PANDEMI, BELANJA ONLINE, DAN REVIEW APLIKASI TIKI

Bulan lalu, adek saya diterima kerja di sebuah perusahaan yang ada di Semarang. Saya pikir dramanya cukup disaat pindahan dari rumah ke kost barunya. Tapi ternyata tidak, masih ada drama lain. Ada barang-barang yang harus dibeli lagi karena beberapa barang-barang sewaktu kost dulu sudah rusak. Kami harus membelikannya magic com lagi, pompa galon, tas bening dan kotak makan karena tiap kerja dia harus bawa bekal makanan.

Pandemi, Belanja Online, dan Review Aplikasi TIKI

Nah, kalau tidak pandemi dan tidak PPKM sih hal seperti itu bukan masalah. Mau belanja ke pasar ataupun mall pun tidak masalah. Etapi, saat ini kan pandemi. Terus PPKM juga. Bahkan pasar dekat rumah sempat ditutup. Mau berbelanja juga was-was karena banyak kasus di sekitar. Tapi, harus beli barang-barang untuk keperluan di kost. Lalu, solusinya?

Baca : Perjalanan Aman SelamaPPKM dengan TRAC To Go

Karena sekarang zaman juga sudah canggih, apa-apa bisa dari rumah seperti belajar, bekerja, bahkan berbelanjapun bisa online. Akhirnya saya memutuskan membelikan barang-barang buat di kost secara online. Kecuali magic com dan pompa galon, kami membelinya di toko elektronik dekat rumah.

butuh tas bening dan kotak makan…

Kala itu, yang paling urgent sih tas bening atau transparat dan kotak makan. Mana anaknya juga maunya pilih-pilih. Sempat bertanya pada teman SMA yang jualan tupperware, etapi barang yang diinginkan adek saya enggak ready stock. Mau beli di e-commerce takutnya barang tidak segera dikirim karena PPKM. Alhasil, pucuk dicinta ulampun tiba, salah satu teman WA saya bikin WA story jualan kotak makan. Nah, sayapun langsung chat dia dong dan Alhamdulillah barang ready stock. Setelah proses pembayaran, keesokan harinya langsung dikirim.

Saya sendiri sebenarnya memang sedari dulu suka berbelanja online. Kalau tidak beli di e-commerce ya beli di teman. Menurut saya belanja online ini lebih simpel dan enggak capek. Cukup scroll-scroll sambil rebahan terus bayar, udah deh tinggal nungguin barang datang.

Dan berbicara belanja online pasti enggak jauh-jauh dengan yang namanya jasa pengiriman. Buat saya, jasa pengiriman ini penting banget. Soalnya saya pernah 2 kali punya pengalaman kurang menyenangkan karena jasa pengiriman. Yang pertama sewaktu buku novel pertama saya terbit dan saya mendapatkan 5 buku bukti cetak akan tetapi sampai disaya hanya 4 buku dan ada bekas kalau 1 bukunya diambil. Dan yang kedua sewaktu saya mengirim lipstik kepada teman saya di Sumatera tetapi sampai di teman saya hanya kotaknya saja dan lipstiknya tidak ada. Dan dari 2 kejadian itu saya jadikan pengalaman, saya tidak pernah lagi menggunakan jasa pengiriman tersebut.

Tips memilih jasa pengiriman saat berbelanja online

Sering berbelanja online membuat saya sampai hafal dengan beberapa jasa pengiriman. Dan selama ini saya sih paling suka dengan jasa pengiriman TIKI. Karena menurut saya TIKI ini keamanannya terjamin, tarifnya jelas, lama pengirimannya cepat dan ada pula beberapa pilihan pengiriman.

kenapa memilih jasa pengiriman #PakeTIKIAja yakarena TIKI #MakePeopleHappy

Karena saya memang paling suka dengan jasa pengiriman TIKI, pas belanja di tempat teman saya kemarin pun saya juga memilih TIKI dong. Dari Bandung ke Boyolali ada 2 pilihan pengiriman yaitu REG dan ECO. Karena kepengen cepat sampai, saya sih pilih yang REG. Dan tahu enggak, yang membuat saya semakin suka sama TIKI, sewaktu saya lacak pengirimannya, estimasinya kan sampai besok, eh lebih cepat sehari barang sudah sampai di rumah dalam keadaan aman tanpa kurang suatu apapun. Makin luffff sama TIKI

lacak pengiriman sewaktu belanja online pakai jasa pengiriman TIKI

Terus nih, sekarang TIKI juga ada aplikasinya loh. Dan yang jelas sih makin memanjakan pelanggannya dari segi pengirim maupun penerima. Untuk lebih detailnya, mari kita review aplikasi TIKI.

