Ketika mendengar tentang farmasi, apa sih yang ada dalam benak teman-teman? Kalau aku pribadi sih jujurly langsung teringat tentang obat-obatan, apotik, serta rumah sakit. Secara ya, farmasi pasti berhubungan dengan obat-obatan.

Selama ini teman-teman pasti tidak asing dengan Ikatan Dokter Indonesia ataua IDI, Ikatan Bidan Indonesia atau IBI, Persatuan Ahli Gizi atau PERSAGI. Etapi, pernah dengar juga tidak tentang Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau yang disingkat dengan PAFI?

Mengenal tentang PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia disingkat PAFI adalah organisasi yang menghimpun Tenaga Ahli Farmasi Profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia, sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Ternyata, PAFI sudah ada semenjak enam bulan setelah Proklamasi Negara Republik Indonesia, dibentuklah secara nasional PAFI. Lebih tepatnya, PAFI berdiri pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta.

PAFI ini merupakan sebuah organisasi yang menyatukan apoteker dan orang-orang yang bekerja di bidang farmasi seleuruh Indonesia. Dan setiap taggal 13 Februari, diperingati sebagai hari persatuan farmasi Indonesia.

Perbedaan PAFI dan IAI

Dulu, kupikir, organisasi untuk para apoteker Indonesia hanyalah IAI atau Ikatan Apoteker Indonesia saja. Ternyata saya salah. Di Indonesia juga ada PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang ternyata merupakan wadah untuk para apoteker dan orang-orang yang bekerja dibidang farmasi. Jadi, di PAFI tidak hanya ada apoteker saja, melainkan mencakup semua tenaga yang bekerja dibidang farmasi.

Organisasi PAFI ini adalah sebuah organisasi profesi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian.

Mengenal Tentang PAFI Lhokseumawe

PAFI ini ternyata hadi di setiap daerah. Jadi, anggota PAFI juga ditentukan berdasarkan wilayah kabupaten atau kota. Dan kali ini, mari mengenal tentang Pafi Lhokseumawe atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Lhokseumawe.

Kota Lhokseumawe adalah sebuah kota yang berada di provinsi Aceh. Lebih tepatnya Lhokseumawe berada di tengah-tengah jalur timur Sumatera. Lhokseumawe ini juga mendapat julukana sebagai kota Petro Dollar karena banyaknya cadangan gas dan aktivitas kinerja ekspor di kota tersebut.

Awalnya, PAFI Lhokseumawe terbentuk sebagai bentuk upaya PAFI pusat dalam memperluas kontribusinya. PAFI berusaha berperan optimal di tengah masyarakat Indonesia. Dan Lhokseumawe yang notabenenya adalah kota terbesar kedua di Aceh, dinilai potensial bagi jasa pelayanan farmasi maupun kesehatan.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Lhokseumawe atau Pafi Lhokseumawe juga mempunyai berbagai program ataupun kegiatan, Diantaranya :

  1. Pelatihan dan Workshop Berkelanjutan. Di mana kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pemngembangan teknisa saja, melainkan juga mencakup aspek-aspek manajemen dan pelayanan.
  2. Forum Diskusi dan Seminar Ilmiah yang melibatkan pakar-pakar farmasi dari berbagai daerah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan pengalaman di antara para ahli farmasi yang biasanya setiap acara menghadirkan pembicara terkemuka dari universitas-universitas di Indonesia. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk membahas berbagai isu terkini dalam bidang farmasi, seperti tentang perkembangan ibat-obatan baru, regulai farmasi, dan lain sebagainya.
  3. Pengadia Masyarakat yang meliputi program-program : penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan gratis, dan pembagian obat-obatan gratis kepada masyarakat kurang mampu (program apotik keliling).
  4. Kolaborasi dengan Instusi Pendidikan, baik dari tingkat menengah maupun perguruan tinggi. Kerjasamanya meliputi penyelenggaraan program magang, kuliah tamu, dan penelitian bersama.
  5. Penguatan Organisasi dan Jaringan yaitu dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar anggota melalui berbagai platform, seperti contoh : grup diskusi online ataupu pertemuan rutin. Pafi Lhokseumawe juga aktif menjalin kerjasama dengan organisasi farmasi dari tingkat nasional maupun internasional.

Kehadiran Pafi Lhokseumawe, juga memberikan banyak manfaat untuk masyarakat sekitar, diantaranya :

  • kesehatan masyarakat meningkat, karena masyarakat lebih paham tentang cara penggunaan obat dengan bijak,
  • apotik yang beroperasi di Lhokseumawe lebih berkualitas dalam segi pelayanan, manajemen, ketersediaan oat, dan lebih mematuhi standar yang berlaku,
  • membantu pemerintah dalam menyusun regulasi yang tepat mengenai distribusi obat-obatan juga izin operasi apotik,
  • membantu menjalankan program kesehatan bagi daerah agar masyarakat mendapatkan akses yang mudah dan terbaik untuk pelayanan kesehatan seperti imunisasi sampai pengawasan obat dan makanan.

Penutup

Dari kesimpulannya, Pafi Lhokseumawe ini berperan aktif dalam mewujudkan misi dan tujuan PAFI pusat.

PAFI Lhokseumawe ini Jl. Merdeka Barat, Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh. Jika ingin tahu lebih lanjut tentang PAFI Lhokseumawe, bisa langsung ke websitenya, yaitu : https://pafilhokseumawe.org/.

Witri Prasetyo AjiInformationPAFI,PAFI Lhokseumawe,Persatuan Ahli Farmasi Indonesia,Persatuan Ahli Farmasi Indonesia LhokseumaweKetika mendengar tentang farmasi, apa sih yang ada dalam benak teman-teman? Kalau aku pribadi sih jujurly langsung teringat tentang obat-obatan, apotik, serta rumah sakit. Secara ya, farmasi pasti berhubungan dengan obat-obatan. Selama ini teman-teman pasti tidak asing dengan Ikatan Dokter Indonesia ataua IDI, Ikatan Bidan Indonesia atau IBI, Persatuan Ahli...

Comments

comments