Seiring berkembangnya zaman, persaingan dunia kerja semakin ketat. Meskipun mempunyai selembar ijazah, tapi ternyata tidak cukup untuk mengadapi persaingan dunia kerja. Kita harus selalu update skill dan juga berpengalaman. Dan sebaliknya, punya pengalaman dan skill tapi tidak punya ijazah juga sulit. Lantas, sebenarnya kompetensi apa saja yang harus dimiliki seseorang untuk menghadapi dunia kerja?

Nah, sebelum saya lanjutkan, saya akan bercerita terlebih dahulu. Minggu lalu saya sempat menulis tentang pentingnya pendidikan dengan kurikulum internasional untuk menghadapi persaingan global. Secara ya, kalau kita melihat beberapa lowongan kerja, pasti pendidikan menjadi syaratnya.

Menghadapi dunia kerja dengan kompetensi bekerja global

Bahkan, seorang teman saya pernah gagal mendapatkan pekerjaan lantaran pendidikan. Padahal dia punya skill-nya dan cukup berpengalaman juga. Akan tetapi, dia tidak kuliah. Karena dia tidak memiliki selembar ijazah S1, alhasil dia gagal mendapatkan pekerjaan.

Makanya, berkaca dari itu, bagi saya pribadi pendidikan itu sangatlah penting. Dan sebagai orang tua, memberikan pendidikan tinggi untuk anak adalah salah satu warisan yang terbaik. Karena ke depannya, pendidikan dan selembar ijazah itu bisa menjadi salah satu modal untuk mendapatkan pekerjaan.

pendidikan internasional untuk menguasai kompetensi

Ya, salah satu modal. Bukan modal seutuhnya. Karena di zaman sekarang, pendidikan formal dan selembar ijazah tidak cukup untuk menghadapi dunia kerja secara global. Seseorang harus selalu update skill dan mengikuti perkembangan zaman, serta pengalaman juga menjadi pertimbangan.

Lantas, kalau fresh graduate bagaimana? Kan baru lulus, belum punya pengalaman kerja!

Zaman sekarang, pengalaman kerja bisa didapat dari magang loh. Kan ada beberapa sekolah yang memberikan kesempatan magang untuk para siswa atau mahasiswanya. Seperti Sampoerna University, perguruan tinggi yang menggunakan kurikulum internasional tersebut tidak hanya memberi materi pelajaran saja pada mahasiswanya, tapi juga ada praktek atau magang kerja. Jadi, lulus dari Sampoerna University sudah punya pengalaman kerja dan tidak kaget menghadapi dunia kerja.

Dan bicara soal kerja, lantas kompetensi kerja apa saja sih yang harus dimiliki oleh seseorang?

Sebelum membahas tentang kompetensi bekerja, alangkah baiknya kita tahu apa itu kompetensi? Dan apa itu kompetensi global?

Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standardisasi yang diharapkan (Badan Nasional Sertifikasi Profesi , 2014).

Sedangkan kompetensi global adalah kemampuan seseorang untuk menunjukkan empati terhadap orang lain, memahami kejadian saat ini, mempertahankan sikap positif, memiliki tingkat tertentu “yang tidak spesifik” dalam kemampuan bahasa asing dan “mampu memahami sesuatu yang asingโ€. Dan menurut Anies Baswedan (2011), komptensi global terdiri dari empat, yaitu: (1) Ketrampilan kelas dunia (World class skills), (2) Memiliki akar ke-Indonesia-an yang kuat (Strong Indonesian roots), (3) Menghargai keberagaman (Respect diversity), dan (4) ketrampilan komunikasi/bahasa (Communication/language skills).

mempelajari kurikulum internasional

Untuk menghadapi dunia kerja secara global, seseorang harus harus mempunyai kompetensi bekerja. Kompetensi bekerja yang harus dimiliki oleh seseorang, setidaknya mencakup 6 aspek, yaitu :

