“Hapenya jelek, aku  main game ngelag terus, jadinya kalah!” teriak bocah berusia 9 itu setiap tengah asyik main game tapi terganggu karena smartphone-nya tidak mendukung. Niat hati bermain game sebagai reward karena sudah mengerjakan tugas-tugasnya, malah berakhir uring-uringan. Huft…

Hal tersebut tak hanya terjadi pada anakku saja, beberapa anak temanku juga pernah tantrum saat main game gegara smartphonenya kurang mendukung. Hmm… lantas bagaimana?

Ya kalau mau main game dengan aman dan nyaman, move on saja ke smartphone gaming. Dijamin main game bakalan menyenangkan. Hehehe 😊

ASUS ROG Phone 8 bukan sekedar smartphone gaming

Etapi, smartphone gaming itu nggak murah. Ya sesuailah dengan kualitasnya. Akan tetapi, akan worth it kok kalau main game tidak hanya digunakan sekedar hiburan. Zaman now, main game bisa menjadi profesi yang menghasilkan cuan. Bahkan, karena suka bermain game, anak juga bisa ikut eSport. Dan eSport ini juga termasuk olahraga loh…

Berbicara soal game, saya  pribadi langsung inget ASUS ROG. Entah laptop ataupun smartphone, kalau untuk bermain game, pasti langsung inget ASUS ROG. Ya karena ASUS ROG memang hadir untuk para gamer sih. Kualitas laptop dan smartphonenya juga tidak diragukan lagi.

Dan pada bulan Maret kali ini, lagi-lagi ROG Phone menghadirkan seri terbarunya. Waduh, ROG Phone 7 saja belum kesampaian beli, eh sudah hadir lagi ROG Phone 8 yang tentunya hadir dengan teknologi yang berbeda. Bahkan, ROG Phone 8 ini hadir bukan hanya untuk para gamer saja loh, etapi juga cocok untuk para streamer, konten kreator, blogger, dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin nih, ASUS ROG Phone 8 ini bisa dibilang satu smartphone bisa untuk semuanya. Main game oke, buat kerja (konten kreator) juga enggak kalah oke.

Jujur nih penasaran banget sama fitur-fitur ASUS ROG Phone 8. Apa sih kelebihannya kok enggak hanya cocok untuk main game saja, tapi juga cocok untuk bikin konten? Apa jangan-jangan kameranya lebih bagus ya dari seri pendahulunya? Secara ya kalau ngonten kan memanfaatkan kamera buat take foto ataupun video.

Sekarang, mari kita ulas ASUS ROG Phone 8

Desain ASUS ROG Phone 8

Mulai dari desainnya, ASUS ROG Phone 8 hadir lebih ramping, lebih ringan dan bezel yang lebih tipis dari seri pendahulunya. Selain ROG Phone 8 ini lebih praktis, desainnya juga premium. Hadir dengan 2 varian warna, yaitu : Rebel Grey & Phantom Black, dengan 3 series yaitu : ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition.

Desain ASUS ROG Phone 8 - diajengwitri.id

Layar ASUS ROG Phone 8

ROG Phone 8 mengusung tagline “Ultra-bright display” dengan dibekali panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) dengan kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO, sehingga sistem dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz. Selain itu, user ROG Phone 8 juga dapat juga dapat memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, atau kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz. Bisa dibayangkan kan secanggih apa dan senyaman apa bermain game dengan ROG Phone 8?

layar ASUS ROG Phone 8

Untuk tingkat kecerahannyapun sampai 2500 nits, loh. Jadi, tidak masalah saat bermain game ataupun menonton video di bawah sinar matahari secara langsung. Kan kadang suka terganggu kalau lagi di bawah sinar matahari, layar smartphone suka jadi gelap. Nah, menggunakan ROG Phone 8 mah tidak perlu khawatir.

Untuk visualnyapun juga tidak kalah canggih karena merupakan kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk saya rasi warna terbaik di dunia.

Performa ASUS ROG Phone 8

Yang namanya smartphone gaming, soal performa sih tidak perlu diragukan lagi. Apalagi ROG Phone 8 ini. ROG Phone 7 kemarin dibekali dengan processor Snapdragon® 8 Gen 2, sementara untuk ROG Phone 8 dibekali Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tentunya lebih tangguh. Apalagi didukung dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang tak tertandingi.

