Cara Membuat Dimsum Ayam Yang Enak

Cemilan apa yang ditunggu ketika lapar? Tentu saja cemilan yang mengenyangkan seperti dimsum ayam. Dimsum ayam ini bisa dibilang paket lengkap karena terdapat karbohidrat, dan protein. Terkadang ada juga yang diberikan topping sayuran agar lebih sehat lagi. Dimsum ayam memang yang paling banyak dibuat dan dijual karena mayoritas orang Indonesia adalah orang islam. Seperti diketahui jika dimsum berasal dari negeri Cina yang biasanya menggunakan daging babi. Maka dimsum ayam tepat dijual di Indonesia. Sebenarnya anda bisa buat sendiri dimsum ayam jika anda ingin lebih banyak dan murah. Berikut cara membuat dimsum ayam yang enak.

Dimsum Ayam Udang

Dimsum ayam bisa dicampur dengan udang agar rasanya lebih enak lagi. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dimsum ayam udang adalah Kulit ayam 60 gram, ayam fillet 210 gram, udang kupas 60 gram, bawang putih 3 buah, putih talur 1 butir, tepung sagu 10 sendok makan, gula pasir 1 ½ sendok makan, lada bubuk ½ sendok the, ¼ sendok the kaldu jamur, minyak wijen 2 sendok teh, saus tiram 2 sendok teh, es batu 3 sendok makan, kecap asin 2 sendok teh, wortel 2 buah diparut dan kulit dimsum beberapa lembar. Siapkan bahan-bahan untuk membuat saus dimsum yaitu bang putih 1 siung, bawang merah 3 siung, cabe rawit 2 buah, cabe merah keriting 2 buah, saus sambal 6 sendok makan dan cuka 1 sendok makan. Siapkan air 160 ml dan 2 sendok teh garam untuk saus dimsumnya.

Cara Membuat Dimsum Ayam Udang:

  • Proses pertama membuat dimsum ayam udang yaitu tepung sagu, bawang putih, ½ ayam, saus tiram, putih telur, kecap asin, minyak wijen, merica, kaldu jamur, dan es batu dimasukkan ke dalam food processor untuk digiling. Setelah itu masukkan ayam dan udang yang dicindang ke dalamnya.
  • Setelah dihaluskan masukkan ke dalam wadah lain dan masukkan wortel. Setelah itu aduk rata.
  • Kemudian anda ambil kulit dimsum dan berikan 1 sendok makan adonan dan bungkus. Kemudian tambahkan lagi parutan wortel yang halus.
  •  Kukus dimsumnya hingga matang dan sisihkan.
  • Sekarang masak sausnya dengan mencincang bawang merah, bawang putih dan cabe rawitnya. Setelah itu tumis hingga wangi dan kemudian ditambahkan air. Masukkan saus sambal, gula dan cuka. Tambahkan kaldu jamur dan garam secukupnya. Masak hingga matang sausnya.
  • Sudah jadi dimsum ayam udang siap dimakan dengan sausnya.

Dimsum Ayam Bayam

Membuat dimsum yang sehat memang sangat direkomendasikan apalagi dicampur sayuran hijau seperti bayam. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dimsum ayam bayam adalah siapkan dahulu bahan kulit dimsum berupa 10 lembar kulit pangsit, tahu putih 10 buah dan daun sawi besar 15 lembar.

Sekarang siapkan isian dimsumnya yaitu daging ayam dicincang 250 gram, ½ ikat bayam merah, ½ ikat bayam hijau, wortel 1 buah, bawang Bombay 1 butir, kalsu jamur 2 sendok the, garam 1 sendok the, minyak wijen 1 sendok makan, saus tiram 1 sendok makan, kecap asin 1 sendok makan, kaldu bubuk 1 sendok teh, jahe bubuk 1 sendok teh, bawang putih bubuk 1 sendok teh, lada hitam, tepung terigu 1 sendok makan dan gula pasir 1 sendok teh.

Cara membuatnya adalah dengan memasukkan seluruh bahannya. Bayamnya terlebih dahulu dicincang. Nah bahan isiannya dihaluskan dahulu dengan blender. Setelah itu anda ambil kulit pangsit dan ambil isiannya dan kemudia diberikan daun sari hijau sebagai atasannya. Setelah itu kukus dimsumnya hingga matang selama kurang lebih 45 meit. Cocol saus sambal bersama dimsumnya.

Witri Prasetyo AjiInformationCara Membuat Dimsum Ayam Yang Enak,DimsumCara Membuat Dimsum Ayam Yang Enak Cemilan apa yang ditunggu ketika lapar? Tentu saja cemilan yang mengenyangkan seperti dimsum ayam. Dimsum ayam ini bisa dibilang paket lengkap karena terdapat karbohidrat, dan protein. Terkadang ada juga yang diberikan topping sayuran agar lebih sehat lagi. Dimsum ayam memang yang paling banyak dibuat...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments