MENGENALKAN LAGU ANAK  INDONESIA BERSAMA HOALA & KOALA

Sedih enggak sih kalau mendengar anak-anak menyanyikan lagu orang dewasa dan malah tidak tahu lagu anak-anak? Jujur sih saya prihatin. Bahkan sedih banget pas dengar anak saya sendiri menyanyikan lagu-lagu orang dewasa. Seperti kala itu, saya sedang ngetik di sampingnya dan dia mainan lego terus menyanyi : ku menangisss… ala ost FTV di ikan terbang. Saya yang enggak pernah menonton  FTV jadi kaget sekaget-kagetnya. Dalam hati bertanya, anak ini tahu nih lagu dari mana?

Anak saya sendiri sebenarnya jarang menonton TV.  Kalaupun nonton, biasanya dia menonton kartun. Dan saya juga termasuk emak-emak yang  jarang nonton TV. Kalaupun butuh hiburan, biasanya saya nontonnya drakor ataupun dracin.

Mengenalkan Lagu Anak Indonesia bersama Hoala & Koala

Belajar dari pengalaman tersebut, anak-anak zaman now yang pada hafal lagu-lagu orang dewasa, saya pun berfikir, bagaimana caranya agar anak-anak menyanyikan lagu sesuai umurnya. Zaman saya kecil dulu ada acara TV khusus anak-anak dan di TV juga sering diputar lagu anak-anak. Tapi sekarang? Di TV jarang banget ada untuk anak-anak. Bahkan acara musik yang berisi lagu anak-anakpun tidak ada.

Zaman sudah canggih, kalau di TV tidak ditayangkan, kan ada YouTube. Yups, banyak kok anak –anak sekarang yang lebih suka nonton video di YouTube daripada nonton acara TV. Mungkin karena video di YouTube itu beragam dan iklannya juga tidak sebanyak di TV kali ya? Etapi, harus hati-hati juga loh kalau membiarkan anak nonton video di YouTube. Karena di YouTube juga banyak sekali video-video yang tidak pantas ditonton.

Sebagai orang tua, saya tidak melarang anak saya nonton video di YouTube. Tapi, saya juga harus tahu apa saja yang dia tonton. Saya mengatur YouTube dalam mode kids dan sering cek history. Sewaktusaya tidak menemaninya nonton video di YouTube, setidaknya saya tahu dia nonton apa saja melalui history.

YouTube dan Lagu untuk Anak-Anak

Karena anak saya juga suka menonton video di YouTube, tidak ada salahnya juga saya mengenalkan lagu anak-anak melalui YouTube. Awalnya sih saya bingung mencari channel lagu anak-anak yang sesuai keinginan saya. Yang mendidik tapi tidak membuat anak jadi bosan. Dan akhirnya saya ketemu channel YouTube lagu dan animasi anak Hoala & Koala.

Apa itu Hoala & Koala

Hoala & Koala ini adalah salah satu channel YouTube yang berisi video lagu anak Indonesia dengan karakter 3D yang bernama Hoala & Koala. Jadi, anak akan mendengarkan lagu anak Indonesia sembari menonton video dengan gambar karakter 3D yang pastinya anak akan suka dan tidak bosan.

Hoala & Koala sepasang sahabat yang gemar menyanyi dan digambarkan dengan karakter 3D

Hoala & Koala ini diceritakan sebagai sepasang sahabat yang gemar menyanyi. Selain Hoala & Koala, ada juga karakter lain yang  juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. Jadi mengenalkan lagu anak Indonesia bersama Hoala & Koala tidak hanya lewat YouTube saja yah, bisa juga di Spotify ataupun iTunes. Selain itu pilihan lagunya juga beragam.

Hoala & Koala ada 5 Album dan 45 Lagu

Kenapa digambarkan dengan karakter 3D? Kenapa bukan video anak-anak saja?

Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. Coba kalau videonya itu anak-anak, seiring bertambahnya waktu, anak-anak akan tumbuh besar. Seperti zaman saya dulu, ada penyanyi anak-anak dan sekarang juga sudah tumbuh dewasa.

Semenjak tahu Hoala & Koala, anak saya jadi tahu tentang lagu anak Indonesia. Bahkan dia sering banget menonton video Hoala & Koala. Tidak hanya mendengarkan lagunya, tapi terkadang juga suka menyanyi  sambil menari. Yups, meskipun anak lelaki, kalau mendengarkan lagu dia juga suka menari ataupun loncat-loncat menggerakkan tubuh.

quality time dengerin lagu anak Indonesia bersama Hoala & Koala

Mendengarkan lagu anak sembari menari ini banyak manfaatnya loh buat anak-anak. Selain anak jadi aktif  bergerak, lagu anak Indonesia bisa jadi sarana pendidikan dan akan mendekatkan orang tua dengan anak. Biasanya setiap lagu anak Indonesia itu mengandung pesan moral, dan orang tua bisa juga menceritakan pesan-pesan tersebut untuk anaknya. Jadi mendengarkan lagu bersama anak bisa juga jadi media quality time.

Selain itu, mendengarkan lagu anak juga banyak manfaatnya loh untuk tumbuh kembang anak, antara lain :

  1. Menunjang perkembangan kecerdasan otak  dan juga pertumbuhan fisik anak
  2. Meningkatkan kemampuan akademis dan kreatifitas anak
  3. Melatih kemampuan berbahasa, menulis dan bahkan berhitung
  4. Mempertajam daya ingat dan kemampuan berfikir
  5. Mengembangkan emosi sosial dengan baik
  6. Melatih konsentrasi dan koordinasi untuk tumbuh kembang anak
  7. Anak akan merasa lebih bahagia
  8. Meredakan stress
  9. Membantu mengajarkan anak berbagai hal baru
  10. Mengembangkan rasa percaya diri

Banyak sekali kan manfaat mendengarkan lagu untuk anak-anak. Dan mumpung PPKM, biar anak tidak bosan di rumah, saya sih sering memutarkan lagu anak Indonesia yang ada di channel Koala & Hoala. Kalau saya tidak banyak pekerjaan, saya juga menemani anak saya menonton Hoala & Koala.

Witri Prasetyo AjiReview ProdukHoala & Koala,Lagu Anak IndonesiaMENGENALKAN LAGU ANAK  INDONESIA BERSAMA HOALA & KOALA Sedih enggak sih kalau mendengar anak-anak menyanyikan lagu orang dewasa dan malah tidak tahu lagu anak-anak? Jujur sih saya prihatin. Bahkan sedih banget pas dengar anak saya sendiri menyanyikan lagu-lagu orang dewasa. Seperti kala itu, saya sedang ngetik di sampingnya dan dia...Personal Blog Witri Prasetyo Aji

Comments

comments