  1. Pengetahuan (knowledge).
  2. Pemahaman (understanding)
  3. Kemampuan (skill)
  4. Nilai (value)
  5. Sikap (attitude)
  6. Minat (interest)

Dan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global, antara lain :

  1. Harus mampu berbahasa asing. Namanya saja global, tingkat dunia, pastinya kita akan dihadapkan dengan orang-orang dari berbagai negara. Maka dari itu, zaman sekarang wajib bisa berbahasa asing agar tidak ketinggalan. Tak heran jika saat ini banyak anak kecil yang sudah dikenalkan dengan bahasa asing bahkan sampai ikut les bahasa asing. Atau kalau tidak, banyak pula orang tua yang memilihkan sekolah anaknya di sekolah yang menerapkan kurikulum internasional. Jadi anak bisa berbahasa asing sekaligus merasakan manfaat dari pendidikan internasional.
  2. Punya keterampilan kelas dunia atau melek teknologi. Teknologi saat ini terus berkembang, agar tidak ketinggalan harus selalu update skill, melek teknologi dan tidak kudet.
  3. Punya keterampilan sosial dan komunikasi karena bekerja tidak selalu sendiri, kadang ada team work. Maka dari itu harus bisa bersosialisasi dan berkomunikasi yang baik.
  4. Harus fleksibel, bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja.
  5. Berpikir kritis dan kreatif. Zaman sekarang anak muda juga dituntut harus berpikir kritis serta kreatif. Jangan monoton.
  6. Problem solving yang artinya harus mampu memecahkan permasalahan yang dihadapi. Dan dalam memecahkan masalah juga dinilai dari sikap dan caranya. Karena problem solving ini berkaitan juga dengan kecerdasan emosional seseorang.
  7. Tangguh, mudah beradaptasi, serta mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi.

Sampoerna University, solusi untuk menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global.

Yups, Sampoerna University ini bisa jadi solusi menghadapai dunia kerja dengan kompetensi global. Secara, Sampoerna University adalah universitas yang menggunakan kurikulum internasional dan nasional. Lebih tepatnya menggunakan kurikulum  pendidikan di Amerika dan dipadukan dengan kurikulum di Indonesia.

Selain itu, Sampoerna University juga bekerja sama dengan Universitas Arizona di Amerika.

Kuliah di Sampoerna University para mahasiswanya juga bisa praktek kerja langsung atau magang kerja, jadi lulus kuliah sudah punya pengalaman bekerja. Selain itu, lulus kuliah dari Sampoerna University juga cepat dapat kerja loh. Hal itu terbukti karena 94% lulusan Sampoerna University mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan. Jadi bisa dibilang, almamater juga berpengaruh ya apalagi kalau melihat dari kualitasnya.

kuliah di Sampoerna University untuk menghadapi dunia kerja dengan kompetensi global

Kuliah di Sampoerna University itu kuliah di Indonesia tapi merasakan pendidikan internasional. Untuk pendidikan internasional, kuliah di Sampoerna University bisa dibilang terjangkau. Dan kuliah di Sampoerna University juga bisa transfer ke universitas yang ada di luar negeri.

Nah, buat teman-teman yang mau kuliah ataupun ada keluarganya yang mau kuliah, bisa nih ke Sampoerna University yang berada di L’Avenue Building, Jl. Raya Pasar Minggu No.Kav. 16, RW.9, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780.

Witri Prasetyo AjiCompetitionInformationSeiring berkembangnya zaman, persaingan dunia kerja semakin ketat. Meskipun mempunyai selembar ijazah, tapi ternyata tidak cukup untuk mengadapi persaingan dunia kerja. Kita harus selalu update skill dan juga berpengalaman. Dan sebaliknya, punya pengalaman dan skill tapi tidak punya ijazah juga sulit. Lantas, sebenarnya kompetensi apa saja yang harus dimiliki...

Comments

comments