Biasanya kan kalau sudah main game itu mau berhenti kok rasanya sayang banget. Apalagi kalau menang terus. Etapi, kalau buat main game terus-terusan, smartphonenya gampang panas.

performa ASUS ROG Phone 8

Untuk ROG Phone 8, sudah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. Selain itu, ROG Phone 8 juga turut didukung oleh pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.

Jadi, semisal mau berlama-lama main game, atau malah buat nonton drakor atau film, atau buat scroll sosmed, live, ya tidak perlu khawatir kalau smartphonenya panas.

kamera ASUS ROG Phone 8

Biasanya kamera itu paling berguna untuk bikin konten—kalau saya—karena saya kurang bisa main game. Hehehe… Tahun kemarin, kepincut banget sama ASUS Zenfone 10 karena naksir sama kameranya yang sudah 50 MP dengan six-axis gimbal stabilization 2.0 dan EIS adaptif. Etapi, sekarang ROG Phone 8 pun kameranya enggak kalah canggih sama Zenfone 10. Bukan sekedar buat main game aja sih, dengan kamera utama menggunakan sensor gambar Sony 50 MP dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, pastinya bikin video bakalan mulus bin anteng tanpa perlu repot-repot beli gimbal lagi. Selain itu, dengan lensa sudut lebar 24 mm juga cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, ditambah lagi mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan.

Perkembangan six-axis gimbal stabilization 2.0 dan EIS adaptif juga mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya. Selain itu, stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Dijamin, hasil videonya bakalan mulus dan enak dilihat. Suka kezel kan kalau nonton video tapi hasilya berguncang dan bikin mata enggak enak?

kamera belakang ASUS ROG Phone 8

Dan bener, ROG Phone 8 ini bukan sekedar smartphone gaming, tapi juga cocok untuk para konten kreator, apalagi kalau gamer sekaligus konten kreator, wah ROG Phone 8 ini cocok banget. Apalagi di zaman now, dengan membuat konten kita bisa menghasilkan cuan. Entah konten blog, video di Instagram, TikTok ataupun Shopee. Selain itu, ROG Phone 8 yang enggak cepat panas ini juga cocok buat live, entah live di TikTok ataupun live jualan di Shopee. Jadi, cukup satu smartphone yah sudah bisa buat main game dengan nyaman dan bikin konten yang berkualitas.

Buat yang suka mengambil foto dari jarak jauh, ASUS ROG Phone 8 ini juga dibekali dengan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Di mana lensanya dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography. ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW). Bahkan, untuk zoom 30X pun gambarnya akan tetap jelas dan detail. Sementara soal hasil perekaman videonya, dengan kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

Tidak sebatas itu saja, ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritme canggih untuk mengurangi distorsi lensa yang bakalan menghasilkan ambar yang memukau namun tetap natural.

Recommended sih…

kamera depan ASUS ROG Phone 8

Oh ya, itu tadi baru kamera belakangnya yak, lantas bangaiman dengan kamera depannya? ASUS ROG Phone 8 dilengkapi dengan kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV; bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Dan bukan hanya itu, untuk lengsanya juga memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya. Bahkan nih, selfie menggunakan kamera depan sudah berasa foto menggunakan kamera 0,5.

Jadi, buat selfie rame-rame bahkan dalam kondisi minim cahayapun ya tidak masalah 😊

Baterai ASUS ROG Phone 8

Processornya oke, RAMnya oke, kameranya juga tak kalah oke, bahkan dilengkapi dengan system pendingin yang enggak bikin khawatir smartphonenya bakalan panas, lantas bagaimana dengan baterainya? Enggak asyik kan kalau baterainya cepet habis?

baterai ASUS ROG Phone 8

ROG Phone 8 ini bukan sekedar smartphone gaming, tapi juga cocok untuk kehidupan sehari-hari seperti memotret, scroll sosmed, bahkan nonton film. Dan tentunya, ASUS membekalinya dengan baterai berkapasitas tinggi setara 5.500 mAh untuk mendukung Quick Charge 5.0, PD Charging, dan pengisian nirkabel Qi 1.3.

fitur AI dan AniMe Vision ASUS ROG Phone 8

Ada yang berbeda dengan ASUS ROG Phone 8, yaitu dengan hadirnya fitur AI (Artificial Intelligence) yang ramah untuk bermain game, dianaranya :

  • X Capture, di mana user ROG Phone 8 saat bermain game bisa dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture dengan teknologi AI Pattern Recognition ;
  • X-Sense untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan dengan teknologi AI Pattern Recognition ;
  • AI Grabber yang yang intuitif untuk menangkap teks untuk bermain game (jadi dengan AI Grabber ini dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition) ;
  • AI Noise Cancellation yang dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game ;
  • AI Wallpaper yang dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion ;
  • Semantic Search yang menggunakan bahasa alami di Galeri dan Launcher untuk gaya hidup.

Yang unik dari seri ROG Phone 8 itu hadirnya logo Aura RGB Lighting dengan elemen unik yang dapat disesuaikan. Akan tetapi, logo Aura RGB Lighting yang dapat disesuaikan.

Sementara untuk seri ROG Phone 8 Pro/Pro Edition, hadir dengan layar Mini-LED Anime Vision yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas penggunanya.

AniMe Vision ini adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro/Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain.

Benchmark ASUS ROG Phone 8

Dikutip dari Kimovil, skor AnTuTu Asus ROG Phone 8 berkisar pada 2.020.000 hingga 2.173.395 poin. Itu adalah pengujian performa melalui AnTuTu versi 10. Pada pengujian Nanoreview, Snapdragon 8 Gen 3 sendiri rata-rata mampu menembus skor AnTuTu sebesar 2 juta poin.

Sementara di bawah ini adalah hasil uji performa dari benchmark Geekbench tersebut, perangkat ini meraih 2.235 poin pada uji single core dan 7.098 poin pada uji multi core.

skor geekbech ROG Phone 8 - www.suara.com

Harga ASUS ROG Phone 8

Dengan spesifikasi yang begitu menakjubkan, yang tidak hanya sekedar smartphone gaming saja, ASUS ROG Phone 8 hadir dengan 3 pilihan :

– ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000

– ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000

– ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000

– ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000

warna dan harga ASUS ROG Phone 8

Promo ASUS ROG Phone 8

Karena ROG Phone 8 ini baru launching per 20 Maret 2024 yang pastinya baru banget, dan pastinya lagi juga ada promonya dong 😊

  • First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store. Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.
  • Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Setelah tahu spesifikasi dan kelebihan ASUS ROG Phone 8, minat enggak nih move on ke ASUS ROG 8? Kalau saya pribadi sih jujur saja kepengen karena smartphone ini bisa saya gunakan dengan anak saya. Anak saya yang baru berusia 9 tapi suka banget main game, bisa dengan nyaman bermain game dengan ASUS ROG Phone 8. Sementara saya yang memang pekerjaan membuat konten entah di blog atau sosial media, tetap bisa membuat konten berkualiats dengan ASUS ROG Phone 8.

Buat teman-teman yang lebaran nanti biar smartphonenya baru, bisa loh memanfaatkan promo ASUS ROG Phone 8. Biasanya kan lebaran itu serba baru, bisa dong THR-nya digunakan untuk beli ASUS ROG Phone 8? Nanti kumpul keluarga besar bisa fioto-foto dan bikin video menggunakan ASUS ROG Phone 8.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien”

https://gadget.jagatreview.com/2023/11/geekbench-rog-phone-8-ultimate/
https://www.suara.com/tekno/2024/01/29/115122/usung-snapdragon-8-gen-3-segini-skor-antutu-asus-rog-phone-8
Press Release ASUS ROG Phone 8
Witri Prasetyo AjiCompetitionReview ProdukAsus,ASUS ROG Phone,ASUS ROG Phone 8,Konten Kreator,ROG Phone 8“Hapenya jelek, aku  main game ngelag terus, jadinya kalah!” teriak bocah berusia 9 itu setiap tengah asyik main game tapi terganggu karena smartphone-nya tidak mendukung. Niat hati bermain game sebagai reward karena sudah mengerjakan tugas-tugasnya, malah berakhir uring-uringan. Huft… Hal tersebut tak hanya terjadi pada anakku saja, beberapa anak temanku...

Comments

comments