REVIEW APLIKASI TIKI

Menggunakan jasa pengiriman TIKI memang sudah lama, tapi tahu tentang aplikasi TIKI ini baru banget. Kudet ya saya? Mungkin karena selama ini saya hanya sering menerima bukan pengirim. Kalaupun mau lacak pengiriman ya dari web TIKI. Padahal loh, setelah saya download dan instal aplikasi TIKI, ternyata aplikasi TIKI ini lebih lengkap fiturnya dan yang jelas user friendly juga.

Fitur-fitur menarik pada aplikasi TIKI

Fitur-Fitur Menarik Pada Aplikasi TIKI

Di aplikasi TIKI ada beberapa fitur menarik loh, di antaranya :

  1. Cek Resi
  2. Cek Ongkir
  3. Booking
  4. Jempol : jempol alias jemput online. Layanan ini merupakan jemput paket secara gratis dari mana ke mana saja tanpa minimum berat dan pembayaran ongkos kirimnya dilakukan saat kurir menjemput barang.
  5. Putar : layanan jemput antar yang berbasis via whatsapp dengan waktu antaran maksimal 3 jam. Untuk saat ini baru ada di wilayah DKI Jakarta.
  6. Cek Lokasi
  7. Kode Pos : layanan untuk cek kode pos suatu tempat
  8. Sobat TIKI : merupakan TIKI membership program dan member akan mendapatkan benefit-benefit yang menguntungkan.
  9. SelftCollect
  10. Games TIKI
Fitur JEMPOL dan PUTAR pada aplikasi TIKI

Pada Aplikasi TIKI juga ada produk-produk TIKI beserta penjelannya. Seperti :

  1. SDS (Same Day Service) yaitu produk SDS ini tuh merupakan pengiriman yang hari ini kirim dan hari ini pula barang sampai. Cocok banget buat yang butuh barang urgent atau mau beli makanan. Akan tetapi produk ini baru ada di kota-kota besar. Kalau dari Boyolali – Solo sih sudah ada. Kalau saya mau jajan makanan, bisa nih memilih produk SDS ini.
  2. ONS (Over Night Service) yaitu pengiriman yang hanya membutuhkan satu hari saja. Semisal hari ini kirim, besok barang sudah sampai tempat tujuan.
  3. TDS (Two Days Service) yaitu pengiriman yang hanya membutuhkan waktu 2 hari saja.
  4. REG (Regular) yaitu pengiriman yang menjangkau ke seluruh Indonesia dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 7 hari.
  5. ECO (Economy) yaitu pengiriman paket dengan biaya yang lebih murah. Barang sampai juga tidak terlalu lama, kurang lebih 7 harianlah.
  6. TRC (Trucking Service) yaitu pengiriman di atas 10 kg.
  7. INT (Internasional) yaitu pengiriman ke seluruh dunia dengan harga yang kompetitif.

Banyak sekali kan pemilihan produknya dan menurut saya lengkap banget. Mulai dari yang sampai di hari yang sama sampai dengan pengiriman intenasional.

Belanja online pakai jasa pengiriman TIKI waktu itu

Oh ya, untuk menggunakan aplikasi TIKI ini kita haru membuat akun terlebih dahulu. Dan membuat akunnya juga mudah banget kok. Regristasinya hanya memasukkan nama, no telp, nama lengkap, perusahaan, jenis kelamin, alamat lengkap dan password.

Terus, di aplikasi TIKI kita juga cek ricek riwayat booking, pickup, dan shipment loh. Terus, kalau ada apa-apa dan mau tanya ke pihak TIKI-nya, ada juga kontak lengkapnya TIKI seperti : telepon CS, Email, Facebook, Twitter, dan Instagram-nya.

Menurut saya, aplikasi TIKI ini lengkap banget dan saya sih merekomendasikannya. Apalagi yang punya toko online, recomended bangetlah nih jasa pengiriman.

Witri Prasetyo AjiCompetitionReview ProdukPANDEMI, BELANJA ONLINE, DAN REVIEW APLIKASI TIKI Bulan lalu, adek saya diterima kerja di sebuah perusahaan yang ada di Semarang. Saya pikir dramanya cukup disaat pindahan dari rumah ke kost barunya. Tapi ternyata tidak, masih ada drama lain. Ada barang-barang yang harus dibeli lagi karena beberapa barang-barang sewaktu kost dulu...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments