangguruSIAP PJJ DI TAHUN AJARAN BARU BERSAMA RUANGBELAJAR 2SIAP PJJ DI TAHUN AJARAN BARU BERSAMA RUANGBELAJAR. Tidak terasa libur telah usai dan minggu depan tahun ajaran baru sudah dimulai. Awalnya, mulai tahun ajaran baru sekolah sudah masuk kembali dan sudah pembelajaran tatap muka. Akan tetapi melihat situasi yang semakin memburuk,...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments